Aplikasi Pelacak Pasien Virus Covid-19 di Indonesia Akhirnya Meluncur di Android

Akhirnya Pemerintah Indonesia meluncurkan sebuah aplikasi yang dapat melacak Pasien Virus Covid-19 yang ada di Indonesia. Aplikasi ini diluncurkan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang memang dibuat untuk mengawasi pasien positif corona (Covid-19) di Indonesia.

Aplikasi PeduliLindung Milik Pemerintah RI
Aplikasi PeduliLindung Milik Pemerintah RI

Aplikasi ini hadir dengan nama PeduliLindungi, berbeda dengan rumor yang beredar sebelumnya yang direncanakan akan bernama TraceTogether. Hebatnya aplikasi ini sudah bisa diunduh melalui situs yang beralamat di pedulilindungi.id. atau bisa langsung medownload melalui Google Playstore yang ada pada Smartphone Android kamu masing-masing.

Lalu bagaimana cara kerja aplikasi PeduliLindungi ini? dikutip dari situs resmi pedulilindungi.id, sistem kerja dari aplikasi ini menggunakan data yang diproduksi oleh gadget Anda dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan). Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

PeduliLindungi sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda. Data Anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data Anda hanya akan diakses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Sumber: pedulilindungi.idkompas.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.