4 Cara Praktis Memindahkan Kontak dari Ponsel Lama ke Ponsel Baru

  • Bagikan
Cara Praktis Memindahkan Kontak dari Ponsel Lama
Cara Praktis Memindahkan Kontak dari Ponsel Lama

Memindahkan kontak merupakan hal paling urgen dalam sebuah ponsel. Ketika Anda membeli ponsel baru, tentunya langkah penting yang harus Anda lakukan pertama kali adanya memindahkan datanya. Dan bagian data paling penting nampaknya ada pada kontak yang merupakan media untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain.

Cara Praktis Memindahkan Kontak dari Ponsel Lama
Cara Praktis Memindahkan Kontak dari Ponsel Lama

image source

Kontak sebagai hal penting karena pada bagian dalamnya terdapat nomor seseorang yang membuat kita bisa berkomunikasi. Walaupun tidak selamanya nomor merupakan media untuk berkomukasi, karena sekarang ini jika Anda menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram atau lainnya, Anda hanya membutuhkan nama akun Anda. Namun secara tidak langsung kontak telepon tetap merupakan hal penting yang tidak boleh hilang.

Beberapa data lain yang perlu Anda pindahkan seperti foto, video, dan juga data-data lainnya. Namun dalam hal ini bagi Penulis, Kontak merupakan prioritas utama yang harus Anda lakukan, agar Anda tetap bisa berkomunikasi dengan orang lain. Untuk itu, berikut ini 4 langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk memindah kontak Anda dari ponsel lama ke ponsel baru.

4 Cara Praktis Memindahkan Kontak dari Ponsel Lama ke Ponsel Baru

#1 Menggunakan Akun Google

Akun Google tidak hanya dapat Anda gunakan untuk memindahkan kontak Anda, melainkan juga dapat Anda gunakan untuk Memindahkan Data Dari Smartphone Lama Anda ke Smartphone Baru.

Saat kita memiliki smartphone, maka salah satu hal yang Anda lakukan pertama kali adalah membuat atau memiliki akun email, yakni akun Google. Kemudian cara memindahkannya, pada ponsel lama, Anda perlu membuka bagian settings atau pengaturan pada Google, kemudian menuju bagian account atau akun, lalu aktifkan contact sync.

Setelah mengaktifkan bagian ini, maka nantinya kontak yang ada pada ponsel Anda akan otomatis menyalin ke akun Google Anda. Selanjutnya pada ponsel baru Anda, cukup login akun Google Anda, maka secara otomatis kontak telepon yang ada pada akun Google akan masuk ke aplikasi kontak Anda.

#2 Menggunakan Kartu SD

Kartu SD bukan hanya bisa dapat Anda gunakan untuk menyimpan data seperti foto, video, atau lagu. Melainkan Kartu SD juga bisa Anda gunakan untuk menyimpan dan memindahkan kontak data yang ada pada ponsel Anda.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan memindahkan data kontak dari smartphone atau ponsel menggunakan fitur export. Nantinya, data kontak ini akan tersimpan pada folder yang ada pada kartu SD. Jika ingin memindahkan kontak dari kartu SD tadi ke ponsel baru, maka Anda cukup memilih menu atau fitur import dan pilih file hasil export tadi.

#3 Memori Internal

Anda dapat memindahkan ke ponsel atau smartphone baru juga menggunakan penyimpanan internal. Dengan menyimpan data kontak pada memori internal ponsel, maka kita tidak perlu menyimpannya pada kartu SD atau menggunakan Google.

Untuk memindahkan kontak yang sudah Anda simpan pada memori internal, kita harus menggunakan kabel data untuk melakukan transfer data ke komputer. Atau Anda dapat mengirimya menggunakan Bluetooth.

#4 Menyimpan Pada Kartu SIM

Meski memiliki ponsel baru, biasanya kartu SIM yang Anda miliki akan tetap sama dengan yang ada pada ponsel lama. Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu data kontak dari smartphone lama ini pada kartu SIM. Kemudian baru Anda pindahkan ke smartphone baru.

Caranya adalah dengan menyalin kontak yang tersimpan pada memori internal ponsel ke kartu SIM, maka kontak nantinya akan otomatis tersimpan di kartu SIM. Namun jika Anda memilih menggunakan cara ini, maka jumlah maksimal kontak yang bisa Anda simpan hanya mencapai 200 kontak saja.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.