4 Langkah Aman Menjaga Privasi Data di Internet Selama Pandemi

Selama masa pandemi masih berlangsung, orang akan semakin banyak memanfaatkan dunia internet, baik untuk pembelajaran ataupun hanya sekedar mengisi waktu luang selama berada di rumah. Namun tanpa disadari, aktivitas tersebut memiliki risiko terhadap keamanan data pribadi jika kamu ternyata kurang siap dalam menghadapi berbagai ancaman yang bisa saja terjadi kapanpun.

Langkah Menjaga Privasi Data di Internet
Langkah Menjaga Privasi Data di Internet

Maka dari itu, pengguna juga perlu untuk menjaga privasi data walaupun dari beberapa platform sudah berupaya yang terbaik dalam melindungi data kalian. Ada beberapa hal yang mesti kamu lakukan untuk lebih menjada keamanan data saat kamu berselancar dalam dunia internet.

Langkah Aman Menjaga Privasi Data di Internet Selama Pandemi

Selalu Gunakan Kata Sandi yang Unik, Rumit dan Kuat

Pengguna Internet tentunya harus membuat akun dan kata sandi baru untuk dapat mengakses beberapa aplikasi penting demi menunjang kebutuhan sehari-hari terutama selama masa pandemi ini. Alangkah baiknya jika pengguna menggunakan kata sandi yang unik, rumit dan kuat sehingga sulit ditebak oleh orang-orang yang kerjaan jahilin akun orang lain.

Karena penggunaan kata sandi yang lemah dapat lebih mudah ditebak atau dibobol melalui serangan brutal atau ‘brute-force attacks’ lewat jaringan internet.

Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Sesuatu yang Mencurigakan

Penipuan memang marak terjadi akhir-akhir ini lewat jaringan internet, tapi bisa juga terjadi lewat telepon, dengan mengaku sebagai perwakilan dari bank atau kartu kredit yang digunakan, lembaga keamanan, lembaga kesehatan, dan organisasi lainnya. Penipuan juga kadang terjadi dalam bentuk pesan singkat dengan menyertai sebuah tautan atau link yang tidak jelas.

Modusnya dengan menyampaikan informasi seperti terdeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan di akun pengguna, telat melunasi tagihan, hutang yang harus dibayar, hasil tes, dan sebagainya.

Kenali Situs-Situs Palsu atau Penyebab Hoaks

Di masa-masa yang cukup mengkhawatirkan seperti sekarang, pengguna Internet cenderung menjadi kurang bijak dalam memilih dan membagikan berita. International Federation of Library Associations membagikan infografis menarik untuk membantu pembaca mengkritisi pemberitaan:

Terdapat penjahat dunia maya membuat situs palsu dengan memanfaatkan peta Covid-19 untuk menarik orang-orang yang sedang mencari topik tersebut.

Selalu Perbarui Software dan Aplikasi

Memperbarui software di komputer, tablet dan smartphone penting untuk dilakukan agar perangkat tetap aman. Pembaruan tersebut dapat memperbaiki bugs, kerentanan software dan masalah keamanan. Memperbarui aplikasi di smartphone dan sistem operasi secara rutin membuat perangkatmu lebih aman.

Jika dilakukan secara rutin dan otomatis, pengguna tidak perlu khawatir adanya hal-hal yang mengancam privasi datanya.

Itulah 4 langkah aman berselancar di dunia internet terutama selama masa pandemi yang masih melanda berbagai penjuru dunia saat ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.