3 Cara Mudah Membuat Ponsel Android Menjadi Webcam PC/Laptop

  • Bagikan
Membuat Ponsel Menjadi Webcamjpg
Membuat Ponsel Menjadi Webcamjpg

Membuat ponsel Android menjadi webcam menjadi salah satu upaya untuk membuat kamera laptop menjadi lebih bagus. Memang semua webcam bawaan laptop belum memiliki kualitas gambar yang bagus terutama ketika Anda menggunakannya untuk kepentingan video telekonferensi.

Membuat Ponsel Android Menjadi Webcam PC
Membuat Ponsel Android Menjadi Webcam PC

image source

Melakukan video telekonferensi sangat penting saat ini. Apalagi ditengah masa pandemi yang membuat aktifitas seseorang menjadi terganggu. Sehingga sebagai solusi jika Anda ingin melakukan kegiatan yang bisa melihat langsung aktifitas orang lain, maka Anda perlu memanfaatkan aplikasi video telekonferensi. Nah, untuk menggunakan aplikasi ini, tentunya Anda membutuhkan kamera handal dan bagus untuk menghasilkan gambar yang jernih.

Dalam artikel ini beberapa ide dan solusi cerdas dengan memanfaatkan kamera ponsel menjadi webcam PC/Laptop agar dapat menghasilkan gambar yang lebih jernih dan bagus.

3 Cara Mudah Membuat Ponsel Android Menjadi Webcam

#1 Menggunakan Aplikasi Camo

Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda Download dengan mudah pada ponsel Android Anda agar bisa bekerja dengan PC atau komputer Mac Anda. Sehingga nantinya akan memungkinkan Anda memanfaatkan kamera kelas atas yang mewah pada ponsel cerdas Anda. Pada langkah-langkah ini, Penulis akan menunjukkan kepada Anda betapa mudahnya menggunakan ponsel Android Anda sebagai kebutuhan webcam untuk PC Anda.

1. Anda dapat mendownload aplikasi Camo untuk Android melalui Google Play Store pada ponsel cerdas Anda.
2. Ikuti petunjuk pada layar untuk memberikan izin sistem yang diperlukan untuk Aplikasi ini mengakses ponsel Anda.
3. Colokkan kabel USB dari ponsel Anda ke komputer Anda, dan berikan akses pada perangkat Anda.

Selanjutnya, Anda harus menyiapkan perangkat lunak gratis pada PC Anda.

1. Kunjungi situs web aplikasi untuk mendownload perangkat lunak yang tepat untuk perangkat Anda. Lalu ikuti petunjuk pada layar untuk mengunduh, menginstal, dan memberikan izin sistem yang diperlukan.
2. Buka aplikasi Camo pada komputer Anda. Dan pastikan ponsel Anda pilih pada bagian bawah pengaturan Kamera, perangkat.
3. Buka aplikasi panggilan video pilihan Anda, dan pastikan bahwa kamera baru adalah default untuk panggilan video Anda.

Setelah ponsel dan komputer terhubung dan aplikasi berjalan, Anda dapat membuat semua jenis penyesuaian dan penyesuaian di aplikasi Reincubate Camo Studio untuk PC Anda, termasuk mengubah preset, menyesuaikan zoom dan rotasi, dan bermain dengan eksposur, white balance, kecerahan , dan bahkan lebih banyak lagi pengaturan kualitas gambar.

Download: Camo for Android

#2 Aplikasi DroidCam dengan Kabel USB

Salah satu aplikasi populer sebagai Webcam adalah dengan bantuan Droidcam. Droidcam adalah DroidCam Client adalah program Windows yang Anda butuhkan jika ingin menggunakan aplikasi Android ini. Hanya perlu beberapa langkah sederhana supaya Anda bisa menggunakan ponsel sebagai kamera web dalam program konferensi video terkenal seperti Skype, Zoom, dan lain-lain.

Anda juga perlu membaca cara menjadikan ponsel Anda sebagai webcam Menggunakan Kabel USB dengan mudah tanpa kendala apapun.

#3 DroidCam Menggunakan Wireless

Masalah ini masih dalam seputar aplikasi Droidcam. Anda dapat memanfaatkan jaringan WiFi, baik WiFi umum, atau jaringan Teathering dari ponsel Anda. Sebagai keuntungan, Anda tidak perlu menghubungkan ponsel cerdas Anda ke komputer dengan kabel. Hal ini memungkinkan Anda untuk bergerak sambil memberikan fleksibilitas tambahan. Namun kekurangannya adalah, jika Anda kehabisan baterai saat menggunakan Droidcam tanpa kabel USB, Anda tidak akan dapat menggunakannya lagi!

1. Download dan instal terlebih dahulu aplikasi DroidCam melalui Google Playstore. Kemudian download juga aplikasi DroidCam untuk versi Windowsnya. Kemudian instal pada kedua perangkat tersebut.
2. Silahkan kamu buka aplikasinya pada masing-masing perangkat.
3. Pada aplikasi DroidCam ponsel, Anda akan mendapati tampilan IP Address yang bisa kamu gunakan untuk mengakses kamera smartphone dari laptop.
4. Buka aplikasi Droidcam pada laptop, kemudian pilih logo WiFi. Selanjutnya silahkan masukkan IP Address yang ada pada aplikasi DroidCam Android pada kolom Device IP di PC. Kemudian klik Start.

Download: DroidCam for Android, Windows

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.