10 Tips dan Trik OnePlus Nord 2 yang Perlu Anda Ketahui

  • Bagikan
Tips dan Trik OnePlus Nord 2
Tips dan Trik OnePlus Nord 2

OnePlus Nord 2 merupakan smartphone kelas menengah dari pabrikan kelas atas yang mengemas banyak keunggulan tersembunyi. Mulai dari konektivitas 5G, kamera yang yang mumpuni, dan pengisian daya yang super cepat. Selain itu, ponsel ini juga merupakan ponsel pertama dari OnePlus stable yang berjalan pada OxygenOS berbasis ColorOS yang terbaru.

Tips dan Trik OnePlus Nord 2
Tips dan Trik OnePlus Nord 2

image source

Jika Anda berencana untuk membeli One Plus Nord 2 atau Anda sebagai salah satu penggunanya, mari lihat beberapa tips dan trik terbaiknya untuk memaksimalkan ponsel Anda.

Karena versi OxygenOS pada OnePlus Nord 2 berdasar pada ColorOS terbari, maka ini mencakup beberapa fitur baru yang tidak akan Anda temukan pada ponsel OnePlus sebelumnya. Beberapa fitur baru ini juga dapat meningkatkan pengalaman penggunaan ponsel secara keseluruhan. Nah, berikut ini adalah panduan kami untuk mengungkap fitur tersembunyi dari ponsel OnePlus Nord 2 Anda.

10 Tips dan Trik OnePlus Nord 2 yang Perlu Anda Ketahui

1. Aktifkan Adaptive Sleep

Adaptive Sleep adalah fitur baru yang masuk ke OxygenOS dari ColorOS OPPO. Fitur ini menggunakan kamera depan untuk memastikan tampilan OnePlus Nord 2 Anda tidak mati saat Anda melihatnya.

Adaptive Sleep adalah salah satu fitur kecil yang dapat Anda aktifkan kapan pun Anda mau. Anda dapat mengaktifkan Adaptive Sleep pada OnePlus Nord 2 Anda dengan membuka menu Pengaturan => Tampilan. Kemudian aktifkan sakelar Adaptive Sleep. Pastikan untuk mengetuk Setuju pada kotak pop-up yang muncul.

2. Kunci Aplikasi Penting Anda

OxygenOS pada OnePlus Nord 2 memiliki fitur kunci aplikasi bawaan sehingga Anda dapat dengan mudah mengunci aplikasi penting sebagai keamanan tambahan. Adapaun caranya adalah buka Pengaturan => Privasi => Kunci Aplikasi untuk memulai.

Maka kemudian perangkat akan meminta Anda untuk menyetel kata sandi privasi terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan PIN, kata sandi, atau pola. Akan tetapi pastikan untuk menggunakan kata sandi yang berbeda dari kata sandi buka kunci utama ponsel Anda untuk keamanan tambahan.

Setelah itu, Anda harus menjawab pertanyaan pemulihan dan menetapkan ID email pemulihan. Ini akan berguna jika Anda pernah lupa kata sandi kunci aplikasi. Setelah selesai, Anda dapat memilih aplikasi yang terinstal pada ponsel Anda yang ingin Anda kunci.

3. Sesuaikan Tampilan Selalu Aktif (Always-On Display)

OnePlus Nord 2 menampilkan layar Fluid AMOLED, dan Anda dapat memanfaatkannya sepenuhnya dengan mengaktifkan fitur Always-On Display. Layar akan memasuki status daya rendah dan menampilkan waktu, tanggal, persentase baterai, dan ikon pemberitahuan yang belum Anda baca dalam mode ini.

Bahkan, Anda dapat melangkah lebih jauh dan menyesuaikan Tampilan Selalu Aktif pada OnePlus Nord 2 sesuai keinginan Anda. Anda dapat mencoba berbagai tema, mengaktifkan atau menonaktifkan ikon sidik jari dan menonaktifkan info kontekstual. Seperti halnya info musik dan acara kalender agar tidak muncul pada ambient display, dan bahkan mengatur jadwal kapan ambient display akan menyala/mati sendiri.

Anda dapat menemukan semua opsi penyesuaian yang terkait dengan ambient display pada bagian bawah Pengaturan => ambient display.

4. Ambil Tangkapan Layar Sebagian

Seperti semua ponsel OnePlus lainnya, OnePlus Nord 2 juga memiliki fitur dengan gerakan gesek tiga jari yang praktis yang dapat Anda gunakan dengan cepat mengambil tangkapan layar. Selain itu, ada juga gerakan tangkapan layar sebagian.

