5 Langkah Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri

Ghost Touch alias layar HP bergerak sendiri. Masalah ini adalah masalah yang terjadi pada layar HP Android, dimana touchscreen mengalami error. Hal ini cukup bikin repot, apalagi kalau lagi chatting-an. Pasti sering terjadi misstyped (Typo) yang bisa bikin bahasa jadi acak-acakan..

Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri
Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

Ada juga error lainnya seperti menggeser sendiri (entah kesamping, keatas atau kebawah), dan paling parah bahkan touchscreen HP jadi tidak bisa dipencet. Penyebabnya bisa jadi karena banyak hal, namun yang perlu kamu ketahui yakni bagaimana cara mengatasinya Step by Step sehingga dapat menjadikan touchscreen kamu berjalan normal kembali.

Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri

Restart Smartphone Android

Cara awal untuk mengatasi segala permalasahan yang ada pada android. Karena pada saat ponsel direstart maka program yang berjalan pun akan dimatikan, sehingga pada saat ponsel menyala kembali tidak ada aplikasi yang berjalan. Bisa saja layar Android bergerak sendiri karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada latar belakang, sehingga membuat ponsel kehabisan RAM dan membuat layar menjadi error.

Screen Protector

Jika kamu menggunakan pelindung layar, dan ponsel Anda mengalami Ghost Touch. Silahkan untuk mengeceknya bisa saja karena pelindung layar dipakai kotor. Jadi Anda bisa coba untuk membersikannya atau langsung melepasnya.

Overheating

Pada dasarnya ponsel Android memiliki batas pemakaian, jika Anda menggunakannya secara berlebihan dan terjadi overheating atau panas berlebihan pada bagian mesin. Bisa saja ini menjadi penyebab layar Android Anda bergerak sendiri. Untuk mengatasinya silakan Anda tutup aplikasi yang tidak digunakkan, atau dengan cara mematikkan ponsel lalu cabut baterai dan diamkan beberapa menit.

Kalibrasi Touch Screen

Cara ini banyak dilakukakan karena cukup mudah, untuk mengatasi masalah ghost touch Anda bisa mencobanya dengan cara ini. Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan yaitu aplikasi Kalibrasi Layar Sentuh yang ada di Play Store, atau kamu bisa melakukannya dengan menekan kode rahasia smartphone kamu, biasanya kode ini sesuai dengan merk HP yang kamu gunakan.

Factory Reset

Langkah paling terakhir yaitu dengan cara mengembalikkan ponsel seperti Anda baru membelinya, caranya cukup mudah. Anda buka Pengaturan => Cadangkan => Reset data pabrik. Tapi ingat jika Anda ingin melakukannya pastikan baterai ponsel Anda berada diatas 60% dan data yang ada di memori internal akan terhapus. Jadi pastikkan Anda membackupnya terlebih dahulu.

Jika langkah ini tetap tidak berhasil, maka sudah di pastikan jika kamu sudah saatnya mengganti Touch Screen Smartphone kamu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.