6 Hal Penting yang Bisa Anda Lakukan Pada Grup WhatsApp

  • Bagikan
Grup WhatsApp
Grup WhatsApp

Sebagai pengguna WhatsApp, Anda tentunya memiliki banyak Grup WhatsApp sebagai media berkomunikasi khusus antar komunitas. Grup WhatsApp memiliki fungsi sebagai wadah berdiskusi ataupun bertukar informasi menjadikan perkembangan informasi dalam sebuah organisasi dapat berjalan lebih efektif.

Hal Penting Bisa Anda Lakukan pada Grup WhatsApp
Hal Penting Bisa Anda Lakukan pada Grup WhatsApp

image source

Namun tidak bisa Anda pungkiri, dari beberapa Grup tersebut, sebagian lainnya hanya sebagai media lucu-lucuan. Ini biasanya Grup antar teman sejawat yang mungkin dapat menjadi hiburan dengan teman-teman Anda. Akan tetapi tidak sedikit juga adanya Grup tersebut hanya membuat Anda sering terganggu dalam setiap harinya. Misalnya Grup yang terlalu aktif, bahkan setiap saat selalu berdering dengan hal-hal yang tidak penting. Oleh karenanya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan pada Grup WhatsApp untuk membuat Anda tetap nyaman dalam menggunakan WhatsApp.

Dengan ini, setidaknya dapat mengubah suasana Grup menjadi lebih menyenangkan, bahkan tidak terlalu menggunakan banyak space dengan media yang dalam grup tersebut.

6 Hal Penting yang Bisa Anda Lakukan Pada Grup WhatsApp

Membisukan Notifikasi

Membisukan Notifikasi
Membisukan Notifikasi

Jika Anda anggap Grup WhatsApp tersebut sering mengganggu Anda dengan seringnya berbunyi, maka solusinya Anda dapat membuatnya Bisu alias Senyap. Jadi saat ada pesan masuk dalam Grup, maka tidak akan muncul bunyi dering atau notifikasi.

Untuk melakukannya, Anda bisa terlebih dahulu masuk ke dalam grup yang ingin Anda Bisukan. Lalu pilih opsi titik tiga yang biasanya ada pada bagian kanan atas. Pilih opsi mute notification dan nantinya akan ada pilihan waktu berapa lama Anda akan membisukannya.

Balas Pesan Dengan GIF atau Stiker

Balas Pesan Dengan GIF atau Stiker
Balas Pesan Dengan GIF atau Stiker

Saat Anda sedang malas mengetik balasan dalam pesa Grup Anda, maka Anda bisa memanfaatkan Balasan dengan GIF atau Stiker yang Anda miliki. Untuk menggunakan GIF, coba menuju kotak mengetik pesan, lalu pilih emoticon pada sebelah kiri. Nanti di bagian paling bawah akan ada pilihan GIF. Pilih gambar-gambar yang lucu sesuai dengan pesan balasan yang ingin Anda kirimkan.

Namun selain itu, Anda juga membalas pesan tersebut dengan stiker yang sudah Anda kumpulkan pada aplikasi WhatsApp.

Hapus Pesan yang Tidak Ingin Anda Lihat

Hapus Pesan yang Tidak Ingin Anda Lihat
Hapus Pesan yang Tidak Ingin Anda Lihat

Sebagai anggota Grup tentunya ada sebagian anggota lain yang mengirimkan pesan namun tidak Anda sukai. Jangan ambil pusing, segera hapus pesan tersebut langsung dari Grup WhatsApp Anda. Maka secara otomatis, Anda tidak akan melihat pesan tersebut, namun anggota lain masih tetap bisa melihatnya. Jadi tidak mengganggu jika anggota Grup lainnya ingin membaca pesan tersebut.

Caranya dengan pilih pesan yang masuk pada Grup Anda, tahan pada pesan tersebut, dan nantinya akan ada pilihan bergambar sampah pada bagian atas aplikasi. Pilih ikon tersebut.

Bersihkan Chat Grup Anda

Hapus Chat Grup Anda
Hapus Chat Grup Anda

Membersihkan chat Grup hanya akan berfungsi bagi Anda, sedangkan anggota grup masih bisa melihatnya. Hal ini jika Anda tidak ingin pesan terlalu banyak menumpuk sehingga akan berakibat pada space yang ada pada ponsel Anda.

Caranya dengan memilih Bersihkan Chat yang bisa Anda akses pada opsi titik tiga dalam grup tersebut.

Mengeluarkan Anggota Pada Grup

Mengeluarkan orang Pada Grup
Mengeluarkan orang Pada Grup

Jika Anda sebagai Admin grup, maka Anda memiliki akses untuk mengeluarkan siapa saja yang Anda kehendaki. Jadi jika ada anggota yang selalu mengirim pesan-pesan aneh yang meresahkan, maka Anda dapat dengan mudah mengeluarkannya.

Caranya masuk ke Profil Grup WhatsApp Anda, nantinya Anda akan masuk ke bagian yang berisikan anggota grup tersebut. Pilih anggota Grup yang mengganggu tersebut, lalu kamu hanya perlu klik ‘Keluarkan…..“.

Keluar dari Grup

Tinggalkan Grup
Tinggalkan Grup

Selain bisa mengeluarkan anggota dari Grup tersebut, Anda juga bisa dengan mudah meninggalkan Grup jika merasa Grup sudah kurang memiliki manfaat bagi Anda.

Caranya cukup pilih opsi titik tiga pada grup Anda, pilih Lainnya, dan pilih Keluar dari Group. Cara lainnya adalah tahan ketukan pada grup Anda, nanti akan keluar pilihan titik tiga. Lalu masuk dalam pilihan tersebut dan pilih opsi Keluar dari Group. Bahkan Anda dapat menghentikan orang lain yang sering memasukkan Anda ke Grup WhatsApp apapun.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.