Aplikasi PeduliLindungi Akan Rilis Fitur Baru Menghadapi New Normal, Apa Saja Fiturnya?

Ada hal yang pelu kamu tahu, jika aplikasi PeduliLindungi akan segera merilis fitur baru dalam menghadapi New Normal ini. Hal ini seperti yang telah diungkapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian BUMN dan Telkom Indonesia, bahwa akan ada fitur baru untuk hadapi situasi New Normal ini.

Aplikasi PeduliLindungi Akan Rilis Fitur Baru
Aplikasi PeduliLindungi Akan Rilis Fitur Baru – image source

Seperti yang dilansir dari website resmi PeduliLindungi, ini merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Indonesia untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease.

Jika kamu sebagai pengguna aplikasi ini, maka kamu akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata oleh Pemerintah bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Nah, dalam rangka menghadapi New Normal, aplikasi PeduliLindungi akan merilis fitur baru yang dapat membantu masyarakat dalam menghadapi situasi baru yang jelas akan berbeda 100% dari sebelumnya.

Beberapa Fitur Baru Aplikasi PeduliLindungi dalam Menghadapi New Normal

#1 Digital Diary

FItur ini akan hadir untuk mencatat riwayat perjalanan pengguna. Fitur ini dilengkapi QR Code, direncanakan tersedia pada minggu ketiga Juni.

“QR Code untuk Digital Diary ini, untuk WNI dan WNA yang memasuki wilayah yurisdiksi nasional kita, batas negara di tujuh pintu dan gate imigrasi, secara langsung ditetapkan sebagai ODP,” jelas , Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

#2 Tracing Menggunakan Teknologi Bluetooth

Tracking closed-contact user menggunakan teknologi GPS, Fencing untuk mendukung isolasi mandiri user menggunakan teknologi GPS. Untuk WNI dan WNA yang memasuki wilayah yuridiksi nasional di batas negara di 7 pintu imigrasi.

Menurut Jhonny, pemerintah juga membuat dashboard monitoring yang digunakan untuk tracing, tracking, dan fencing. Apabila melewati batas wilayah karantina sampai dengan 500 meter, user atau pengguna yang bersangkutan langsung terlhat dalam dashboard.

#3 Face Recognition

Fitur ini untuk pengecekan suhu tubuh dan masker sebelum pengguna masuk ke area publik tertentu, Face Recognition ini direncakan akan rilis pada minggu kedua Juli.

#4 Aplikasi Non-Smartphone

Selanjutnya akan dikembangkan Aplikasi PeduliLindungi Non-Smartphone, artinya tanpa menggunakan ponsel pintar. Bisa saja akan berbasis layanan berbentuk SMS atau lainnya. Fitur ini akan dirilis dalam minggu ketiga juli nanti.

#5 Software Development Kit (SDK)

Hal ini bertujuan agar aplikasi PeduliLindungi dapat dimanfaatkan oleh aplikasi lain.

Nah, itulah beberapa fitur yang akan segera dirilis dalam beberapa bulan kedepan, kita doakan semoga lancar dan secepatnya bisa dinikmati oleh masyarakat luas.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.