Anda Pengguna Android 10, Berikut Cara Menghemat Baterai Smartphone Android 10

Seperti yang sudah diketahui bahwa sistem operasi saat ini yang paling baru adalah Android 10. Walaupun pembaruan sistem operasi Android 10 belum diluncurkan ke semua jenis smartphone, tetapi sistem operasi Android generasi terbaru ini memiliki beberapa fitur yang bisa disesuaikan untuk meningkatkan masa pakai baterai.

Bagi Anda yang sudah menggunakan smartphone yang bisa melakukan update sistem operasi Android 10 bisa langsung di update sistem oeprasi smartphone Anda. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini saya akan memberikan beberapa cara agar menghemat baterai dalam penggunaan smartphone dengan sistem operasi Android 10. Anda penasaran bukan ? Simak caranya dibawah ini!

Smartphone Android 10
Smartphone Android 10 – Source Image

Berikut ini cara menghemat baterai smartphone Android 10 :

 

  1. Mengaktifkan fitur Adaptive Battery
    Fitur baterai adaptif ini akan memonitor penggunaan baterai di ponsel Android. Adaptive Battery mengunakan on-device machine learning untuk mencari tahu aplikasi apa saja yang akan dipakai pengguna dalam beberapa jam mendatang dan aplikasi mana saja yang tidak digunakan nanti.
  2. Mengubah Pengaturan On Display
    Tanpa sadar, fitur Always On Display juga bisa menguras masa pakai daya baterai. Karenanya, pengguna harus mengubah pengaturan dan menonaktifkannya jika tidak diperlukan.
  3. Gunakan mode Battery Saver
    Dengan mode Battery Saver yang aktif, smartphone Android akan membatasi kerja aplikasi sehingga pengguna dapat menghemat penggunaan baterai perangkat. Jika pengguna tidak ingin mode Battery Saver dihidupkan terus-menerus, pengguna dapat mengaturnya untuk dihidupkan secara otomatis pada persentase baterai tertentu.
  4. Uninstall aplikasi yang tidak perlu
    Mengaktifkan fitur Battery Saver memang berguna untuk menghemat baterai, tetapi akan lebih baik jika ponsel tidak memiliki banyak aplikasi yang tidak digunakan. Sistem pada perangkat melakukan banyak pekerjaan latar belakang untuk aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan, pengguna dapat menghemat lebih banyak persentase baterai dengan menghapusnya.
  5. Membatasi akses lokasi latar belakang
    Pembaruan Android 10 memiliki sistem izin baru yang memungkinkan pengguna memilih apakah aplikasi mendapatkan akses ke lokasi ponsel. Dengan memilih lebih sedikit aplikasi yang memiliki akses ke lokasi, pengguna dapat menghemat masa pakai baterai.

Itulah beberapa cara menghemat baterai smartphone di sistem operasi Android 10. Untuk Anda pengguna sistem operasi Android 10 selamat mencoba cara diatas. Semoga bermanfaat dan jangan lewatkan berita menarik lainnya disini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.