Inilah Cara Mudah Membedakan Akun Pribadi, Bisnis dan Pembuat Konten di Instagram!

  • Bagikan
Beberapa Jenis Akun Instagram
Beberapa Jenis Akun Instagram

Jika Anda tahu, akun Instagram memiliki banyak tipe akun yang bisa pengguna miliki. Jadi dengan hanya membuat satu akun saja, Anda bisa konversikan menjadi salah satu akun dari beberapa tipe akun tersebut jika Anda mau. Beberapa akun tersebut diantaranya adalah akun Pribadi, akun Bisnis, dan akun Creator.

"Beberapa

image source

Nah, sebelum lebih jauh Anda mengkonversikan akun Anda pada tiga akun tersebut, penulis akan mengulas apa yang membedakan dari ketiganya. Dan hal ini pengguna harus tahu agar tidak bingung dalam memilih akun yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Instagram yang merupakan salah satu platform media sosial populer untuk berbagi foto atau video saat ini. Sehingga tidak bisa dipungkiri, dari berbagai kalangan akan memiliki akun tersebut, lebih-lebih anak muda yang suka mengabadikan foto kenangannya.

Apa Itu Akun Pribadi Instagram?

Akun Pribadi Instagram adalah akun default yang semua orang miliki saat pertama kali mendaftarnya. Jika Anda memiliki akun Instagram dan Anda tidak melakukan apa pun untuk mengubahnya dengan sengaja, maka secara otomatis itu termasuk Akun Pribadi.

Apa Itu Akun Bisnis Instagram?

Akun Bisnis Instagram adalah salah satu dari dua jenis Akun Profesional. Akun ini memang sengaja dirancang untuk mempermudah bisnis Anda, misalnya melakukan bisnis salon kecantikan ataupun toko online lainnya.

Sebagian besar, Akun Bisnis sama seperti Akun Pribadi. Yakni Anda masih dapat memposting foto, membagikan berbagai hal ke Story Anda, dan mengirimkan DM ke orang yang mengikuti Anda. Selain itu, sebagai keuntungannya Anda memiliki akses ke beberapa fitur khusus yang hanya akan Anda temukan pada akun bisnis. Beberapa diantaranya termasuk kemampuan untuk:

  1. Melihat Wawasan dan analitik yang memungkinkan Anda mengetahui jangkauan dari hal-hal yang Anda bagikan, mulai dari pertumbuhan pengikut Anda, dan sejenisnya.
  2. Mempromosikan postingan dan menjalankan iklan dengan mudah.
  3. Membuat postingan Belanja yang kemudian Anda tautkan ke toko online milik Anda.
  4. Membuat postingan otomatis secara terjadwal.
  5. Memiliki kotak masuk pesan yang dapat diurutkan sehingga lebih mudah terorganisir.
  6. Memiliki tombol “Kontak” dan kategori bisnis yang terdapat pada Profil Anda.

Satu hal yang perlu Anda lakukan jika ingin memiliki Akun Bisnis ini adalah Anda perlu menautkan akun Anda ke Halaman Facebook untuk bisa menjalankan iklan atau menjual produk lainnya sekalipun jika Anda tidak berencana menggunakan Facebook dalam pemasaran Anda.

Apa Itu Akun Creator Instagram?

Akun Creator Instagram adalah jenis lain dari Akun Profesional Instagram. Mereka secara kasar berada antara Akun Pribadi dan Bisnis. Akun ini memang sengaja pengembang buat untuk tokoh masyarakat, pemberi pengaruh, YouTuber, pembuat Etsy, dan sejenisnya.

Dengan Akun Kreator, maka Anda dapat:

  1. Melihat wawasan posting, menjalankan iklan, mengurutkan kotak masuk Anda, dan membuat postingan, seperti dengan Akun Bisnis. Namun Anda tidak dapat menjadwalkan postingan.
  2. Menyembyunyikan detail kontak dan kategori bisnis Anda pada Profil Anda sehingga lebih terlihat seperti Akun Pribadi.

Seperti halnya dengan Akun Bisnis, Anda masih perlu menghubungkan Akun Pembuat ke Halaman Facebook jika Anda ingin menjalankan iklan atau membuat kiriman yang ingin Anda promosikan.

Akun Profesional Instagram memang sengaja pengembang rancang untuk orang-orang yang menggunakan Instagram sebagai bagian dari rencana bisnis pemasaran mereka. Bagi Anda yang ingin menjalankan iklan dan menjual produk, atau yang memiliki banyak pengikut sehingga memiliki kotak masuk dan analitik yang bisa Anda urutkan agar lebih berguna. Anda dapat mengalihkan akun Instagram Anda saat ini ke Akun Profesional.

Bagi kebanyakan orang, Akun Pribadi adalah satu-satunya akun Instagram yang Anda butuhkan. Jika Anda hanya memiliki 100 atau 200 pengikut, maka analitik tidak akan memberi tahu Anda. Selain itu, Anda dapat mengalihkan akun Anda ke pribadi kapan pun yang Anda mau.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.