13 Kode Error Pada Google Play Store Dan Solusinya

Untuk sebagain pengguna android pernah mengalami hal ini, dan jika kalian salah satunya jangan khawatir kita akan membahas permasalahan kode eror atau error code pada play store, biasanya hal ini terjadi ketika kita menemukan aplikasi yang menarik, dan kita ingin mendownloadnya, lalu tiba-tiba muncul error code pada play store, tentu ini sangat mengganggu kita, nah berikut adalah solusi-solusinya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Kode Error Google Play Store
Kode Error Google Play Store

Pesan error yang muncul tersebut memiliki beragam penyebab, entah itu karena memori proxy yang penuh ataupun akun Google yang dimiliki lebih dari satu. Agar pengguna mudah menganalisa pesan error tersebut, Google menyertakan beberapa kode kesalahan. Dari kode tersebut, pengguna bisa mencari solusinya.

Adapun beberapa kode kesalahan di Google Play Store yang sering muncul dan berikut cara mengatasinya:
  1. Google Play – Error 194
    – Kesalahan : kesalahan ini terjadi ketika kita mendownload games atau aplikasi dari play store.
    – Solusi : Clear cache data pada google play store dan google play service untuk mengatasinya > Masuk ke settings > app atau aplikasi manager > Scroll ke All app lalu masuk ke google play store app > Buka app detile lalu tekan tombol Force stop > Lalu tekan tombol Clear data
  2. Google Play – Error 403
    – Kesalahan : Bila pesan error yang muncul adalah error 403, berarti aplikasi yang Anda download gagal.
    – Penyebab : Pesan kode kesalahan ini biasanya muncul karena Anda memiliki dua akun Google yang berbeda dalam satu perangkat untuk mengunduh aplikasi dari Google Play Store.
    – Solusi : Login ke Google Play Store menggunakan satu akun Google yang benar. Akan lebih baik jika akun Google Anda yang lain dinon-aktifkan atau dihapus sementara. Silahkan Anda uninstall semua aplikasi yang bermasalah. Coba untuk mengunduh ulang aplikasi tersebut.
  3. Google Play – Error 413
    – Kesalahan : Aplikasi yang diunduh ataupun diupdate gagal.
    – Penyebab : Biasanya muncul disebabkan koneksi internet menggunakan server proxy dan memori proxy penuh.
    – Solusi : Masuk ke Settings – Apps – All – Google Play Services – untuk menghentikan penggunaan data aplikasi, tekan Clear Data – Force Stop. Lakukan hal yang sama untuk membersihkan cache data di browser internet Anda. Restart perangkat Android Anda. Jika belum berhasil. Pastikan koneksi internet dalam keadaan stabil. Masuk ke Settings – Mobile Network – APN – hapus bidang Proxy – tekan Save.
  4. Google Play – Error 491
    – Kesalahan : Tidak bisa mengunduh dan memperbarui aplikasi.
    – Solusi : Hapus akun Google pada perangkat Android Anda. Settings – Accounts – Google – klik akun – tekan tombol Menu – pilih Remove. Restart perangkat Android Anda, tambahkan kembali akun Google Anda. Settings – Accounts – Add Account. Coba unduh sembarang aplikasi dari Google Play Store. Bila belum berhasil, coba masuk Settings – Apps – All – Google Play Services – tekan dan klik Clear Data dan Force Stop untuk menghentikan penggunaan data pada semua aplikasi yang berjalan.
  5. Google Play – Error 492
    – Kesalahan : tidak dapat menginstal aplikasi dikarenakan permasalahan Dalvik cache (ruang kosong sementara yang dipakai oleh Java Virtual Machine untuk menjalankan aplikasi).
    – Solusi : hentikan layanan data Google dengan cara Settings – Apps – All – Google Play Services – Clear Data – Force Stop. Lakukan juga pada aplikasi Google Play Store. Jika masih belum berhasil, coba hapus Dalvik cache dengan cara masuk ke mode recovery (hanya untuk perangkat Android yang telah diroot). Pilih Advanced – Wipe – Dalvik cache. Restart perangkat Anda.
  6. Google Play – Error 495
    – Solusi : Delete Data google play store caranya masuk ke Settings > Apps > All > Google Play Store > Clear data, delete data juga dari Google Services Framework.
    Lalu delete google akun dari android kita dan reboot android kita, lalu add lagi google akun kita melalui Settings > Accounts > Add Account > Google Account.
  7. Google Play – Error 497
    – Kesalahan : tidak dapat mendownload aplikasi.
    – Penyebab : Play Store sedang melakukan proses update.
    – Solusi : tunggu proses update sampai selesai. Jika tidak berhasil, coba masuk Setting – Apps – All – Google Play Services – tekan Clear Data – Force Stop. Anda harus melakukannya pula pada aplikasi Google Play Store.
  8. Google Play – Error 498
    – Kesalahan : terjadi gangguan saat download aplikasi atau download gagal.
    – Penyebab : biasanya disebabkan cache atau memori perangkat Android Anda sudah penuh.
    – Solusi : Hapus aplikasi dan file yang tidak dibutuhkan. Restart perangkat Anda dalam Recovery Mode (sesuai tipe perangkat dan versi Android yang dipakai). Umumnya tekan volume bawah dan tombol power secara bersamaan. Pilih Wipe Cache Partition. Restart ulang perangkat Anda.
  9. Google Play – Error 504
    – Solusi : Cukup masuk ke Settings > Apps > All > Google Play Store lalu clear app cache dan data, dan juga clear app cache dan data untuk clear Google Services Framework
  10. Google Play – Error 919
    – Kesalahan : aplikasi tidak dapt dijalankan setelah berhasil diunduh.
    – Penyebab : memori perangkat tidak cukup untuk menyimpan aplikasi yang Anda unduh.
    – Solusi : Hapus semua data yang tidak diperlukan lagi, contohnya video, musik, atau aplikasi berukuran besar.
  11. Google Play – Error 921
    – Kesalahan : tidak bisa mendownload aplikasi dari Google Play Store.
    – Solusi : Hapus cache yang ada di aplikasi Google Play Store. Caranya, masuk Settings – Apps – All – Google Play Store – tekan Clear data dan Clear cache. Bila tidak berhasil juga, langkah terakhir, hapus akun Google Anda. Restart perangkat. Tambahkan kembali akun Google Anda.
  12. Google Play – Error 923
    – Kesalahan : proses download gagal.
    – Penyebab : terjadi kesalahan saat proses sinkronisasi akun Google atau memori cache penuh.
    – Solusi : hapus akun Google dan aplikasi yang tidak diperlukan. Restart perangkat dalam modus pemulihan (Recovery mode). Pilih Wipe cache partition untuk menghapus partisi cache (data tidak akan terhapus). Restart kembali perangkat. Login kembali ke akun Google Anda.
  13. Google Play – Error 941
    – Solusi : Masuk ke Settings > Apps > All > Google Play Store dan clear cache dan data, lalu scroll down ke download manager clear clear cache dan data juga, dan coba untuk download ulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.