7 Tips Cerdas Gunakan Google Play Store Yang Harus Anda Lihat

Google Play Store yang sebelumnya bernama Android Market, adalah layanan distribusi digital yang dijalankan dan dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini berfungsi sebagai toko aplikasi resmi untuk sistem operasi Android, yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri dan mengunduh aplikasi yang diinginkan pengguna. Google Play Store juga berfungsi sebagai toko media digital, yang menawarkan program musik, buku, film, dan televisi. Aplikasi ini sebelumnya juga menawarkan perangkat keras Google untuk pembelian sampai diperkenalkannya pengecer perangkat keras online yang terpisah.

Google Play store memiliki lebih dari 82 miliar unduhan aplikasi pada 2016 dan telah mencapai lebih dari 3,5 juta aplikasi yang diterbitkan pada 2017. Dan ini telah menjadi subjek berbagai masalah mengenai keamanan, di mana perangkat lunak berbahaya telah disetujui dan diunggah ke toko dan diunduh oleh pengguna, dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Namun seiring berjalannya waktu Google Play Store kembali memperkuat keamanannya dengan memfilter aplikasi yang memungkinkan tidak harus ada di dalam tokonya agar tidak dapat di unduh sembarangan oleh pengguna. Nah, disini saya akan memberikan anda beberapa tips cerdas dalam penggunaan Google Play Store yang harus anda tahu. Berikut ini beberapa tips cerdas yang bisa anda coba.

Cerdas Gunakan Google Play Store
Cerdas Gunakan Google Play Store

1. Mengelola Aplikasi dan Game Anda

Google Play store memiliki menu Aplikasi & game Saya. Disini Anda dapat melihat aplikasi mana yang telah Anda unduh, yang sudah dimuat sebelumnya dan aplikasi yang perlu Anda perbarui. Ini adalah tempat yang sangat baik untuk mengelola aplikasi Anda di dalam Play Store dan untuk mengaksesnya dengan mudah. Dengan melihat daftar aplikasi dan game anda, anda bisa memantau, mengelola serta menghapus aplikasi dan game anda yang memang tidak anda butuhkan lagi.

2. Unduh Aplikasi Menggunakan PC Anda

Untuk trik kecil yang satu ini, masih sulit sekali orang yang sudah mengetahuinya. Dimana anda dapat dengan mudah mengunduh aplikasi ke perangkat Android pilihan Anda dari PC. Yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke akun Google Anda dan buka Google Play melalui PC anda. Disana, cari saja aplikasi pilihan Anda dan klik install. Anda akan melihat menu tarik-turun yang berisi perangkat Android Anda yang terhubung ke akun Google. Menggunakan metode ini sangat berguna jika Anda ingin menginstal aplikasi yang sama di beberapa perangkat berbeda yang saling terhubung dengan akun Google Play Store Anda.

3. Mendapatkan Pengembalian Uang Untuk Pembelian Anda

Untuk anda yang sering atau masih ragu-ragu untuk membeli sebuah aplikasi berbayar di dalam Play Store karena takut uang anda akan hilang. Maka anda bisa mencoba cara ini, dimana anda bisa mendapatkan pengembalian uang untuk pembelian Play Store dengan satu ketukan, asalkan Anda melakukannya dalam waktu 2 Jam setelah membeli aplikasi. Ini harusnya banyak waktu untuk mencari tahu apakah aplikasi cuaca yang baru itu benar-benar berfungsi, atau apakah game itu sama menyenangkannya dengan gambar-gambar yang dibuatnya. Caranya setelah Anda membeli aplikasi, pada halaman Play Store-nya Anda akan melihat opsi untuk Instal atau Buka. Selain itu, opsi Pengembalian Dana akan muncul di sebelah kiri itu. Lalu anda bisa pilih tombol pengembalian dana dalam waktu dua jam sejak pembelian Anda untuk mendapatkan uang Anda kembali, dan tanpa pertanyaan.

4. Instal Aplikasi Yang Dikunci Di Dalam Area Negara Indonesia

Untuk anda yang benar-benar ingin mendapatkan aplikasi yang tidak tersedia di negara ini, maka Anda masih bisa mendapatkannya dengan menggunakan aplikasi tambahan yaitu VPN. Dimana aplikasi ini akan memberi Anda koneksi internet yang aman melalui jaringan pribadi di lokasi di luar negara yang Anda gunakan saat itu juga. Dan sebagai catatan penting bagi Anda untuk memilih VPN yang kredibel.

5. Jangan Gunakan Pembaruan Otomatis

Untuk tips kelima hanya saya sarankan untuk anda yang memang memiliki masalah sering kehabisan data karena update otomatis yanga ada di dalam Google Play Store. Dimana Google Play Store memiliki kecenderungan untuk mengunduh pembaruan yang tersedia untuk aplikasi Anda pada waktu yang salah. Dan Anda dapat dengan cepat mengucapkan selamat tinggal pada paket data Anda jika Anda tidak berhati-hati. Caranya, anda buka Pengaturan Anda, klik Perbarui Aplikasi. Lalu pilih Jangan perbarui aplikasi secara otomatis. Dan anda bisa bebas untuk memilih kapan atau di mana Anda ingin memperbarui aplikasi Anda.

6. Gunakan Kontrol Orangtua

Jika Anda tidak ingin anak Anda mengunduh aplikasi yang tidak pantas di Play Store, Anda dapat mengatur kontrol orang tua agar perangkat Android Anda tidak disalahgunakan. Ini bisa termasuk game dengan jumlah kekerasan yang berlebihan atau menanduk juga aplikasi yang bisa menempatkan mereka dalam bahaya seperti aplikasi kencan atau obrolan yang memberikan lokasi mereka. Caranya, buka Play Store dan buka Menu. Lalu bka Pengaturan, Pilih Kontrol Orangtua dan tekan Slider sehingga terpilih ‘Aktif’. Dari sana Anda akan diminta untuk membuat kode PIN kunci orang tua. Buat satu dan kemudian lihat daftar hal-hal yang dapat Anda unduh di Play Store dan ketuk yang ingin Anda tetapkan batasannya.

7. Bersihkan Layar Beranda Anda

Saat Anda memasang aplikasi baru, Google Play memiliki kebiasaan buruk menambahkan secara sistematis pintasan ke layar beranda Anda. Jika ini kadang-kadang praktis, ini dapat dengan cepat menjadi menjengkelkan, terutama jika Anda mengunduh banyak aplikasi yang tidak Anda gunakan sepanjang waktu. Ada metode sederhana untuk menonaktifkan penambahan otomatis ini. Yaitu buka Pengaturan. Hapus centang pada kotak centang Tambahkan ikon ke layar Beranda. Dan anda bisa menikmati unduhan tanpa harus khawatir tampil di layar beranda anda.

Bagaimana? menarik bukan. Oke, saya harap anda bisa mendapatkan inspirasi menarik dari bahasan di atas, dan saya harap info ini dapat bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.