15 Tips dan Trik Android 12 Yang Wajib Anda Ketahui!

  • Bagikan
Android 12 1
Android 12 1

Ketika Anda memikirkan Android 12, apa hal pertama yang terlintas dalam pikiran Anda? Bagi kebanyakan orang, ini mungkin sebuah sistem operasi baru dengan gaya baru yang lebih berani dan dikenal sebagai Material You. Selain itu, Google telah meningkatkan privasi, menambahkan fitur baru yang nyaman, dan memasukkan umpan balik dari pengguna dalam banyak cara.

15 Tips dan Trik Android 12
15 Tips dan Trik Android 12

image source

Ketika Anda telah mendapatkan pembaruan Android 12, atau Anda mengambil salah satu ponsel Android terbaik dengan Android 12 yang sudah Anda instal sebelumnya, berikut ini adalah tips dan trik Android 12 yang perlu Anda ketahui!

Inilah 15 Tips dan Trik Android 12 Yang Wajib Anda Ketahui!

1. Tema

Tema Baru Android 12
Tema Baru Android 12

Android 12 membawa banyak tema baru yang sebelumnya belum pernah Anda. Tidak ada keraguan bahwa tema baru adalah fitur utama dari pembaruan besar-besaran ini. Tema yang ada pada Android 12 terlihat paling mewah terutama jika Anda melihanya pada ponsel Google Pixel. Namun begitu, banyak juga ponsel yang diberdayakan oleh Android 12 harus memiliki fitur serupa. Untuk memulai, Anda hanya perlu mengubah wallpaper pada ponsel Anda.

Untuk mengubahnya, Anda dapat membuka pengaturan wallpaper & gaya dengan cara menekan lama pada ruang kosong pada layar beranda dan memilih wallpaper & gaya. Maka sistem akan secara otomatis mengekstrak hingga empat opsi tema berbeda berdasarkan wallpaper yang Anda pilih. Kemudian Anda dapat memilih pada bagian bawah opsi Ubah wallpaper. Jika Anda tidak menyukai salah satu pilihan otomatis, Anda dapat memilih dari empat warna pada bagian bawah bagian warna dasar di aplikasi yang sama.

2. Widget Baru

Widget
Widget

Kehadiran Android 12 membawa perubahan widget baru yang lebih elegan. Beberapa widget sistem favorit Anda telah mengalami perbaikan yang signifikan atau penambahan baru. Terbukti pada widget jam mengalami perubahan paling menonjol untuk Anda gunakan, dengan penambahan empat gaya baru yang membuat layar beranda keren.

Selain itu, widget percakapan hadir dengan adanya gelembung obrolan mengambang dan memudahkan Anda melacak percakapan favorit Anda tanpa mengkhawatirkan aplikasi tempat percakapan tersebut berlangsung.

3. Pencarian Lebih Baik

Pencarian Lebih Baik
Pencarian Lebih Baik

Pada bagian bawah layar beranda, Anda mungkin melihat ikon baru tepat pada samping mikrofon penelusuran suara. Ikon yang tampak seperti rana kamera itu adalah jalan pintas cepat yang bisa Anda gunakan ke pencarian visual Google Lens. Hal ini yang memungkinkan Anda mengambil gambar apa pun yang dapat mau dan mendapatkan hasil pencarian visual langsung dari Google.

Mencari sesuatu secara visual bisa lebih baik daripada mengetiknya karena beberapa alasan. Mungkin mencari bunga yang Anda temui saat berjalan-jalan pada lingkungan Anda sehari-hari atau hanya memindai kode QR pada restoran tempat Anda makan. Apa pun yang perlu Anda cari, Google Lens adalah cara termudah untuk menemukannya.

Pencarian baru Google juga dapat Anda temukan dengan mengetikkan apapun ke dalam kotak pencarian pada laci aplikasi. Geser laci ke atas, ketik kata atau nama, dan itu akan menampilkan semuanya mulai dari aplikasi hingga percakapan dan email yang ada pada ponsel Anda. Bahkan akan menampilkan file yang Anda unduh sekaligus.

4. Penyesuaian Sakelar Cepat (Quick Toggles)

Google mengurangi jumlah sakelar cepat yang tampil dalam bayangan pemberitahuan. Alih-alih lima ikon kecil, Anda sekarang akan menemukan empat tombol persegi panjang yang lebih besar. Demikian pula, ketika Anda menarik bayangan pemberitahuan sepenuhnya, hanya delapan sakelar yang sekarang tersedia. Sementara Android 11 menunjukkan total sepuluh sakelar. Akibatnya, Anda harus memastikan bahwa Anda memprioritaskan sakelar ini untuk memanfaatkan situasi dengan sebaik-baiknya.

