4 Aplikasi Pembelajaran Tatap Muka Virtual Perlu Anda Coba

  • Bagikan
Aplikasi Pembelajaran Tatap Muka Virtual
Aplikasi Pembelajaran Tatap Muka Virtual

Melakukan pembelajaran tatap muka virtual merupakan salah satu cara belajar saat masa pandemi. Dalam keadaan pandemi yang masih belum berakhir seperti ini tentunya tidak mungkin untuk melakukan pembalajaran tatap muka secara langsung.

Aplikasi Pembelajaran Tatap Muka Virtual
Aplikasi Pembelajaran Tatap Muka Virtual

image source

Tatap muka virtual artinya melakukan tatap muka di depan layar ponsel ataupun perangkat Anda lainnya. Cara ini cukup efektif untuk tetap bisa mengetahui ekspresi peserta didik ataupun seseorang walaupun tidak bisa bertemu secara langsung. Cara ini tidak hanya dapat Anda gunakan sebagai seorang guru yang mengajar kepada peserta didiknya, melainkan juga acara-acara lain seperti Seminar, Workshop maupun pelatihan-pelatihan lainnya.

Nah, untuk melakukan kegiatan tatap muka virtual ini Anda tidak bisa secara langsung menggunakannya pada ponsel Android. Anda membutuhkan aplikasi bantu pihak ketiga yang bisa melakukan cara ini. Dalam panduan ini, Penulis akan memberikan 4 aplikasi favorit dan mudah Anda gunakan untuk melaksanakan tatap muka virtual. Baik untuk pembelajaran sekolah ataupun acara-acara lainnya yang Anda inginkan.

Berikut ini 4 Aplikasi Pembelajaran Tatap Muka Virtual

Zoom Meeting

Zoom Meeting merupakan aplikasi pertama paling populer sejak masa pandemi. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur yang membuat pengguna nyaman dan melaksanakan pembalajaran tatap muka virtual. Zoom adalah aplikasi komunikasi menggunakan video dan dapat Anda gunakan dalam berbagai perangkat baik seluler maupun desktop.

Aplikasi ini sifatnya gratis (namun ada juga yang berbayar) yang dapat Anda gunakan dapat kebutuhan tatap muka secara virtual. Ini cocok sekali Anda gunakan selama masa pandemi untuk menghindari kontak langsung terhadap orang lain. Karena dengan pertemuan dengan orang lain, akan menghindarkan Anda dari ancaman virus Covid-19.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk Zoom Meeting yang tanpa bayar (gratis) memiliki batasan waktu hanya maksimal 40 menit saja. Jadi Anda harus bisa mengatur waktu sebaik-baiknya agar tidak sampai terputus tengah jalan saat melakukan komunikasi video. Namun begitu, Anda masih bisa menghilangkan durasi waktu 40 menit saat melakukan Zoom Meeting menjadi tak terbatas.

Banyak fitur yang tersedia saat Anda menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Beberapa diantaranya adalah, Anda dapat mengatur siapa saja yang boleh masuk dalam acara atau pembelajaran Anda, Anda dapat mengunci Meeting atau Pembelajaran agar tidak ada gangguan dari siapapun. Selain itu, Anda juga dapat merekam untuk kemudian disimpan pada perangkat Anda.

Selanjutnya yang menarik dari aplikasi ini adalah Zoom Meeting dapat mengubah latar belakang gambar saat Anda melakukan video telekonferensi dengan orang lain ataupun kelompok. Cara ini memiliki fungsi khusus untuk menghilangkan area sekitar Anda saat melakukan video meeting.

Download: Zoom Cloud Meeting (Gratis)

Google Meet

Google Meet hadir belakangan setelah Zoom Meeting populer di tengah masa Pandemi. Kehadiran Google Meet tentunya dapat memberi saingan baru terhadap aplikasi Zoom. Terbukti, salah satu keunggulan menggunakan Google Meet adalah tidak perlu mendaftar untuk dapat menggunakannya.

Selama Anda memiliki akun Google aktif, maka Anda akan dapat melakukan video telekonferensi menggunakan Google Meet dengan cepat dan mudah. Keunggulan lainnya dari aplikasi Google Meet ini adalah memiliki tampilan mirip dengan Zoom. Hanya saja dari segi penggunaan data, Google Meet cenderung lebih hemat ketimbang Anda menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Download: Google Meet (Gratis)

Messenger Room

Seakan tak mau kalah, Facebook juga merilis fitur untuk melakukan video telekonferensi rame-rame dalam aplikasi Messengernya. Anda dapat menggunakannya jika Anda sudah terdaftar atau memiliki akun Facebook. Namun menariknya, untuk bergabung tidak mewajibkan hanya sesama pengguna Facebook. Artinya jika Anda tidak memiliki akun Facebook, maka Anda tetap bisa bergabung dalam tatap muka virtual menggunakan Messenger Room tersebut.

Untuk menggunakannya cukup mudah, Anda hanya butuh aplikasi Facebook Messenger versi terbaru. Anda bisa mendownloadnya melalui Google Play Store agar dapat membuat ruang obrolan video di dalamnya. Namun selain itu, Anda juga bisa memahami disini cara menggunakan Messenger Room pada aplikasi Facebook Android.

Download: Messenger (Gratis)

Microsoft Teams

Aplikasi video telekonferensi besutan Microsoft ini memang terkesan agak belakangan ketimbang 3 aplikasi lainnya seperti di atas. Aplikasi iniĀ adalah platform kolaborasi berbasis obrolan berfitur lengkap yang dapat mendukung aktivitas berbagi dokumen, rapat online, dan banyak lagi fitur yang sangat berguna untuk komunikasi komunikasi ataupun bisnis.

Memiliki ruang tim yang luar biasa adalah kunci untuk dapat membuat keputusan kreatif dan berkomunikasi dengan efektif satu sama lain. Platform ruang kerja bersama ini membuat hal-hal tersebut lebih mudah Anda capai, terutama jika tim tertentu berbasis di perusahaan yang sangat besar, memiliki banyak karyawan jarak jauh, atau terdiri dari sejumlah besar anggota tim profesional.

Download: Microsoft Teams (Gratis)

Semoga 4 aplikasi ini bisa Anda manfaatkan dalam melakukan berbagai kegiatan di masa pandemi seperti ini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.