Bagaimana Memilih Aplikasi Android Untuk Smartphone

Bagi Anda yang baru saja membeli smartphone Android versi terbaru. pasti deh masih penasaran dengan segala fitur dan aplikasi yang ada di dalamnya. Karena penasaran itulah, seringkali instal sana instal sini dengan aplikasi yang menurut Anda bagus, unik, dan mengasyikkan. Memang sih tidak ada yang melarang melakukan hal tersebut. Namun akan lebih baik jika Anda memperhatikan beberapa hal sehubungan dengan jenis aplikasi yang akan Anda pasang pada ponsel tersebut.

bagaimana memilih aplikasi android yang tepat

Pengetahuan mengenai jenis dan fitur yang tersedia pada sebuah aplikasi sangatlah penting agar kinerja ponsel tidak mengalami penurunan, dan aman ketika digunakan. Jika Anda masih belum paham betul bagaimana memilih aplikasi yang tepat untuk smartphone Android kamu, berikut beberapa kriteria dan panduan yang akan membawa Anda menjadi lebih tahu, jenis aplikasi apa yang paling cocok dan aman digunakan.

Memilih aplikasi smartphone berdasarkan kebutuhan
Apa sih kebutuhan aplikasi yang sering Anda gunakan pada ponsel? Browsing, main game, kirim email, chatting, belanja, internet banking, atau apa? Dari beberapa kebutuhan untuk smartphone kamu, pilihlah dengan bijak agar kinerjanya tidak menurun karena kebanyakan aplikasi yang tidak terpakai.

Cari aplikasi hanya di situs resminya
Jika Anda khawatir akan serangan malware atau virus, sangat disarankan untuk mendownload aplikasi di situs resminya saja. Hal ini tentu langkah yang cerdas agar tidak berdampak negative terhadap ponsel tersebut, baik itu kerusakan aplikasi, kerusakan ponsel, atau hilangnya data data penting lainnya.

Sesuaikan dengan kapasitas hardware smartphone
Ada kalanya spesifikasi aplikasi tidak sesuai dengan kapasitas hardware yang ada, seperti RAM, kapasitas penyimpanan, jenis ponsel, dan lain sebagainya. Meskipun saat ini hampir semua smartphone sudah memiliki spesifikasi tinggi, namun hal ini juga harus tetap Anda perhatikan ketika akan menginstal aplikasi tertentu, seperti misalnya game 3D.

Pilihlah aplikasi dengan review terbanyak
Meskipun hal ini tidak selalu menjamin kualitas dari aplikasi tersebut, namun paling tidak kita ada sedikit acuan mengenai kualitas dari aplikasi tersebut. Dengan melihat banyaknya review yang ada, maka ini menjadi suatu indikasi awal bahwa aplikasi tersebut cukup bagus untuk digunakan.

Carilah aplikasi yang hemat daya dan data
Seringkali pada saat kita akan memasang sebuah aplikasi, kita kurang memperhatikan pengaruh terhadap kondisi ponsel itu sendiri. Aplikasi yang terlalu menguras sumber daya baterai dan juga bandwidth, tentunya harus mempunyai pertimbangan tersendiri sebelum Anda menginstalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.