Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Menghasilkan Efek Bokeh (Potrait) di Android

Portrait Mode, atau apapun nama yang dipilih masing-masing pabrikan, adalah fitur yang mengemulasikan efek bokeh macam yang biasanya didapati ketika memotret menggunakan kamera DSLR dan lensa dengan aperture besar. Umumnya, fitur ini dicapai lewat konfigurasi kamera ganda, tapi ada juga yang tidak.

Aplikasi Kamera Terpopuler Untuk Menghasilkan Efek Bokeh (Potrait) di Android
Aplikasi Kamera Terpopuler Untuk Menghasilkan Efek Bokeh (Potrait) di Android

Apple boleh dibilang sebagai pelopor tren fitur Portrait Mode. Saat fitur tersebut pertama dirilis dalam status beta di iPhone 7 Plus, kinerjanya tergolong payah. Namun seiring berjalannya waktu, Portrait Mode kian membaik, dan Apple pun lanjut memperluas fungsinya ke fitur lain, yaitu Portrait Lighting.

Tak mau kalah dengan iphone, andorid akhirnya juga menyediakan fitur potrait pada beberapa smartphone kelas menengah ke atas. Namun bagi yang masih kurang puas dengan efek bokeh yang dihasilkan Portrait Mode, solusinya bisa dengan mengandalkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Spesifiknya aplikasi bernama AfterFocus. Aplikasi ini diklaim mampu menghasilkan efek bokeh yang lebih realistis dan kelihatan profesional ketimbang Portrait Mode, plus memberikan opsi kustomisasi yang melimpah.

AfterFocus adalah aplikasi buatan MotionOne yang bisa digunakan untuk perangkat Android. AfterFocus memiliki tampilan antarmuka sederhana yang mudah dimengerti. Seperti tagline-nya, “Bring DSLR-Like Photography To Your Smartphone” Anda dapat membuat foto bokeh seperti DSLR hanya dengan smartphone. Bukan hanya foto wajah saja, Anda bisa mengedit foto objek lain untuk menghasilkan efek blur.

Aplikasi Kamera Terpopuler Untuk Menghasilkan Efek Bokeh (Potrait) di Android 1
Aplikasi Kamera Terpopuler Untuk Menghasilkan Efek Bokeh (Potrait) di Android 1

Terdapat dua mode yang bisa digunakan, yakni Smart dan Manual. Saat mengaktifkan mode Smart, Anda hanya perlu menggambar garis di sekitar dan secara otomatis efek blur sudah bisa dibuat. Meski begitu, hasilnya tidak selalu sempurna karena Anda harus mengatur secara manual area fokus agar lebih maksimal.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.