4 Langkah Penting Mengamankan Akun WhatsApp Agar Tidak Mudah Disadap

Mengamankan akun WhatsApp merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan. Mengapa? Karena ini menyangkut privasi dan data yang tidak boleh bocor kepada orang lain. Beberapa tindakan yang banyak dilakukan oleh para penyadap adalah memanfaatkan teman korban untuk melakukan pemerasan ataupun tindak kejahatan lainnya.

Cara Mengamankan Akun WhatsApp
Cara Mengamankan Akun WhatsApp

image source

Aksi penyadapan akun Whatsapp dilakukan dengan mengintip informasi pada akun Whatsapp orang lain dengan sengaja tanpa sepengetahuan orangnya. Hal ini bisa dilakukan dengan aplikasi pihak ketiga ataupun lainnya. Oleh karena itu, berhati-hatilah dan selalu waspada dalam mengelola dan buat benteng kemananan yang berlapis pada akun WhatsApp dan akun-akun Anda lainnya. Berikut ini penulis berikan 4 langkah penting yang harus Anda lakukan untuk membuat akun WhatsApp lebih aman dan terjaga.

Langkah-Langkah Mengamankan Akun WhatsApp Agar Tidak Mudah Disadap

Mengaktifkan Two-Step Verification

Two-step verification atau yang disebut sebagai verifikasi 2 langkah merupakan sebuah fitur yang bisa pengguna aktifkan untuk membuat akun WhatsApp jadi lebih aman. Melalui fitur ini, setidaknya bisa memberikan keamanan ganda agar akun WhatsApp Anda tidak mudah berpindah perangkat. Verifikasi ini nantinya akan muncul jika ada orang lain atau bahkan Anda sendiri mencoba untuk mengganti perangkat.

Misalnya, saat ini WhatsApp Anda sedang berada pada perangkat A, kemudian Anda iseng untuk memindahkannya pada perangkat B. Maka ketika kode verifikasi yang terkirim melalui nomor ponsel sudah Anda masukkan, akan muncul permintaan verifikasi kedua yang hanya diketahui oleh pembuatnya. Karena kode kedua ini hanya tersimpan pada otak pemiliknya. Nah, berikut cara mengaktifkan fitur Two-step verification pada WhatsApp.

1. Masuk pada aplikasi WhatsApp, kemudian tampilkan menu pada titik tiga bagian kanan atas
2. Selanjutnya pilih Setting => Account => Two-step verification
3. Klik “Enable” untuk mengaktifkannya
4. Buatlah kode rahasia yang akan Anda gunakan (minimal 6 angka menggunakan kombinasi huruf dan angka)
5. Terakhir, Anda perlu memasukkan email untuk memulihkan kode rahasia tersebut jika suatu saat nanti lupa.

Mengaktifkan Pemindai Sidik Jari

Bagian dari menjaga keamanan akun WhatsApp adalah dengan mengaktifkan pemindai sidik jari. Sidik jari yang dimaksud ini bukanlah sidik jari saat Anda akan membuka kunci layar ponsel. Melainkan Pemindai Sidik Jari jika Anda akan membuka aplikasi WhatsApp pada perangkat Anda.

Fitur pemindai sidik jari ini pertama kalinya hadir pada WhatsApp sejak bulan November 2019 lalu. Dengan fitur ini dapat memberikan keamanan tambahan terutama untuk teman-teman sekitar Anda yang sering mengotak-atik smartphone kamu. Oleh karenanya, dengan mengaktifkan fitur ini, maka setiap kali Anda akan membuat aplikasi WhatsApp, akan diminta untuk melakukan pemindai sidik jari terlebih dahulu. Berikut cara Anda mengaktfikannya!

1. Masuk pada aplikasi WhatsApp, kemudian tampilkan menu pada titik tiga bagian kanan atas
2. Selanjutnya pilih Setting => Account => Privacy
3. Pada bagian bawah akan terdapat menu Fingerprint Lock, lalu aktifkan slider pada Unlock with fingerprint, untuk menggunakannya.
4. Maka Anda akan diminta melakukan pemindaian sidik jari yang sama dengan saat Anda melakukan pemindaian sidik jari untuk membuka layar ponsel.

Selalu Logout WhatsApp Web

WhatsApp Web menjadi salah satu faktor penyadapan akun WhatsApp. Bagaimana tidak, banyak orang yang lupa untuk me-logout akun WhatsApp-nya setelah menggunakannya pada komputer. Terutama jika komputer tersebut bukan milik pribadi, melainkan komputer rental yang hanya menyediakan pemakaian saja.

Hal ini berbeda jika Anda login menggunakan WhatsApp Web pada komputer/laptop milik pribadi. Karena tidak mungkin orang lain akan mamakai atau bahkan meminjam kepada Anda. Jadi setidaknya ini akan lebih aman walaupun Anda tidak logout terlebih dahulu setelah menggunakan WhatsApp Web. Namun alangkah lebih amannya, jika Anda harus selalu Logout setelah menggunakan WhatsApp Web. Berikut cara melakukannya.

1. Pada aplikasi WhatsApp, klik menu pada titik tiga bagian kanan atas
2. Pilih WhatsApp Web
3. Maka akan muncul beberapa daftar perangkat yang login dengan akun Anda
4. Selanjutnya pilih logout dari semua perangkat. Maka semua perangkat yang menggunakan akun WhatsApp Anda dengan menggunakan WhatsApp Web akan keluar dengan sendirinya.

Jangan Berikan Kode Verifikasi Kepada Orang Lain

Ini biasanya terjadi jika orang lain sudah mulai mengambil alih akun WhatsApp Anda. Penyadap akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS pada nomor ponsel Anda. Nah, saat ada orang yang meminta kode tersebut, dengan alasan apapun dan bagaimanapun, jangan pernah berikan kode yang tertera pada SMS tersebut. Maka dapat dipastikan penyadap akan kehilangan akses jika tidak mendapat kode verifikasi tersebut.

Semoga tulisan bisa bermanfaat untuk Anda dan meningkatkan kewaspadaan dalam mengelola akun WhatsApp Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.