Bagaimana Membatasi Akses Aplikasi Di Play Store?

Saat ini Play Store telah menghilangkan konten – konten yang berbau “ADULT” atau dewasa. Dan terimakasih sebelumnya buat google yang peduli dan karena memang jika kita menyimak dan memperhatikan tidak hanya orang dewasa yang menggunakan perangkat android, anak – anak seumur TK dan SD banyak yang memanfaatkan perangkat android hanya sekedar main game. Namun perlu di ingat bahwasanya anak – anak bebas mencari konten dan aplikasi apapun di play store.

Play Store, PIN, Aplikasi
Membatasi akses Play Store dengan PIN

Dan sebenarnya meskipun Google saat ini tidak membatasi akses dan konten di Google Play Store, anda masih bisa mengontrol penggunaan Play store yaitu dengan 2 cara

  • Cara pertama adalah dengan memproteksi penggunaan Play Store dengan password, caranya cukup mudah, Buka aplikasi Play Store di perangkat android yang ingin anda protek, selanjutnya tekan tombol menu pilih Setelan. Langkah berikutnya scroll kebawah dan tap menu “Setel atau ubah

    PIN” , masukkan PIN yang anda inginkan, maka setiap kali ada orang yang ingin membuka aplikasi Play Store maka akan selalu diminta memasukkan PIN.

  • Cara Kedua. Buka aplikasi Play Store di perangkat android yang ingin anda protek, selanjutnya tekan tombol menu pilih Setelan. Langkah berikutnya scroll kebawah dan tap menu “Pemfilteran Konten”. Selanjutnya akan tampil jendela baru untuk tingkat akses yang di perbolehkan di Play Store dengan cara mencentang kategori tertentu yang anda ingin batasi.

Mudah kan?

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *