5 Hal ini Bisa Membuat Baterai Ponsel Anda Cepat Habis

  • Bagikan
Mengatasi Baterai Cepat Habis
Mengatasi Baterai Cepat Habis

Seringkah Anda mengalami baterai ponsel tiba-tiba boros tanpa diketahui penyebabnya? Ada banyak kemungkinan bisa terjadi yang menyebabkan baterai ponsel menjadi boros alias cepat habis.

Hal ini Bisa Membuat Baterai Ponsel Anda Cepat Habis
Hal ini Bisa Membuat Baterai Ponsel Anda Cepat Habis

image source

Sebagai pengguna, Anda setidaknya harus pandai dalam menganalisa masalah yang seringkali terjadi pada ponsel Anda. Hal penting dan utama yang sering menjadi masalah adalah ketahanan daya ponsel alias baterai. Baterai menjadi sumber daya utama dalam kehidupan ponsel. Tanpa baterai ponsel tidak akan dapat hidup dan berfungsi sebagaimana mestinya. Makanya tidak jarang banyak orang yang ingin membeli ponsel dengan mempertimbangkan besarnya daya baterai yang digunakan.

Namun begitu, ada beberapa hal yang mungkin tidak Anda sadari telah membuat baterai ponsel Anda menjadi boros. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda waspadai pada ponsel Anda agar baterai tidak mudah terkuras habis.

Aplikasi

Banyak aplikasi perlu mendapat perhatian khusus dari Anda, karena ada beberapa aplikasi yang ternyata memiliki kinerja cukup berat namun tidak begitu penting. Padahal aplikasi tersebut banyak mengkonsumsi daya pada latar belakang. Misalnya seperti aplikasi Screen Off yang berfungsi dapat mematikan layar ponsel secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah Anda tentukan.

Dengan ponsel yang semakin pintar, aplikasi yang demikian selalu mendapat respon khusus yang memberitahu kepada pengguna bahwa mengkonsumsi baterai terlalu banyak. Oleh karenanya, Anda bisa mematikan atau menghentikan paksa aplikasi tersebut agar tidak terlalu membuat baterai ponsel cepat habis.

Selain itu, Anda dapat mengecek aplikasi mana yang membuat baterai cepat habis melalui menu Setting => Battery.

Baterai atau Charger Bermasalah

Salah satu pemicu baterai ponsel cepat habis adalah baterai atau charger ponsel yang bermasalah. Maka dari itu, selalu disarankan bagi Anda untuk menggunakan charger bawaan dari ponsel itu sendiri. Jangan sampai mengganti kabel ataupun adaptor lain jika tidak ingin masalah ini terjadi.

Walaupun terkesan sepele namun ini memberikan dampak yang sangat besar pada ketahanan dan masa pakai baterai ponsel Anda.

Google Play Services

Masalah lain yang juga kerap terjadi adalah timbul dari aplikasi Google yang memakan baterai cukup besar, yakni Google Play Service. Sayangnya Anda tidak bisa menghapusnya karena aplikasi ini sangat penting untuk mendukung kinerja ponsel agar dapat bekerja dengan maksimal.

Nah, untuk menanggulangi masalah baterai boros karena Google Play Services, Anda bisa masuk ke menu Setting => Applications => All Application => Google Play Services.

Selanjutnya Anda bisa mengklik Clear Cache untuk me-refresh aplikasi tersebut. Selain itu, Anda juga perlu mengecek secara berkala pembaruan dari aplikasi tersebut jika Anda mematikan pembaruan otomatis pada Google Play Store.

Auto Brightness

Walaupun fitur ini terbilang cukup penting dan bermanfaat karena dapat mengatur kecerahan ponsel secara otomatis sesuai kondisi sekitar. Namun siapa sangka jika ini memiliki pengaruh besar terhadap baterai ponsel Anda. Jika Anda mengalami masalah baterai yang cepat habis, Anda dapat mencoba mematikan fitur ini jika dalam posisi aktif.

Atur Waktu Sleep

Sebagai salah satu upaya untuk memperpanjang masa pakai baterai ponsel, Anda dapat mengatur waktu tidur ponsel dengan waktu yang sangat pendek. Agar ketika ponsel tidak Anda gunakan, layar akan cepat mati dan tidak banyak mengkonsumsi daya secara sia-sia.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.