3 Langkah Mudah Merekam Layar Pada Ponsel Android

  • Bagikan
3 Cara Merekam Layar Pada Android
3 Cara Merekam Layar Pada Android

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk merekam layar pada ponsel Android Anda. Sebagian besar sistem Android, mulai dari Android 10 atau yang lebih baru menyematkan perekam layar bawaan yang bisa Anda akses dengan sangat mudah.

3 Cara Merekam Layar Pada Android
3 Cara Merekam Layar Pada Android

image source

Namun masalahnya, bagaimana dengan Anda yang tidak memiliki perekam layar bawaan? Atau Anda ingin merekam layar saat sedang bermain game, perekam layar mana yang terbaik untuk Anda gunakan. Nah, dalam panduan ini penulis akan memberikan cara tentang 3 langkah merekam layar yang bisa Anda terapkan pada ponsel Android Anda. Baik versi yang lebih lama ataupun yang terbaru seperti saat ini.

Salah satu yang menjadi tren saat ini adalah merekam layar saat bermain game. Hal ini sebagai salah satu cara menunjukkan sebuah keterampilan Anda ketika sedang bermain game yang luar biasa kepada orang lain. Selain itu, Anda bisa dengan mudah membuat presentasi untuk bekerja. Sehingga tidak banyak alasan mengapa kemampuan merekam layar pada ponsel itu sangat penting.

Meskipun hal ini menjadi fitur baru dalam Android, namun bukanlah sebuah masalah. Jika tidak, pasti ada aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukannya. Berikut ini cara merekam layar ponsel pada ponsel Android Anda!

Cara Merekam Layar Anda Pada Android

Sebagai catatan: Langkah-langkah ini menggunakan perangkat Pixel 4a yang menjalankan Android 11. Langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda jika Anda menerapkannya pada perangkat dan versi perangkat lunak Anda.

Menggunakan Perekam Layar Bawaan Android

Android Q memperkenalkan perekaman layar bawaan secara default yang dengan mudah Anda gunakan. Jadi apapun perangkat Anda yang berjalan pada Android 10 dan di atasnya akan dapat menggunakannya.

1. Pada layar utama ponsel, lakukan gesek ke bawah untuk menampilkan pengaturan cepat Anda. Gesek ke bawah lagi untuk memperluas area notifikasi Anda.
2. Cari pengaturan cepat Rekam Layar.
3. Jika Anda tidak dapat menemukannya, ketuk tombol pensil dan tambahkan Screen Record ke pengaturan cepat Anda.
4. Setelah siap, tekan opsi Screen Record.
5. Selanjutnya Anda akan memiliki beberapa opsi untuk Rekam audio dan Tampilkan sentuhan pada layar. Tentukan pilihan Anda. Lalu tekan Mulai.
6. Anda cukup tarik ke bawah area notifikasi Anda dan ketuk tombol merah besar untuk berhenti dari merekam layar Anda.
7. Maka, rekaman Anda akan tersimpan ke galeri Anda.

Cara Merekam Layar Saat Bermain Gameplay Menggunakan Google Play Game

Meskipun merekam layar Anda mungkin bukan praktik umum, sebagian gamer dan streamer menganggapnya penting. Inilah sebabnya mengapa Google telah menambahkan kemampuan untuk merekam game yang Anda mainkan dengan salah satu layanannya sendiri. Ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan Google Play Game.

1. Buka aplikasi Google Play Game.
2. Pilih game yang ingin Anda rekam dan ketuk (jangan tekan Play, sebelum Anda memulai game Anda).
3. Ketuk ikon kamera pada sudut kanan atas. Maka akan muncul opsi tentang kualitas mana yang ingin Anda rekam gameplay Anda. Tentukan pilihan Anda. Lalu tekan Berikutnya.
4. Pilih Luncurkan. Ketuk Mulai sekarang.
5. Saat bermain game, Anda akan melihat ikon mengambang. Ketuk untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mikrofon atau kamera depan. Anda juga dapat menghentikan perekaman dengan mengetuk tombol merah besar.
6. Setelah selesai, maka video akan tersimpan ke Galeri Anda.

Cara Merekam Layar Anda Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak menyukai metode perekaman layar Google sendiri atau perangkat Anda belum mendapatkan fitur tersebut, ada banyak opsi pihak ketiga pada Google Play Store. Salah satu favorit kami adalah AZ Screen Recorder. Ini sangat mudah digunakan, namun menyediakan lebih banyak fitur dan penyesuaian daripada opsi Google. Anda dapat memilih dari banyak resolusi, memilih bit rate, menyesuaikan frame rate, membuat selang waktu, dan banyak lagi.

1. Unduh AZ Screen recorder dari Google Play Store.
2. Buka aplikasi. Ini akan meminta Anda izin untuk melakukan overlay layar. Silakan dan berikan akses yang Anda perlukan.
3. Saat aplikasi Anda buka, Anda akan melihat gelembung mengambang dengan ikon kamera. Ketuk pada bagian atasnya.
4. Tekan ikon kamera untuk mulai merekam. Pilih Mulai sekarang.
5. Anda akan melihat hitungan mundur tiga detik sebelum aplikasi mulai merekam.
6. Gelembung mengambang akan menjadi tombol Stop. Ketuk kapan pun Anda siap untuk berhenti.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.