5 Tips Melindungi Smartphone dari Ancaman Malware

  • Bagikan
Tips Melindungi Smartphone dari Ancaman Malware
Tips Melindungi Smartphone dari Ancaman Malware

Sebagai pemiliki smartphone, Anda harus selalu melindungi ponsel Anda dari berbagai ancaman yang terjadi, salah satunya ancaman Malware. Malware merupakan sesuatu yang harus Anda waspadai bagi pengguna yang memiliki aktifitas sehari-harinya tidak terlepas dari jaringan internet.

Tips Melindungi Smartphone dari Ancaman Malware
Tips Melindungi Smartphone dari Ancaman Malware

image source

Malware biasanya banyak digunakan oleh cybercriminal (penjahat dunia maya) untuk mencuri data, menyebabkan kekacauan, dan yang paling parah merusak perangkat. Data-data yang mereka curi bisa berupa data kartu kredit, catatan kesehatan, email dan kata sandi pribadi atau identitas pribadi. Bahkan bisa juga menambang bitcoin atau mata uang kripto lainnya yang ada pada perangkat Anda. Namun, ada pula malware yang memang mereka buat untuk tujuan lain seperti alat untuk menguji keamanan suatu perangkat, protes, bahkan senjata perang antar pemerintah.

Oleh karenanya, pada zaman yang semakin modern saat ini, Anda harus selalu waspada terhadap perangkat Anda terutama smartphone yang menyimpan banyak data Pribadi. Berikut Penulis berikan 5 tips melindungi smartphone dari ancaman Malware.

5 Tips Melindungi Smartphone dari Ancaman Malware

Jangan Sembarang Instal Aplikasi

Hal utama yang harus selalu Anda jaga adalah saat akan menginstal aplikasi. Jangan sembarang menginstal aplikasi yang aneh bahkan tidak Anda kenal terutama yang beriming-iming profit. Apalagi Anda menginstal aplikasi melalui .apk yang Anda download dengan mudah melalui Google. Karena versi APK tentunya lebih rentan ketimbang aplikasi yang ada pada Google Play Store.

Salah satu cara terbaik menginstal aplikasi yaitu dengan membaca terlebih dahulu review dari aplikasi yang akan Anda unduh. Cara ini sebenarnya ibarat Anda akan membeli barang secara online, pasti Anda tidak mau jika barang yang datang tidak sesuai deskripsi penjual. Begitu juga dengan aplikasi, terkadang aplikasi yang ditawarkan tidak sesuai dengan deskripsinya dan justru mengandung malware. Lakukan peningkatan privasi pada ponsel Anda agar tidak mudah kena Malware atau hacker.

Hindari Klik Iklan Pop-Up

Salah satu cara penyusup memasukkan Malware adalah melalui iklan yang mereka tayangkan. Maka dari itu, Anda jangan sekali-kali mengklik iklan yang muncul pada aplikasi atau pada saat Anda melakukan browsing. Karena khawatir iklan tersebut hanya berisi malware yang jika Anda klik, akan langsung masuk ke perangkat yang Anda gunakan.

Memang sebagian besar iklan pop-up umumnya mengarah ke iklan dan situs web lain. Namun pada beberapa iklan pop-up memaksa pengguna untuk memasang malware pada perangkat tanpa disadari. Karenanya, hindari klik saat Anda ketemu dengan iklan terutama yang menurut Anda mencurigakan.

Hindari Klik Tauntan / Link Aneh

Hal ini biasanya banyak Anda temukan pada pesan broadcast seperti WhatsApp, Telegram atau aplikasi perpesanan lainnya. Tautan aneh dari teman dan kontak juga harus dihindari kecuali pengguna telah mamastikan itu aman. Seperti halnya tentang adanya bantuan dari pemerintah, atau hadiah undian dari badan tertentu. Namun pada link tersebut tidak menunjukkan situs resmi dari badan tersebut, maka jangan Anda klik tautan tersebut. Karena hal ini akan mengarah pada akal-akalan para penyusup yang menyisipkan Malware pada tautan tersebut.

Oleh karenanya, Anda tentunya juga harus mengetahui apakah ponsel Android Anda telah tersusupi Malware atau tidak. Sehingga tidak mengakibatkan pencurian data pada perangkat Anda.

Gunakan Kata Sandi Berlapis

Tujuan utama malware adalah untuk mengganggu operasi atau mengumpulkan informasi pribadi / sensitif. Sehingga salah satu langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi ponsel Anda dari sumber luar adalah mengatur kata sandi. Double protect juga lebih disarankan. Misalnya, pemindaian sidik jari atau face unlock dan tambah kode sandi menggunakan angka atau kata. Ini mungkin bukan perlindungan malware, tetapi itu adalah perlindungan spyware dan cara yang bagus untuk bertahan melawan intrusi.

Perbarui Sistem Operasi Anda

Langkah terakhir, yakni pastikan untuk terus memperbarui sistem operasi (OS) Anda segera setelah versi baru tersedia. Karena menjalankan OS yang ketinggalan zaman adalah sasaran empuk bagi malware jahat yang selalu mengintai Anda.

Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.