Android 12 Developer Preview 2 Telah Meluncur

  • Bagikan
Android 12
Android 12

Saat ini Google tengah menggarap operasi sistem terbarunya yakni Android 12. Berdasarkan kebiasaan Google, sebelum versi stabil resmi meluncur mereka akan melakukan beberapa proses seperti developer preview. Selain itu Developer Preview dan beta publik nantinya akan memiliki beberapa fase. Bertepatan pada hari ini Google merilis Android 12 Developer Preview 2(DP2). Dan update tersebut mereka luncurkan untuk seri Google Pixel 3 dan seri Pixel terbaru.

Android 12
Android 12

Sumber Gambar

Menurut jadwal rilis nantinya Android 12 ini akan tersedia untuk umum setelah bulan Agustus 2021. Sedangkan pada bulan Mei 2021 mendatang Google akan membuka fase beta publik. Sesuai konvensi dalam fase beta nanti beberapa smartphone China akan menjadi bagian dari peningkatan tersebut. Kemungkinan besar Xiaomi dan OnePlus lah yang nanti akan turut andil dalam perilisan beta publik pertama.

Jadwal Fase Pengembangan Android 12 :

Android 12 Fase sesuai Jadwal
Android 12 Fase sesuai Jadwal

Sumber Gambar

Bagi anda yang menggunakan Pixel 3 dan terdaftar dalam Developer Preview Android 12 anda dapat mendownload Preview tersebut lewat tautanini. Berdasarkan informasi dari log resmi, perubahan pada DP2 jika kita bandingkan dengan DP1 sepertinya Google lebih memfokuskan ke kenyamanan pengembang. Masih terlihat cukup banyak bug dalam fungsi serta interface yang ada dalam update tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan lewat DP1 ada beberapa fitur yang belum siap untuk uji publik.

Fitur-fitur tersebut adalah corners support, picture-in-picture animation function dan lain-lain. Google nampaknya masih mengupayakan agar fitur tersebut dapat lebih mulus dan dapat mereka sesuaikan. Selain informasi ini ada juga Preview dari Developer yang mengatakan bahwa Dark Mode pada Android 12 mengalami perubahan signifikan.

Dengan meluncurnya versi terbaru ini tema dark mode nantinya dapat berubah dari gelap/hitam pekat menjadi abu-abu muda. Mereka juga mengklaim bahwa Tema abu-abu dapat menghemat daya pada layar panel OLED. Sehingga cukup masuk akal jika warna abu-abu terang dapat mengurangi konsumsi baterai.

Selain itu mereka juga telah menambahkan mode One-hand mode dan gestures untuk membuka notifikasi bar. Fungsi tersebut mendapatkan tampilan menu lengkap dengan tiga opsi pertama. Opsi tersebut meliputi aktifkan / nonaktifkan, kemudian menambahkan toogle yang naninya jika berpindah aplikasi opsi tersebut akan secara otomatis mati. Lalu opsi ketiga menambahkan lama waktu One-hand mode aktif.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.