Bagaimana agar Androidmu Ga Lemot?

Smartphone atau gadget yang berbasis Android OS, saat ini bisa Anda temui hampir di semua gerai atau berbagai tempat penjualan gadget. Hal ini dikarenakan OS yang satu ini mempunyai banyak kelebihan jika dibanding dengan beberapa OS yang ada, khususnya untuk perangkat mobile.

cara mengatasi android agar tidak lemot

Namun seringkali dengan kemudahan tersebut, banyak para pengguna gadget atau smartphone berbasis Android kurang menyadari, terutama dengan semakin banyaknya aplikasi dan data yang tersimpan pada perangkat tersebut akan membawa akibat menurunnya kinerja gadget, seperti misalnya loading yang jadi lambat, dan bahkan sering mengalami hang.

Untuk mengatasi kondisi dan masalah melambatnya perangkat mobile yang Anda miliki, ada banyak cara yang bisa dijadikan acuan agar kinerja smartphone tersebut kembali normal, atau paling tidak bisa mengatasi hal hal sepele yang bisa menyebabkan perangkat tersebut menjadi lelet. APa saja yang bisa Anda lakukan?

Fungsikan task Kill Manager
Aplikasi ini sebenarnya hampir sama dengan fungsi yang ada pada komputer, seperti misalnya task manager. Dengan aplikasi ini maka beberapa aplikasi yang sering hang ketika digunakan bisa di non aktifkan melalui fitur yang ada di dalamnya. Anda bisa mendapatkan task kill manager pada play store. Pilihlah yang sesuai kebutuhan.

Kurangi aplikasi yang tidak perlu
Mungkin Anda sering gonta ganti dan menginstal aplikasi, namun tidak membuang aplikasi yang sudah tidak terpakai. Kondisi ini tentu saja akan membebani memori dan kapasitas penyimpanan smartphone tersebut. Nah untuk mengatasinya, maka kurangilah beberapa aplikasi yang memang sudah tidak digunakan lagi atau peruntukannya tidak terlalu penting.

Menutup aplikasi pada background
Entah karena apa Anda mungkin sering memajang beberapa aplikasi yang cukup banyak pada background, atau membuat shortcut. Meskipun hal ini bisa memudahkan Anda ketika akan membuka sebuah aplikasi, namun dampaknya akan sangat terasa ketika shortcut tersebut terlalu banyak muncul di background. Alangkah baiknya jika menonaktifkan shortcut tersebut dari bakcground.

Pasang aplikasi penghapus cache
Semakin sering Anda browsing dan membuka aneka situs, maka sebenarnya kapasitas cache juga akan berkurang, yang akibatnya adalah pada saat Anda membuka aplikasi akan terasa sangat lambat. Solusinya, Anda bisa memasang aplikasi yang berfungsi untuk menghapus cache ketika Anda selesai browsing atau membuka sebuah aplikasi yang online.

Nah mungkin itu saja sedikit mengenai bagaimana mengatasi kondisi smartphone kamu yang semakin melambat. Dengan beberapa tips diatas, mudah mudahan Anda bisa mengatasinya sendiri dan lebih memperhatikan dalam memasang sebuah aplikasi. Masih banyak penyebab yang bisa mengakibatkan smartphone menjadi lemot, sehingga Anda harus benar benar bisa mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.