5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Melacak Lokasi Teman Anda Dengan Akurat

  • Bagikan
Aplikasi Android Terbaik Untuk Melacak Lokasi
Aplikasi Android Terbaik Untuk Melacak Lokasi

Zaman yang semakin modern membuat Anda dapat melacak lokasi keberadaan teman Anda dengan mudah. Anda hanya perlu memanfaatkan ponsel Anda sebagai alat pelacak agar dengan mudah mengetahui lokasi seseorang melalui ponselnya juga.

Aplikasi Android Terbaik Untuk Melacak Lokasi
Aplikasi Android Terbaik Untuk Melacak Lokasi

image source

Memang kedengarannya agak menyeramkan, akan tetapi akhir-akhir ini kebanyakan orang terus-menerus menyiarkan keberadaan mereka melalui media sosial. Tentunya sekarang ini Anda dapat memanfaatkan beberapa aplikasi pengikis privasi namun yang tidak merugikan bagi Anda dan orang lain. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengetahui lokasi keberadaan seseorang secara akurat yang bisa Anda manfaatkan ketika akan bertemu dengan orang lain.

Nah, agar aplikasi ini dapat berjalan secara mulus, Anda perlu mengaktifkan GPS pada ponsel Anda dan juga ponsel target. Aplikasi ini tidak akan berjalan tanpa adanya GPS atau GPS yang tidak aktif. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melacak lokasi seseorang dengan akurat melalui ponsel Anda.

5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Melacak Lokasi Teman Anda

1. Glympse

Seiring berjalannya waktu, Glympse telah menjadi salah satu aplikasi lokasi paling populer yang bisa Anda temukan melalui Google Play Store. Premis utama aplikasi ini adalah dapat dengan cepat dan mudah berbagi lokasi GPS Anda dengan teman, keluarga, dan rekan kerja.

Salah satu fitur terbaik dari pelacak lokasi ini adalah penerima tidak perlu mendaftar untuk melihat lokasi Anda pada peta. Aplikasi ini dapat Anda akses melalui versi web. Hal itulah yang membuat Glympse berbeda dari aplikasi berbagi lokasi lainnya seperti WhatsApp dan Google Maps. Namun perlu Anda ketahui bahwa Google Maps memiliki fitur street view yang bisa Anda aktifkan untuk memudahkan dalam mencari jalan tertentu.

Glympse juga memiliki fitur keamanan penting, artinya semua “Glympses” secara otomatis kedaluwarsa setelah jangka waktu yang Anda tentukan. Dengan demikian tidak ada bahaya bahwa Anda akan lupa untuk mematikan berbagi lokasi dan secara tidak sengaja menyiarkan keberadaan Anda selama berjam-jam kepada orang lain.

Download: Glympse (Gratis)

2. Family Locator

Family Locator adalah aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk siapa saja yang memiliki anak dan ingin selalu memantaunya. Jadi Anda dapat terus mengikuti perkembangan lokasi mereka setiap saat secara realtime. Anda dapat menggunakannya untuk melihat lokasi real-time dari orang lain pada keluarga Anda yang juga menggunakan aplikasi sama.

Yang paling penting adalah, Family Locator memiliki tombol SOS untuk orang tua. Saat ini ditekan, akan segera menandai posisi anak-anak mereka melalui peta. Ini sangat berguna dalam perjalanan keluarga ruang publik yang cukup luas, di mana anak-anak cenderung berkeliaran sendiri.

Selain itu, orang tua juga dapat mengatur pemberitahuan sehingga mereka menerima peringatan ketika anak mereka mencapai tujuan tertentu (seperti sekolah atau rumah teman). Dan meariknya, aplikasi ini juga mendukung pembuatan zona aman/tidak aman; jika seorang anak melintasi batas, orang tua mendapat peringatan melalui ponselnya.

Tidak seperti Glympse, sesama pengguna harus menginstal Family Locator agar Anda dapat melihat lokasi mereka.

Download: Family Locator (Gratis, tersedia juga versi berbayar)

3. A-GPS Tracker

Meskipun penggunaan utama untuk banyak aplikasi dalam kategori ini adalah untuk mengawasi anak-anak Anda, namun hal ini juga berguna bagi siapa saja yang ingin mengetahui keberadaan lokasi seseorang.

Misalnya, Anda melakukan Hiking di daerah asing yang dapat menimbulkan bahaya nyata bagi keselamatan Anda. Jika cuaca tiba-tiba berubah, Anda bisa saja bisa tersesat. Karena itu, Anda perlu menginstal A-GPS Tracker pada perangkat Anda sebelum Anda berangkat.

Pengembang membuat peta dengan mempertimbangkan pejalan kaki lebih utamanya. Semua peta memiliki pengukuran ketinggian, dan koordinat lintang dan bujur untuk lokasi Anda yang tersedia dalam derajat dan UTM-WSG84. Anda juga dapat memuat rute pengguna lain dan mendapatkan alarm yang mudah Anda dengar jika Anda menyimpang terlalu jauh dari lokasi yang seharusnya Anda lalui.

Download: A-GPS Tracker (Gratis, tersedia versi berbayar)

4. Geo Tracker

Geo Tracker adalah sebuah aplikasi pelacakan GPS lain yang patut Anda pertimbangkan. Seperti A-GPS Tracker, ini terutama ditujukan untuk orang-orang yang menghabiskan waktu di luar.

Fitur lainnya yang juga tersedia adalah dukungan untuk Yandex Maps (jika Anda berada di negara saat Yandex Maps lebih unggul dari Google Maps, seperti Rusia). Dan yang paling penting adalah Anda masih dapat berbagi lokasi dengan teman dan keluarga.

Download: Geo Tracker

5. Life360

Life360 menggunakan “Lingkaran” untuk mengelola dengan siapa Anda berbagi lokasi. Jadi, apakah Anda ingin aplikasi melacak teman atau keluarga Anda. Anda juga dapat memilih kapan Anda berbagi lokasi dengan setiap Lingkaran yang sudah Anda tandai. Misalnya, Anda mungkin ingin berbagi lokasi dengan teman-teman Anda saat keluar malam namun tidak pada setiap malam.

Download: Life360 (Gratis)

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.