6 Fitur Terbaik Samsung Galaxy Z Fold 3 Yang Wajib Anda Tahu!

  • Bagikan
Fitur Samsung Galaxy Z Fold 3
Fitur Samsung Galaxy Z Fold 3

Dari desainnya, Samsung Galaxy Z Fold 3 mungkin terlihat seperti pendahulunya. Akan tetapi tahukah Anda jika Samsung diam-diam telah mengubah hampir setiap aspek utama perangkatnya tersebut. Melalui ponsel lipat unggulan tahun 2021 ini perusahaan mengemas beberapa perubahan dan peningkatan yang signifikan salah satunya melalui fitur-fiturnya.

Fitur Samsung Galaxy Z Fold 3
Fitur Samsung Galaxy Z Fold 3

image source

Mari kita lihat bersama semua fitur dan peningkatan teratas yang telah Samsung ubah untuk membuat Galaxy Z Fold 3 lebih memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan mengesankan dan berbeda dari sebelumnya.

Inilah 6 Fitur Terbaik Samsung Galaxy Z Fold 3

1. Peningkatan Keandalan (Reliability)

Semua ponsel lipat yang meluncur sejauh ini telah terganggu dengan masalah keandalan yang tidak benar-benar meyakinkan. Namun berbeda untuk saat ini, Samsung mengubahnya dengan perangkat terbarunya Galaxy Z Fold 3 tahun ini.

Perusahaan menggunakan bingkai Armor Aluminium pada perangkat, yang diklaim sebagai “bingkai aluminium terkuat” yang pernah anda. Bingkai hingga 10% lebih tahan lama dan membantu melindungi engsel dan bagian dalam perangkat.

Peningkatan keandalan tidak hanya itu saja. Samsung juga menggunakan lapisan panel dan film pelindung bagian atas Kaca Ultra Tipis pada layar lipat untuk meningkatkan keandalannya hingga 80%. Bulu-bulu yang ada dalam engsel sekarang lebih pendek, yang membantunya mengusir debu dan menjaga daya tahan dengan lebih baik.

Anda tetap harus menghindari penggunaan benda tajam seperti kuku pada layar lipat Fold 3. Kaca Ultra Tipis pada perangkat ini masih belum sekuat kaca penutup smartphone seperti biasanya.

Peningkatan Keandalan Galaxy Z Fold 3
Peningkatan Keandalan Galaxy Z Fold 3

2. Ponsel Lipat Tahan Air Pertama di Dunia

Galaxy Z Fold 3 tidak hanya lebih andal tetapi juga tahan air dan ini satu-satunya ponsel lipat tahan air di dunia saat ini. Faktanya, Samsung dengan bangga mengatakan bahwa ponsel ini adalah ponsel lipat tahan air pertama dengan sertifikasi IPX8.

X dalam sertifikasi IPX8 menunjukkan bahwa Galaxy Z Fold 3 tidak hanya memiliki sertifikasi sebagai tahan debu. Sedangkan untuk 8, itu adalah peringkat tertinggi terhadap suatu perangkat konsumen karena kemampuan tahan airnya yang lebih mumpuni.

3. Kamera Bawah Layar

Galaxy Fold 3 adalah ponsel pertama Samsung yang memiliki fitur kamera bawah layar. Kamera 4MP tersembunyi pada bagian bawah layar yang dapat Anda lipat dan nyaris tidak terlihat sama sekali.

Berkat kamera bawah layar inilah Galaxy Z Fold 3 menawarkan pengalaman menonton yang benar-benar imersif saat menonton konten pada layar lipatnya. Resolusi 4MP mungkin terdengar rendah, tetapi cukup baik untuk panggilan video dan acara virtual Anda. Jika Anda ingin mengambil selfie berkualitas, Anda selalu dapat menggunakan kamera selfie 10MP yang terletak pada layar sampul.

4. Memiliki Dukungan S Pen

Galaxy Z Fold 3 adalah perangkat lipat pertama Samsung yang memiliki dukungan S Pen. Perusahaan telah merancang S Pen khusus yang berfungsi dengan layar lipat Fold 3.

Berbeda dengan seri Galaxy Note, Galaxy Z Fold 3 tidak memiliki slot S Pen khusus. Sebagai gantinya, Anda harus membeli casing khusus dari Samsung yang memiliki slot untuk menampung S Pen tersebut.

S Pen Khusus Galaxy Z Fold 3
S Pen Khusus Galaxy Z Fold 3

5. Aplikasi dan Multitasking yang Lebih Baik

Samsung telah bekerja sama dengan Microsoft, Google, Spotify, dan pengembang pihak ketiga lainnya untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Banyak aplikasi seperti Google Chrome dan Spotify akan beralih ke tata letak tablet pada Galaxy Z Fold 3 untuk memanfaatkan layar 7,6 incinya dengan lebih baik.

Untuk multitasking yang lebih baik, Samsung telah meningkatkan implementasi Multi-Window-nya. Sekarang Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi dalam mode berjendela secara bersamaan. Plus, ada Taskbar baru yang dengan mudah memungkinkan Anda beralih antar aplikasi Anda tanpa harus menggunakan tombol navigasi atau gerakan.

6. Harganya yang Lebih Terjangkau

Terlepas dari semua perbaikan yang Samsung lakukan pada Galaxy Z Fold 3 tahun ini, perusahaan sebenarnya telah menurunkan harganya. Pada Galaxy Fold 2 tersedia seharga $ 1.999 atau setara Rp28 jutaan saat pertama kali diluncurkan. Sebagai perbandingan, Galaxy Fold 3 membawa label harga awal yang lebih terjangkau yaitu $1.799 atau Rp25 jutaan.

Galaxy Z Fold 3 adalah paket yang jauh lebih baik daripada Galaxy Z Fold 2. Karena Samsung semakin mempermanis kesepakatan dengan label harga yang lebih rendah.

Galaxy Z Fold 3: Ponsel Lipat yang Mengesankan

Mengingat semua peningkatan yang ada pada Galaxy Z Fold 3, jelas bahwa perusahaan sedang mencoba membuat jajaran produk lipatnya menjadi mainstream.

Perusahaan telah membuat beberapa perbaikan nyata pada Fold 3 yang menjadikannya alternatif yang layak untuk smartphone unggulan lainnya di pasaran. Termasuk seri iPhone 12 Pro dan Galaxy S21 Ultra milik Samsung sendiri.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.