7 Tips dan Trik Terbaik Untuk Google Chrome For Android Yang Wajib Kamu Tahu!

Chrome adalah platform browser Google yang populer secara global. Meskipun versi untuk Android mungkin tidak sekuat aplikasi desktop yang lengkap, namun ada beberapa fitur yang tak kalah keren dengan versi Desktopnya. Chrome untuk Android memiliki beberapa fungsi tersembunyi yang jarang orang mengetahuinya.

Nah dalam tulisan ini, penulis akan membahas 7 fitur tersembunyi pada browser Google Chrome yang selama ini tidak kamu ketahui.

Tips Chrome For Android
Tips Chrome For Android

Beralih Tab Hanya Dengan Swipe (Gesekan)

Cara paling jelas untuk mengubah tab di Chrome adalah dengan menekan tombol tab dan memilih yang Anda inginkan dari daftar. Namun, ada dua cara lain untuk mengubah tab saat ini. Anda dapat menggesek ke kiri dan kanan melintasi bilah alamat, atau menggesek ke bawah pada bilah untuk melihat tumpukan penuh tab.

Unduh Halaman Setelah Online

Jika Anda memerlukan akses ke halaman tertentu, tetapi koneksi Anda tidak lancar, terus-menerus mengetuk muat ulang untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan bisa sangat membuat frustrasi. Untungnya, saat Anda mengunjungi halaman saat offline, Chrome akan memberi Anda opsi untuk mendownload halaman secara otomatis setelah Anda mendapatkan kembali koneksi.

Tutup dan Buka Tab Lebih Cepat

Membuat tab baru atau menutup yang sudah ada biasanya membutuhkan menekan tombol tab, tetapi ada metode yang sedikit lebih cepat. Jika Anda menahan tombol tab sebentar, menu akan muncul dengan opsi baru.

Hapus atau Ubah Tombol Beranda

Tombol beranda di Chrome untuk Android biasanya hanya muncul di perangkat tertentu, tetapi Google menghadirkannya ke semua ponsel dan tablet Android pada tahun 2018. Namun, jika Anda ingin lebih banyak ruang untuk bilah alamat, Anda dapat dengan mudah menghapusnya. Chrome juga memberi Anda opsi untuk mengubah halaman mana yang dibuka.

Simpan Halaman Sebagai File PDF

Jika Anda perlu mengarsipkan halaman dengan cepat, Anda dapat menggunakan fungsi cetak Chrome yang dipasangkan dengan fitur ‘Cetak sebagai PDF’ Android. Ini akan menghasilkan PDF yang dapat dengan mudah dibagikan dan dilihat di hampir semua komputer, ponsel, tablet, dan e-reader.

Zoom di Situs Web Mana Pun

Dalam banyak kasus, situs yang dioptimalkan untuk tampilan seluler tidak mengizinkan pengguna untuk memperbesar dan memperkecil secara manual. Untungnya, Chrome menyertakan opsi override di browser. Buka pengaturan Chrome, ketuk ‘Aksesibilitas’, dan centang kotak di samping ‘Paksa aktifkan zoom’. Sekarang Anda dapat memperbesar halaman manapun!

Blokir Audio yang Diputar Otomatis

Chrome seharusnya memblokir halaman agar tidak memutar audio secara otomatis, kecuali Anda telah berulang kali menggunakan situs tersebut. Jika fitur blokir otomatis tidak berfungsi, atau jika situs web yang sering Anda kunjungi tidak memiliki opsi bisu, Anda dapat memaksa perilaku melalui pengaturan di Google Chrome.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.