5 Cara Cepat Mengatasi Smartphone Lemot

Memang setelah lama digunakan, ponsel bisa jadi akan terasa lebih lambat dibandingkan saat pertama kali digunakan. Ini biasanya karena seiring waktu, data di ponsel kita senantiasa bertambah, baik dari semakin banyaknya aplikasi maupun data yang diisikan di dalamnya.

Walau sejumlah aplikasi dihapus, tidak serta merta data ‘bekas’ aplikasi juga terhapus. Ini tergantung sekali dengan bagaimana aplikasi tersebut dibuat developer. Sisa data ini sering disebut sampah, dan aplikasi yang dihapus sering meninggalkan banyak broken link, yang walau sudah tidak digunakan, tetap dibaca oleh prosesor.

Smartphone Lemot
Smartphone Lemot – Source: cdn-image.hipwee.com

Terkadang juga ada aplikasi yang tidak bersih. Pasalnya, di belakang ia menginstall lagi aplikasi-aplikasi lain, dan terkadang malware, yang jalan terus-menerus walau tidak lagi digunakan dan membebani kinerja SoC dan memakan RAM. Ini termasuk aplikasi-aplikasi yang kita instal tetapi menuntut untuk selalu di-loading di awal, seperti launcher dan widgets-widgets menarik.

Cara paling mudah mengatasi ponsel yang melambat, secara berkala gunakan aplikasi pembersih sampah, kebanyakan para vendor sudah memberikannya sebagai aplikasi bagian dari OS, seperti Device Care di Samsung, iManager di Vivo, dan lain sebagainya. Cukup sekali tekan untuk optimalisasi, akan membuang sisa-sisa sampah.

Jika di smartphone Anda tidak ada aplikasi bawaannya, bisa langsung menginstal aplikasi pembersih yang ada di Google Play Store. Nah dalam artikel kali ini saya akan memberikan cara agar smartphone Anda tidak lemot walaupun sudah digunakan bertahun-tahun. Pasti Anda penasaran bukan ? Simak artikelnya berikut ini!

Berikut ini adalah cara membuat smartphone tidak mudah lemot :
1. Menghapus Aplikasi
Menghapus Aplikasi
Menghapus Aplikasi – Source: cdns.klimg.com

Untuk Anda yang sering banyak memiliki aplikasi pada smartphone Anda lebih baik dihapus jika tidak dipakai. Karena di jaman sekarang banyak masyarakat yang menginstal aplikasi di smartphone mereka namun tidak menggunakannya sehingga akan membuat smartphone semakin lemot.

2. Matikan Fitur Auto Run

Fitur Auto Run
Fitur Auto Run – Source: jurnalapps.co.id

matikan fitur auto run / auto start pada aplikasi yang sudah terinstall atau terpasang pada hp android,tahukan anda jika ketika hp di hidupkan banyak aplikasi yang kita install berjalan di balik layar.

Menggunakan Aplikasi Lite dan Browser

Menginstal Aplikasi Lite
Menginstal Aplikasi Lite – Source: cdn02.indozone.id

Gunakan aplikasi lite dan browser saja untuk membuka media sosial,seperti facebook line,dll,dengan aplikasi lite hanya menggunakan kapasitas memori dan ram lebih kecil,untuk aplikasi media seperti facebook dan twitter saya lebih menyarankan anda menggunakan browser saja ketimbang menggunakan aplikasi.

Menghapus Widget

Menghapus Widget
Menghapus Widget – Source: 4.bp.blogspot.com

Widget memang membuat tampilan menu jadi lebih menarik dan memudahkan memantau beberapa aplikasi, tetapi hal ini juga akan membuat ponsel menjalankan banyak aplikasi yang membuat traffic padat dan terjadilah kelambanan kinerja ponsel.

Menghapus Cache di Setiap Aplikasi

Menghapus Cache
Menghapus Cache – Source: cms.dailysocial.id

Cache adalah penyimpanan data sementara di aplikasi yang sedang atau pernah dipakai. Fungsi Cache adalah untuk mempercepat dan memperlancar ponsel beroperasi, akan tetapi ini bisa membuat kinerja ponsel menjadi lemot. Sebaiknya bersihkan memori Cache yang tidak dibutuhkan di menu setting “Clear Cache”.

Itulah lima cara untuk mengatasi smartphone lemot Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.