2 Cara Mudah Scan Dokumen Menggunakan Ponsel Android

  • Bagikan
Cara Scan Dokumen Menggunakan Ponsel
Cara Scan Dokumen Menggunakan Ponsel

Cara melakukan scan dokumen menggunakan ponsel Android memang menjadi lebih mudah ketimbang harus menggunakan mesin scanner asli. Sekarang ini kebutuhan scan dokumen sudah menjadi hal penting dalam aktifitas sehari-hari. Jadi keberadaan hard copy seakan sudah mulai tersisihkan.

Cara Scan Dokumen Menggunakan Ponsel
Cara Scan Dokumen Menggunakan Ponsel

image source

Memindai atau men-scan dokumen memang tidak selalu menyenangkan, terutama jika Anda belum dapat memahami dengan baik cara melakukannya. Namun setidaknya Anda harus mengetahuinya. Apalagi sekarang ini, Anda bisa memanfaatkan ponsel Android untuk melakukannya. Cara ini selain mudah, juga lebih praktis dan cepat jika Anda membutuhkannya dalam keadaan mendadak.

Sekarang ini sudah zamannya digitalisasi, semua hal bisa selalu Anda lakukan. Misalnya mendigitalkan tanda terima untuk penggantian, memindai formulir pemerintah sehingga Anda dapat mengirimkannya melalui email, atau ingin menyimpan kartu nama ke komputer Anda. Nah, berikut adalah cara sederhana yang dapat Anda gunakan untuk memindai dokumen menggunakan ponsel Anda.

Scan Dokumen Menggunakan Aplikasi Google Drive

Android tidak menawarkan cara bawaan untuk memindai dokumen. Namun yang pasti opsi termudah adalah menggunakan aplikasi Google Drive. Karena sudah menjadi aplikasi bawaan pada hampir setiap perangkat Android. Secara tidak langsung ini sama artinya dengan metode default.

Memindai dengan menggunakan Google Drive juga menawarkan beberapa manfaat. Saat mengunggah pindaian Anda ke akun Drive Anda, Anda tidak perlu ingat untuk mencadangkan dokumen Anda secara manual. Berbagi pindaian Anda dengan keluarga atau kolega juga mudah dengan mengirimkan tautan Drive kepada mereka.

Cara Memindai Dokumen

1. Untuk mulai memindai, lakukan pembaruan terlebih dahulu aplikasi Google Drive Anda dari Google Play Store.
2. Selanjutnya buka aplikasi, dan masuk ke akun Google Anda.
3. Pada salah satu tab aplikasi, ketuk tombol Plus pada bagian kanan bawah layar untuk menampilkan panel Buat baru. Pilih Pindai setelah ini muncul.

Jika ini pertama kalinya Anda menggunakan Google Drive, Anda harus memberikan izin kepada aplikasi untuk menggunakan kamera Anda. Setelah Anda melakukannya, kamera akan terbuka dan memungkinkan Anda mengambil foto dokumen yang ingin Anda pindai. Gunakan antarmuka kamera seperti biasa untuk mengambil gambar ini. Opsi umum seperti zoom dan timer juga tersedia, jika Anda membutuhkannya.

Anda akan melihat pratinjau foto Anda; ketuk tombol ulang untuk mencoba lagi, atau tombol Periksa jika Anda puas. Setelah menekan tombol Periksa, Anda akan memiliki opsi untuk melakukan beberapa pengeditan pada pindaian Anda.

Mengedit Hasil Scan Pada Google Drive

Google Drive menawarkan empat ikon pada bagian bawah halaman pemindaian Anda. Dari kiri ke kanan, yakni:

  • Ulangi: Ketuk panah untuk memindai dokumen lagi, yang berguna jika hasilnya buram atau serupa.
  • Warna: Ikon palet memungkinkan Anda memilih antara empat opsi peningkatan warna. Hitam & Putih dan Warna adalah yang paling umum, tergantung pada apakah dokumen Anda berwarna. Tetapi Anda dapat mencoba dua lainnya untuk melihat apakah mereka meningkatkan kualitas pemindaian.
  • Putar: Gunakan ini untuk memutar pindaian dalam peningkatan 90 derajat.
  • Pangkas: Pemindai Google Drive akan secara otomatis memotong hasil scan sesuai dengan aturan pangkas Anda. Tetapi jika ini tidak benar, gunakan alat Pangkas untuk menyesuaikan sendiri tepinya.