Seperti sebelumnya, untuk menyesuaikan quick toggles Anda semudah menarik bayangan notifikasi sepenuhnya dan mengklik ikon pensil pada bagian bawah baris terakhir quick toggles

5. Akses Kamera dan Mikrofon

Akses Kamera dan Mikrofon
Akses Kamera dan Mikrofon

Untuk mengakses kamera dan mikrofon, Anda bisa menggunakan panel sakelar cepat. Ini adalah serangkaian tombol baru yang memungkinkan Anda mencabut akses kamera dan mikrofon secara universal untuk semua aplikasi pada ponsel Anda. Tombol-tombol ini dapat Anda gunakan sebagai cara sementara untuk memblokir penggunaan semua kamera atau mikrofon pada perangkat Anda.

Untuk menemukan tombol baru ini, tarik ke bawah bayangan notifikasi Anda sepenuhnya dan klik tombol edit, maka akan terlihat seperti pensil. Lalu seret tombol akses kamera dan akses mikrofon ke bagian aktif panel quick toggles. Sekarang, kapan pun Anda ingin memblokir akses kamera atau mikrofon, tarik bayangan pemberitahuan dan klik salah satu tombol yang Anda perlukan.

6. Panel Internet Baru

Panel Internet Baru
Panel Internet Baru

Pada area quick toggles, Anda juga akan menemukan tombol dengan label Internet. Sebelumnya, sakelar cepat ini hanya menangani koneksi Wi-Fi dan, meskipun demikian, beberapa versi Android sebelumnya menghapus fitur sakelar cepat. Peralihan cepat kembali, dan Google telah menggabungkan Wi-Fi dan data seluler menjadi satu panel praktis yang dikenal dengan tepat sebagai panel Internet.

Mengklik ubin cepat baru ini akan memunculkan kotak dialog setengah ukuran dari bagian bawah ponsel yang memungkinkan Anda dengan cepat beralih antara jaringan Wi-Fi dan mengaktifkan atau menonaktifkan Wi-Fi dan data seluler.

7. Kontrol Perangkat Lebih Mudah

Kontrol Perangkat Lebih Mudah
Kontrol Perangkat Lebih Mudah

Google sebelumnya menambahkan panel kontrol perangkat ke menu daya melalui Android 11-nya. Ini adalah fitur yang banyak orang sukai karena dapat menjadi lapisan keamanan bagi perangkatnya. Sekarang ini pada Android 12, Google membuat kontrol rumah pintar secepat menekan dan menahan tombol daya dengan mengetuk sakelar cepat melalui panel pemberitahuan.

Jika Anda mencari kontrol perangkat, Anda akan menemukannya di salah satu dari dua tempat: Melalui bayangan pemberitahuan sebagai sakelar cepat atau pada sebelah kiri bawah sudut layar kunci. Apa pun cara Anda mengaksesnya, panel kontrol perangkat terlihat identik dan lebih unik dari pada yang Anda lihat pada Android 11.

8. Pembaruan Nearby Share

Google telah bereksperimen dengan kemampuan berbagi area sekitar yang lebih dikenal dengan Nearby Share. Sebelumnya, pada Android 11, Berbagi sekitar hanya berguna jika seseorang berada dalam sekitar ada dalam daftar kontak Anda. Namun pembaruan terbaru pada layanan Nearby Share membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk berbagi tautan, foto, atau hal lain dengan cepat dengan orang-orang sekitar Anda. Berbagi sekitar akan mudah Anda gunakan dengan menggunakan ubin cepat saat Anda menurunkan bayangan pemberitahuan.

Sekarang, di Android 12, kotak dialog setengah ukuran baru muncul pada bagian bawah layar Anda. Saat Anda memilih Nearby Share, maka akan mengaktifkan berbagi untuk semua orang secara otomatis pada sekitar Anda. Desain Google memungkinkan Anda untuk sementara memilih mode berbagi semua orang, sehingga mengurangi risiko apa yang sering terjadi dengan fungsi AirDrop Apple. Desain baru ini juga berarti perubahan satu ketukan untuk memilih opsi ini, sementara sebelumnya Anda harus masuk ke pengaturan berbagi untuk mengubah nilai ini.

9. Ketuk Cepat di Bagian Belakang

Ketuk Cepat Pada Bagian Belakang
Ketuk Cepat Pada Bagian Belakang

Fitur Quick Tap layaknya iPhone 13 hadir untuk memberikan kenyamanan pada pengguna. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk memutar atau menjeda musik, meluncurkan asisten digital favorit Anda, atau melihat aplikasi terbaru Anda.

Pada Android 12, Google memperluas jumlah fungsi yang dapat Anda tetapkan ke ketukan belakang. Akan tetapi ini hanya pada beberapa perangkat tertentu yang mendukung fungsi baru ini. Jika Anda memiliki perangkat yang mendukung back tap, seperti Pixel 5, maka Anda dapat menggunakan fitur ini.

10. Rotasi Cerdas

Rotasi Cerdas
Rotasi Cerdas

Pernahkah Anda menonton sesuatu pada ponsel Anda ketika tiba-tiba berputar dengan sendirinya? Ini paling umum saat berbaring miring dan mencoba membaca konten potret sambil memegang ponsel dalam orientasi lanskap. Tentu, Anda dapat mematikan putar otomatis, tetapi Google telah mempelajari beberapa trik selama bertahun-tahun dan sekarang dapat menggunakan pembelajaran mesin untuk menentukan orientasi wajah Anda relatif terhadap telepon.

