Bagaimana Cara Memulihkan Foto Anda yang Terhapus di Ponsel Android?

  • Bagikan
Cara Memulihkan Foto Terhapus pada Android
Cara Memulihkan Foto Terhapus pada Android

Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan foto Anda yang terhapus pada Android. Yah jangan khawatir! Pada pembahasan kali ini penulis akan mengupas secara tuntas tentang bagaimana cara memulihkan foto Anda yang hilang atau terhapus. Dalam artikel ini penulis akan menggunakan dua metode berbeda yang dapat membantu Anda melakukan recover terhadap foto-foto Anda.

Cara Memulihkan Foto Terhapus pada Android
Cara Memulihkan Foto Terhapus pada Android

image source

Sebagai penekanan awal kepada para pengguna, bahwa Android versi yang lebih baru juga berdampak pada kebijakan keamanan Google yang turut diperbarui. Sehingga ini tampak semakin sulit bagi Anda jika ingin memulihkan foto dan data yang terhapus dari ponsel genggam Anda. Namun setidaknya cara ini masih tetap bisa Anda coba sekalipun Anda sudah menggunakan Android versi terbaru saat sekarang ini.

Perlu Anda ketahui juga, ponsel Android memiliki sebuah fitur yang namanya Recycle Bin layaknya sebuah komputer atau Desktop. Recycle Bin atau jika pada Android bisanya menyebutkan sebagaia “tong sampah” berfungsi menampung semua foto yang Anda hapus melalui aplikasi Galeri foto pada ponsel Anda. Namun perbedaannya dengan PC atau komputer, jika Recycle Bin pada ponsel memiliki batas waktu tertentu sebelum terhapus secara permanen.

Cara Memulihkan Foto Anda yang Terhapus Pada Android

Periksa Recycle Bin Pada Galeri Anda

Sebagian besar ponsel cerdas modern sebenarnya tidak perlu menghapus foto Anda saat Anda memilih opsi hapus. Sebagai gantinya, mereka mentransfer gambar yang terhapus ke folder sementara (biasanya bernama Recycle bin/Trash bin/Dihapus). Dalam folder ini biasanya akan menyimpan foto tersebut selama 30 hari sebelum terhapus secara otomatis.

Jika Anda baru saja menghapus foto, kemungkinan besar, Anda akan menemukannya pada folder ini. Langkah-langkah untuk mengakses Recycle bin memiliki cara yang berbeda dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Akan tetapi Anda sebagian besar akan menemukannya melalui aplikasi (Galeri/Foto) pada ponsel Anda. Misalnya pada ponsel Samsung, Anda dapat mengakses Recycle bin melalui pengaturan Galeri.

Mengakses Recycle Bin Pada Samsung
Mengakses Recycle Bin Pada Samsung

Pada ponsel yang menjalankan Android stok dengan aplikasi Google Foto sebagai aplikasi galeri defaultnya, maka hanya foto yang Anda cadangkan ke cloud yang akan tersimpan padafolder ‘Sampah’ meskipun selama 60 hari.

Jika Anda yakin gambar telah Anda hapus bahkan dari Recycle bin, maka akan menjadi sedikit lebih rumit dan peluang untuk memulihkan foto Anda menjadi lebih tipis. Ini sebagian besar berkaitan dengan mekanisme keamanan dan privasi Google terbaru untuk sistem Android. Termasuk inisiatif baru seperti penyimpanan Cakupan yang membatasi aplikasi mengakses folder yang bukan miliknya.

Memulihkan Foto yang Terhapus Dengan Aplikasi

Jika pada folder Recycle Bin sudah Anda hapus juga, sebagai solusi alternatif lain Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ada pada market Google. Ada beberapa aplikasi yang mengklaim dapat memulihkan foto yang terhapus pada smartphone Android. Sementara banyak dari mereka tidak berfungsi, jadi penulis menemukan sebagian keberhasilan dengan aplikasi yang bernama DiskDigger photo recovery. DiskDigger juga tidak terlalu mengganggu saat menayangkan iklan. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa alat ini berfungsi lebih baik pada ponsel sudah Anda root. Anda juga dapat mencoba memulihkan foto yang terhapus tanpa rooting tetapi hasilnya dapat bervariasi.

1. Pertama-tama Anda harus pergi ke Play Store dan download DiskDigger photo recovery dan kemudian jalankan aplikasinya.
2. Jika Anda baru saja menghapus foto Anda, DiskDigger seharusnya dapat menemukan foto-foto tersebut. Anda kemudian akan memiliki pilihan apakah akan mengembalikannya ke folder pada perangkat Anda, atau mencadangkannya ke layanan cloud.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.