Cukup sentuh dan tahan layar dengan tiga jari lalu seret ke bawah untuk menutupi area yang ingin Anda tangkap dalam tangkapan layar. Editor tangkapan layar kemudian akan terbuka, setelah itu Anda dapat memperbaiki pilihan Anda lebih lanjut, mencoret-coretnya, dan membuat perubahan lain sebelum membagikannya.

Jika gerakan tangkapan layar sebagian tidak berfungsi pada ponsel Anda, pastikan itu mengaktifkan melalui Pengaturan => Alat praktis => Gestures & motions.

5. Gunakan Sensor Sidik Jari sebagai Tombol Pintas

Anda dapat menggunakan pemindai sidik jari dalam layar pada OnePlus Nord 2 untuk meluncurkan aplikasi dengan cepat langsung dari layar kunci. Caranya adalah buka Pengaturan => Alat praktis => Quick launch. Silahkan aktifkan sakelar Quick launch, lalu pilih aplikasi atau tindakan yang ingin Anda buka atau picu dari layar kunci.

6. Buka Aplikasi Lebih Cepat Dengan RAM Boost

OnePlus Nord 2 hadir dengan RAM 8GB atau 12GB, yang berlebihan bagi sebagian besar pengguna. Jika mau, Anda dapat mengaktifkan fitur RAM Boost untuk memanfaatkan RAM ekstra.

RAM Boost pada dasarnya memungkinkan Nord 2 untuk menganalisis pola penggunaan Anda. Hal ini nantinya akan memuat aplikasi pada memori sehingga dapat dibuka dengan cepat saat Anda butuhkan. Dari sini akan menyebabkan peningkatan penggunaan RAM, tetapi ini seharusnya tidak menjadi perhatian karena RAM 8GB atau 12GB lebih dari cukup untuk pengguna.

Anda dapat mengaktifkan fitur RAM Boost melalui Settings => Additional settings => RAM Boost.

7. Memotret Foto dalam Format RAW

OnePlus Nord 2 hadir dengan aplikasi ColorOS Camera OPPO sebagai aplikasi pencitraan default. Aplikasi kamera ColorOS lebih penuh fitur dan menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik daripada aplikasi kamera OxygenOS lama. Antara lain, Anda dapat memotret foto dalam format RAW/DNG pada ponsel Anda.

Untuk ini, buka aplikasi Kamera, buka Lainnya diikuti oleh mode Pakar/Pro. Sekarang, ketuk tombol RAW pada bilah alat atas. Setiap foto yang Anda klik sekarang akan disimpan dalam format JPEG serta format RAW/DNG.

8. Cegah Ponsel Anda dari Mematikan Aplikasi

Jika Anda tidak ingin OxygenOS pada OnePlus Nord 2 mematikan aplikasi tertentu atau membongkarnya dari RAM, Anda dapat menguncinya pada memori. Caranya cukup buka menu Aplikasi Terbaru dan lanjutkan dengan menekan lama pada kartu aplikasi yang ingin Anda kunci. Dari menu yang muncul, pilih opsi Kunci.

9. Menjalankan Aplikasi dan Game dalam Mode Performa Tinggi

Jika Anda menginginkan kinerja yang lebih baik dari ponsel Nord 2, Anda dapat mengaktifkan mode kinerja tinggi. Ini akan menyebabkan CPU ponsel bekerja dalam mode hiperaktif dengan sedikit memperhatikan konsumsi daya atau masa pakai baterai. Jika Anda ingin OnePlus Nord 2 memberikan kinerja game yang lebih baik atau membuat video dengan cepat, Anda dapat menggunakan mode ini.

Untuk mengaktifkan mode kinerja tinggi, navigasikan ke Pengaturan => Baterai => Pengaturan baterai lainnya dan aktifkan mode kinerja tinggi dari sini.

10. Sesuaikan Antarmuka Pengguna

Salah satu hal terbaik tentang OxygenOS adalah banyaknya opsi penyesuaiannya. Anda dapat menyesuaikan hampir setiap aspek UI sesuai keinginan Anda, termasuk animasi buka kunci sidik jari, gaya ikon, gaya font, warna aksen UI, dan banyak lagi.

Buka Pengaturan => Personalisasi untuk menyesuaikan dan mengubah elemen UI sesuai keinginan Anda.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.