6 Penyebab Laptop Cepat Rusak yang Harus Anda Tahu

Di era jaman modern banyak masyarakat yang sudah menggunakan perangkat elektronik sebagai pembantu pekerjaan sehari-hari. Salah satu elektronik yang juga banyak digunakan sampai saat ini adalah Laptop. Pastinya, ketika Anda bekerja menggunakan laptop maka Anda menginginkan agar laptop yang Anda miliki bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Jika Anda bekerja sehari-hari menggunakan laptop, maka Anda harus menjaga dan merawat laptop tersebut. Kenapa begitu ? karena ketika Anda mengalami laptop yang rusak pastinya akan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Contohnya, ketika penyimpanan hardisk sudah rusak atau tidak terbaca lagi maka Anda harus membeli hardisk baru.

6 Penyebab Laptop Cepat Rusak
6 Penyebab Laptop Cepat Rusak

Oleh karena itu, untuk Anda yang bekerja sehari-hari dengan laptop harus menghindari hal-hal yang dapat mempercepat rusak laptop tersebut. Selain itu, penyebab laptop rusak tidak selalu diakibatkan oleh kualitas laptop yang tidak mumpuni. Padahal penyebab laptop rusak karena kebiasaan Anda ketika menggunakan laptop tanpa disadari bisa mempercepat laptop rusak.

Bagi Anda pengguna laptop yang ingin laptopnya bisa digunakan bertahan lama maka harus merawat laptop tersebut. Tidak hanya merawat, namun Anda juga harus mengetahui penyebab laptop cepat rusak karena kebiasaan buruk Anda ketika menggunakannya. Nah dalam artikel ini kami akan memberikan 6 penyebab laptop bisa cepat rusak.

6 Penyebab Laptop Cepat Rusak

1. Mengecas Laptop Walaupun Baterai Belum Habis

Pastinya ketika menggunakan laptop dan baterai laptop mau habis akan ada notifikasi bahwa daya baterai hampir habis. Dengan adanya notifikasi tersebut langsung saja charge laptop yang Anda gunakan.

2. Charge ke Laptop Dulu Sebelum ke Listrik

Penyebab yang satu ini pastinya banyak dilakukan oleh pengguna laptop yaitu mengecas terlebih dahulu lalu pasang charge ke listrik. Padahal yang harus Anda lakukan adalah memasang charge ke listrik kemudian baru ke laptop.

3. Mengecas Laptop Tanpa Baterai

Penyebab ini karena kebiasaan buruk Anda ketika menggunakan laptop. Disaat Anda ingin lama bermain laptop dan takut baterai laptop rusak maka melepas serta mengecasnya tanpa baterai. Padahal tindakan yang Anda lakukan dapat merusak motherboard laptop ketika listrik padam dan Anda tidak mematikannya terlebih dahulu.

4. Adanya Benda Bersifat Magnet di Dekat Laptop

Hal yang harus Anda ingat adalah jangan pernah meletakan benda yang mempunyai wifat magnet ke benda-benda elektronik seperti laptop atau karena bisa menyebabkan kerusakan.

5. Menutup Laptop dengan Kondisi Laptop Hidup

Banyak pengguna laptop langsung menutup laptop dalam keadaan menyala. Padahal jika dilakukan terlalu sering seperti itu akan berdampak berbahaya untuk keamanan dan performanya.

6. Jarang Membersihkan Laptop

Untuk Anda yang selalu sering menggunakan laptop jangan lupa dibersihkan karena debu yang menempel pada komponen dapat mengganggu kinerja laptop tersebut.

Itulah 6 penyebab laptop cepat rusak yang biasa dilakukan oleh kebiasaan pengguna. Untuk Anda yang tertarik dengan cara merawat smartphone bisa dilihat disini. Semoga bermanfaat dan jangan lewatkan tips menarik lainnya disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.