Singkatnya, ponsel tidak akan berputar selama wajah Anda menghadap ke arah yang sama dengan layar. Untuk mengaktifkan mode deteksi wajah baru ini, buka pengaturan tampilan pada aplikasi pengaturan sistem ponsel, klik layar putar otomatis, dan aktifkan fitur deteksi wajah.

11. Dasbor Privasi

Kontrol PrivasiĀ 
Kontrol Privasi

Google memperkenalkan konsep Dasbor Privasi. Dasbor Privasi memudahkan untuk melihat semua permintaan izin aplikasi yang berbeda sepanjang hari, termasuk statistik super rinci untuk tiga kategori yang dapat melihat penyalahgunaan izin penting. Seperti halnya lokasi, kamera, dan mikrofon.

Memilih salah satu dari tiga izin ini akan menampilkan tampilan garis waktu dari setiap aplikasi yang mengakses izin tersebut. Hal ini bersama dengan cara menghapus kemampuan aplikasi untuk mengakses izin tersebut dengan cepat. Saat ini, Android 12 hanya menawarkan riwayat terperinci selama 24 jam secara default. Beberapa pabrikan, seperti Samsung, telah memperpanjang riwayat itu hingga data akses izin selama satu minggu penuh, memberi Anda tampilan yang lebih mendetail tentang apa yang dilakukan aplikasi dengan data Anda.

Ada baiknya untuk sering mengunjungi dasbor privasi, terutama jika Anda melihat indikator kamera atau mikrofon baru muncul saat Anda tidak mengharapkannya. Indikator baru tersebut muncul dalam bentuk ikon hijau terang pada sudut kanan atas layar setiap kali aplikasi mengakses kamera atau mikrofon Anda.

12. Ambil Tangkapan Layar Panjang

Tangkapan Layar Panjang
Tangkapan Layar Panjang

Screenshot bergulir telah menjadi fitur dari banyak ponsel Android selama bertahun-tahun, tetapi Google akhirnya secara resmi mengadopsinya pada Android 12. Tapi ini bukan hanya beberapa fitur yang sudah banyak orang ketahui. Ini merupakan desain ulang yang membuat pengambilan tangkapan layar panjang menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Saat Anda mengambil tangkapan layar, biasanya menggunakan tombol volume bawah + tombol daya secara bersamaan. Kemudian tombol tangkap lebih banyak yang baru memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar lebih dari sekadar apa yang dapat langsung Anda lihat pada layar. Versi Google yang disempurnakan dari fitur yang sekarang umum ini mencakup fitur zoom seperti kaca pembesar yang brilian saat menyeret kotak pembatas ke bawah.

13. Multitasking Lebih Baik dan Sederhana

Multitasking Lebih Baik dan Sederhana
Multitasking Lebih Baik dan Sederhana

Sejak rilis Android 9 Pie, Google memperkenalkan jenis layar multitasking baru, yang juga dikenal sebagai Ikhtisar. Ini memprioritaskan pengambilan teks dari aplikasi lain yang sedang berjalan daripada peralihan aplikasi yang cepat.

Pembaruan terbaru hadir dalam bentuk tautan cepat dan berbagi gambar, yang dapat Anda lihat dengan dua ikon baru pada setiap ubin Ikhtisar. Pada gambar ini, Anda akan melihat ikon tautan berantai berada pada sebelah URL situs web, yang dapat Anda klik untuk menyalin URL dengan cepat ke papan klip untuk berbagi dengan cepat. Ini secara efektif menghapus beberapa ketukan dari tugas umum ini.

14. Statistik Penggunaan Baterai

Statistik Penggunaan Baterai
Statistik Penggunaan Baterai

Android 12 memperbaiki masalah mencolok ini dengan tampilan yang jauh lebih mendetail tentang aplikasi atau kegiatan yang banyak menguras baterai ponsel Anda sepanjang hari. Panel penggunaan baterainya menampilkan grafik yang mudah Anda pahami pada bagian atas dan statistik aplikasi terperinci berada pada bagian bawah.

15. Unduhan Lebih Cepat

Unduhan Lebih Cepat
Unduhan Lebih Cepat

Jika Anda lebih detail saat mendownload aplikasi pada Google Play Store yang menggunakan Android 12, maka Anda mungkin melihat ikon petir kecil berada dalam tombol unduh untuk beberapa aplikasi. Biasanya ini tersedia untuk game, fitur play baru saat Anda mengunduhnya. Sebagian kecil dari game yang lebih besar akan diunduh terlebih dahulu, memungkinkan Anda untuk mulai bermain dalam waktu singkat sementara aplikasi lainnya diunduh pada latar belakang.

Game apa pun yang mendukung fitur ini akan memungkinkan Anda bermain hanya setelah beberapa detik waktu pengunduhan berjalan. Ini akan membawa Anda ke permainan baru lebih cepat Anda coba.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Source: via

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.