Jika Anda ingin menambahkan pemindaian tambahan, ketuk ikon Plus pada sudut kiri bawah untuk memindai dokumen lain. Terakhir, ada beberapa opsi yang dapat Anda akses menggunakan menu tiga titik pada kanan atas. Gunakan Rename scan untuk mengubah nama generik yang menggunakan tanggal dan waktu.

Selain itu, ada beberapa opsi pada bagian bawah Pengaturan yang harus untuk Anda ketahui juga. Peningkatan gambar memungkinkan Anda mengatur peningkatan warna default. Ukuran Kertas memungkinkan Anda mengubah ukuran dokumen yang akan Anda gunakan dalam format PDF akhir. Sedangkan Orientasi Kertas dapat menjadi Lansekap atau Potret jika Anda tidak menyukai opsi Otomatis.

Terakhir, ubah Kualitas Gambar jika Anda ingin pindaian dengan kualitas lebih tinggi, atau turunkan kualitas untuk ukuran file yang lebih kecil.

Melihat dan Menyimpan Dokumen

Setelah selesai, ketuk tombol Simpan kembali pada halaman pindaian utama. Dari sini, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengubah judul dokumen jika Anda belum melakukannya, serta memilih akun Google Drive mana file tersebut akan Anda Simpan. Selanjutnya Anda cukup pilih Folder, dan itu akan diunggah ke Drive saat Anda mengetuk Simpan.

Scan Dokumen Menggunakan Aplikasi Microsoft Lens

Selain Google Drive, Anda dapat menggunakan aplikasi popular lainnya, yakni Microsoft Lens. Ini adalah pemindai dokumen Android sederhana yang memungkinkan Anda dengan mudah menyimpan pindaian sebagai file lokal, yang memperbaiki gangguan terbesar dengan Google Drive.

Instal Microsoft Lens, lalu buka untuk memulai. Selama intro singkat, Anda akan melihat beberapa info dasar tentang aplikasi dan akan diminta untuk memberikan izin ke foto dan kamera Anda. Setelah Anda selesai melakukannya, aplikasi akan memungkinkan Anda langsung memindai melalui kamera Ponsel.

Mode Scan Pada Microsoft Lens

Tidak seperti Google Drive, Lens menyediakan mode untuk memindai berbagai jenis media. Pada sepanjang bagian bawah, Anda dapat beralih ke Papan Tulis, Dokumen, Tindakan, Kartu Nama, atau Foto. Sebagian besar sudah cukup jelas, kecuali Actions, yang menampung beberapa alat.

Dalam tindakan lain, Anda dapat menggunakan sub-menu untuk memilih dari alat OCR berikut:

  • Teks: Ekstrak teks dari gambar sehingga Anda dapat menyalin atau membagikannya.
  • Tabel: Mengambil tabel yang tercetak dari sebuah gambar.
  • Baca: Mengucapkan teks dalam gambar Anda dengan lantang.
  • Kontak: Mengambil info dari kartu nama dan menyimpannya ke kontak di ponsel Anda.
  • Kode QR: Pindai kode QR dengan ponsel Anda untuk membuka informasi yang ada di dalamnya. Ini bukan OCR, tetapi dikelompokkan ke dalam menu yang sama.

Memindai dan Mengedit Menggunakan Microsoft Lens

Apa pun mode yang Anda gunakan, pemindaian dokumen tetap sama: arahkan kamera ke objek dan ambil gambar seperti biasa. Untuk hasil terbaik, gunakan latar belakang yang kontras dengan dokumen yang Anda pindai, dan pegang ponsel Anda tepat pada bagian atas media untuk pengambilan yang paling bersih.

Menyimpan dan Mengunggah Hasil Scan

Sekarang, Anda dapat memilih tempat untuk menyimpan file yang telah Anda scan. Sesuaikan Judul pada bagian atas, lalu centang kotak untuk setiap lokasi tempat Anda ingin menyimpan file. Galeri Anda pilihan secara default, yang menyimpan pindaian sebagai gambar.

Namun Anda juga dapat menyimpan pindaian ke PDF melalui OneDrive, dokumen OCR pada Ms. Word, atau aplikasi Microsoft lainnya seperti OneNote dan PowerPoint. Ini tidak perlu, tetapi jika Anda sudah menggunakan produk Microsoft Office, itu akan membuat alur kerja Anda lebih efisien.

Ketuk Simpan setelah selesai, dan pemindaian Android Anda selesai. Anda akan menemukannya di folder Office Lens di ponsel Anda, yang akan muncul di aplikasi Galeri Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.