Android 13 Bakal Punya Fitur Handoff Media Seperti Apple

Setelah beberapa waktu bulan Android 12 secara resmi meluncur, kini kembali muncul tentang sang penerusnya yakni Android 13 dengan fitur ajaibnya. Bocoran sebelumnya pernah menyebutkan bahwa penerus Android 12 akan memakai nama Android 12L. Namun dengan rilis ini semakin memperkuat bahwa sang penerus itu akan memakai nama Android 13.

Android 13 Bakal Punya Fitur Handoff Media Seperti Apple
Android 13 Bakal Punya Fitur Handoff Media Seperti Apple – source

Nampaknya akan ada hal baru nantinya yang akan menjadi sebuah fitur pada Android 13. Kabarnya Google mulai memperbarui fitur casting audio setelah keputusan Sonos. Fitur media baru telah muncul yang dapat mempermudah pemindahan pemutaran media antar perangkat pada Android 13.

Fitur tersebut ditemukan oleh Android Police, yang menemukan mockup dari Google dari fungsi “Media TTT (Tap to Transfer). Dari tampilannya, fitur tersebut akan memungkinkan seseorang memutar media pada salah satu ponsel Android kemudian mentransfer pemutaran media tersebut ke ponsel lain. Fitur ini mirip dengan Handoff milik Apple yang memungkinkan pengguna dapat mentransfer kegiatan yang sedang Anda lakukan dari satu perangkat ke perangkat lain.

Hal ini nantinya dapat menjadi sebuah fitur yang cukup berguna dan akan menjadi fitur baru yang unik pada Android 13. Namun, Android Police mencatat bahwa masih banyak yang tidak diketahui secara pasti, seperti apakah fitur tersebut akan berfungsi melalui NFC, Ultra-Wideband (UWB), atau lainnya. Selain itu, juga detail perangkat apa yang memenuhi syarat untuk fitur tersebut belum diketahui.

Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah fitur ini akan mencapai versi final Android 13 atau tidak. Hanya saja, Google telah diketahui menguji fitur yang berhasil melewati Pratinjau Pengembang hanya untuk menariknya hingga rilis stabil berikutnya atau bisa saja tidak merilisnya sama sekali.

Dengan pratinjau pengembang Android 13 yang rencananya akan bermula sekitar bulan Februari, maka kami dapat mempelajari lebih lanjut tentang fitur ini. Untuk saat ini, sekilas bocoran tentang Android 13 agak terbatas, tetapi mudah-mudahan, Google dapat memenuhi harapan kami untuk Android tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *