4 Cara Mengetahui Apakah Ponsel Android Anda Kena Hack

  • Bagikan
Cara Mengetahui Ponsel Kena Hack
Cara Mengetahui Ponsel Kena Hack

Sebagai pengguna ponsel Android, Anda setidaknya harus mengetahui apakah ponsel Anda kena Hack atau tidak. Ini berkaitan dengan data privasi yang ada pada ponsel Anda. Jangan sampai data Anda dikendalikan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab.

Cara Mengetahui Ponsel Kena Hack
Cara Mengetahui Ponsel Kena Hack

image source

Pada zaman modern sekarang ini, setiap orang tentunya sudah memiliki smartphone untuk membantu menjalankan aktifitas kehidupannya. Hal ini yang berarti menjaganya agar tetap aman dan bebas dari ancaman peretas menjadi sangat penting. Jadi, bagaimana Anda dapat mengetahui jika perangkat Android Anda tengah kenak hack oleh orang lain?

Jika ponsel Anda memiliki keanehan yang tiba-tiba pada ponsel Anda, segera langkah cepat dan memeriksa malware, aplikasi scam, dan masalah lain dengan perangkat Anda. Plus, penulis juga akan menjelaskan cara membuat Anda tetap aman untuk bergerak maju. Inilah cara mengetahui apakah ponsel Android Anda tengah di Hack atau tidak.

Cara Mengetahui Apakah Ponsel Android Anda Kena Hack

Masa Pakai Baterai yang Boros atau Penggunaan Baterai yang Ekstrim

Anda perlu mengetahui tanda-tanda aktivitas mencurigakan yang jelas, karena sesuatu yang berbahaya masih bisa terjadi. Salah satu cara terbaik untuk melihat apakah ponsel Anda kena hack adalah dengan memeriksa penggunaan baterai Anda.

Jika ponsel Anda panas tanpa alasan, bahkan saat tidak Anda gunakan, mungkin ada sesuatu yang berjalan pada latar belakang saat layar mati. Beberapa malware tercanggih masih dapat meninggalkan jejak pada ponsel Anda. Jadi mulailah dengan memeriksa menu penggunaan baterai.

Buka Pengaturan => Baterai => Penggunaan Baterai dan cari aplikasi yang tidak Anda kenal atau sesuatu yang tidak biasa menguras baterai Anda.

Namun, pada sistem Android terbaru ini mungkin tidak sering terjadi karena Google memiliki sistem Google Play Protect komprehensif yang terpasang pada ponsel. Akan tetapi penulis tetap menyarankan untuk sesekali memeriksanya.

Periksa Pemasangan Aplikasi

Tanda lain dari malware atau peretasan ponsel adalah jika Anda melihat aplikasi acak terinstal pada ponsel Anda. Ini adalah aplikasi yang tidak Anda instal sendiri. Aplikasi atau situs jahat dapat menginstal program pada ponsel Anda dan mengirim informasi sensitif kembali ke pihak ketiga.

Jangan lewatkan ini: kemungkinan besar perangkat Anda dalam kendali orang lain. Terkadang, itu tidak akan menggunakan banyak masa pakai baterai. Akan tetapi masih dapat membahayakan dan menguras data Anda. Jika Anda menemukannya, berikut cara menghilangkannya.

Cobalah dengan masuk ke Pengaturan => Aplikasi => Manager Aplikasi dan gulir daftar aplikasi pada ponsel Anda. Terkadang Anda mungkin harus mengetuk panah tarik-turun untuk melihat Semua Aplikasi terinstal. Temukan apa pun yang tidak Anda inginkan, ketuk, dan pilih Copot pemasangan.

Jelas, Anda hanya harus menghapus hal-hal yang terlihat mencurigakan tetapi Anda tahu itu tidak penting. Jika Anda mulai mencopot pemasangan hal-hal acak, Anda dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan dan merusak komponen vital ponsel Anda.

Penggunaan Data Luar Biasa Tinggi

Kebanyakan orang memiliki paket data tak terbatas sehingga mereka tidak melihat menu “Penggunaan Data” pada pengaturan. Akan tetapi jika Android Anda bermasalah, dan Anda ingin memeriksa apakah ponsel Anda kenak hack, ini adalah cara mudah lain untuk memeriksanya.

Jika Anda memiliki virus, itu bisa mengirim data pribadi Anda kembali ke pihak ketiga melalui aplikasi yang terus berjalan dan berkomunikasi dengan pelaku jahat.

Untuk memeriksa, buka Pengaturan => Konektifitas & WiFi => Penggunaan Data dan lihat sebentar.

YouTube, Spotify, dan layanan streaming lainnya secara teratur menggunakan banyak data. Tetapi jika aplikasi lain menggunakan terlalu banyak, ada sesuatu yang tidak beres. Tidak ada aplikasi acak yang menggunakan 5GB pada bulan tertentu, jadi carilah sesuatu yang mencurigakan menguras data Anda.

Perhatikan Pop-Up dan Iklan Aneh

Pop-up datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, pada waktu yang acak, dan dari semua jenis situs web. Kami telah belajar untuk menghadapinya, dan sebagian besar waktu, itu tidak lebih dari sebuah iklan yang mencakup konten.

Namun terkadang, mereka bisa jahat dan menyebabkan masalah bagi Anda. Perhatikan pop-up aneh atau iklan yang terlihat lucu. Jangan pernah klik pada mereka.

Google membuat beberapa perubahan dalam beberapa tahun terakhir untuk menghindari kejadian seperti ini, terutama pada Google Chrome Android. Akan tetapi masih terjadi sesekali. Biasanya, itu akan membuat ponsel Anda bergetar saat pop-up muncul berulang kali. Terkadang, layar Anda bahkan akan berkedip.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.