7 Langkah Cepat Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Download di PlayStore

  • Bagikan
play store app
play store app

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Download di PlayStore. Kali ini pandudroid akan memberikan tips maupun trik Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Mendownload Aplikasi, mungkin masih banyak droiders disini yang masih terkendala dengan Toko Aplikasi untuk android ini.

Google Playstore
Google Playstore

Play Store merupakan Toko Aplikasi yang disediakan oleh Google, pengembang sistem operasi ponsel android, yang digunakan untuk memudahkan dalam proses pengembang serta pengayaan fitur pada ponsel android anda. Di dalam Play Store tidak seperti toko yang terdapat di dunia nyata yang semuanya harus bayar jikalau kita mengambil barang, namun di Play Store kita juga dapat menemukan dengan mudah aplikasi-aplikasi yang tak berbayar ataupun gratis.

Lanjut pada fungsi Play Store, Play Store sampai sekarang masih menjadi The Best App Market di android. Tak salah, karena beribu-ribu bahkan berjuta-juta aplikasi. Dari data The Verge tahun 2013, jumlah aplikasi pada Play Store pada saat itu berjumlah 1 Juta aplikasi, bayangkan jumlahnya pada tahun ini. Sehingga para developer terus berlomba-lomba memberikan karya terbaiknya untuk pada pangguna Android.

Cara mengatasi Google Play Store yang tidak bisa Download Aplikasi

Mungkin ada beberapa kesalahan yang belum anda perbaiki, sehingga Playstore tidak dapat merespon permintaan yang anda minta melalui marketnya. Di antara beberapa kesalahan tersebut di antaranya:

  1. Jam pada ponsel anda belum di atur
    Waktu merupakan faktor yang mempengaruhi sebab Play Store yang tidak dapat membuka atau Jaringan bermasalah. Sebaiknya waktu pada ponsel anda sesuaikan dengan waktu jaringan, caranya masuk ke Pengaturan > Waktu > Sesuaikan dengan lokasi yang anda tempati saat ini.
  2. Hapus Cache Google Play Store
    Cache biasanya yang paling menyebabkan atau faktor utama dari gagalnya mengunduh aplikasi dengan Play Store. Bukalah pengaturan > Aplikasi > Google Play Store > Hapus Cache. Setelah menghapus cache, maka cobalah untuk masuk ke aplikasi Play Store dan coba unduh aplikasi.
  3. Periksa ruang penyimpanan memory internal pada android
    Ruang memori sangatlah berpengaruh dalam penyebab Play Store yang Tidak Bisa Mendownload Aplikasi ini, oleh karenanya cobalah cek terlebih dahulu space kosong di dalam memori internal anda. Dengan cara masuk ke pengaturan > Penyimpanan > Lihat Space kosong. Apabila dirasa kurang mencukupi, dianjurkan untuk menghapus aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting atau tidak digunakan. Setelah itu coba masuk ke Play Store dan mulai mengunduh.
  4. Test Koneksi Internet
    Koneksi internet merupakan faktor yang sangat mempengaruhi, karena saat membuka dan mengunduh aplikasi memerlukan koneksi dan kuota. Oleh karena itu, terlebih dahulu anda disarankan untuk mengecek paket data dan kuota yang anda miliki.
  5. Test menggunakan provider lainnya atau menggunakan WiFi
    Kadang kalanya provider anda yang tidak dapat mengunduh, atau juga memang kuota anda yang sudah limit. Saran kami sebelum melangkah jauh sampai Install Ulang, Factory Reset, sampat flashing, lebih baik anda mencoba menggunakan provider lain atau juga dapat menggunakan sambungan internet Wi-Fi.
  6. Restart Ponsel
    Restart atau matikan dan nyalakan kembali ponsel anda, setelah itu coba kembali untuk mengunduh aplikasi.
  7. Factory Reset (Mengembalikan Setelan Pabrik)
    Langkah Selanjutnya apabila dari cara-cara diatas tidak berhasil, langkah akhir yang perlu anda ambil adalah mengembalikan seluruh data dan pengaturan ke setelan pabrikan. Dengan catatan semua data, aplikasi akan hilang semua dan layaknya seperti pertama membeli ponsel.

Tetapi jika 7 langkah cepat di atas belum juga membuahkan hasil, sudah dipastikan penyebabnya karena system android-nya yang Crash/Error disebakan karena ada beberapa data system yang terhapus. Jika demikian, maka sekedar factory reset tidak akan mampu memperbaikinya. Caranya adalah dengan cara memasukkan system baru pada ponsel android anda/melakukan install ulang dengan firmware baru sesuai dengan seri hp android yang anda miliki.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.