Awas Malware Baru Ini Dapat Di Sebarkan Lewat WhatsApp

Advertisement
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Jika Anda Memiliki teman,Kenalan ataupun kerabat yang sering menyebarkan pesan dengan link tautan di dalamnya sebaiknya anda harus lebi waspada lagi

WhatsApp
WhatsApp

Karena menurut sebuah kabar ada 2 jenis virus baru yang dapat di sebar lewat WhatsApp virus itu dapat mengambil/mencuri informasi dalam perangkat smartphone Pengguna.

File virus yang tersebar menyertakan nama organisasi terkemuka seperti NDA (National Defence Academy) dan NIA (National Investigation Agency), tentunya dengan maksud untuk mengelabui pengguna dan mengira kalau tautan tersebut berasal dari sumber yang bisa dipercaya.

Setelah mengguna terperdaya dan mengklik tautan, maka segala informasi pribadi; termasuk informasi perbankan pengguna bakal bisa diakses, dan tentu saja berpotensi disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab.

Kedua virus tadi disamarkan dengan file bernama ‘NDA-ranked-8th-toughest-College-in-the-world-to-get-into.xls’ dan ‘NIA-selection-order-.xls’.

Laporan yang beredar menyebutkan kalau file virus dibuat mirip seperti format Microsoft Excel, namun bisa juga dalam bentuk Microsoft Word ataupun PDF.Informasi perbankan yang bisa diakses oleh virus mencakup data login, password m-banking, juga kode/nomor PIN.

Jika melihat pemilihan nama file dari virus yang beredar, sasaran peredaran virus ini tampaknya merupakan para pegawai di instansi militer atau penegakan hukum India, mengingat kedua nama organisasi tersebut sangat identik dengan polisi atau tentara. Sekalipun hal ini terjadi di India, bukan tak mungkin jika metode serupa juga dipakai di Indonesia.

Jadi saat anda dapat pesan dan berisi tautan mencurigakan, langsung saja abaikan pesan tersebut atau hapus pesan itu untuk mengurangi smartphone anda tertular virus.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *