Bagaimana Memilih Aplikasi Android yang Tepat?

Smartphone yang menggunakan aplikasi Android memang memiliki banyak kelebihan dan juga kemudahan. Dengan ribuan aplikasi yang tersedia di play store semakin memudahkan kita untuk memilih aplikasi yang kita butuhkan, mulai dari game, utilities, hiburan, dan beberapa aplikasi menarik lainnya. Tahukan Anda, bahwa dalam memilih aplikasi ternyata juga perlua memperhatikan faktor faktor penting agar kinerja smartphone Anda tidak menurun, bahkan cenderung tidak stabil. Nah, sebelum mengunduh aplikasi yang Anda butuhkan, berikut beberapa tips agar aplikasi yang akan digunakan bisa berfungsi optimal, dan yang pasti tidak menjadi penyebab menurunnya performance ponsel itu sendiri.

tips memilih aplikasi android

Pilih aplikasi berdasarkan kebutuhan
Bagi mereka yang suka mengunduh aplikasi secara serampangan, sepertinya mulai sekarang harap dikurangi kebiasaan tersebut. Hal ini dikarenakan, tidak semua aplikasi tersebut bisa memberi manfaat buat Anda, bahkan justru bisa menurunkan kinerja smartphone tersebut. Pilihlah aplikasi yang benar benar dibutuhkan, dan jika penasaran ingin mendownload sebuah aplikasi, baca baca dulu reviewnya, apakah memang bagus dan berkualitas, dan yang penting, apakah aplikasi tersebut memang sangat mendesak untuk Anda.

Downloadlah aplikasi dari situs resminya
Mungkin dari semua aplikasi yang ada, rata rata sudah memiliki situs resmi yang bisa dijadikan rujukan untuk mengunduh aplikasi tersebut. Namun jika Anda penasaran, Anda bisa melihat melalui play store yang ada di Android. Jika tidak ada, mungkin bisa memilih beberapa aplikasi yang tidak jauh berbeda. Hal ini tentunya untuk menghindari terjadinya malware yang tidak diinginkan.

Sesuaikan dengan type hardware
Sebelum memulai untuk mendownload sebuah aplikasi, periksa dulu aplikasi tersebut dengan hardware yang ada, apakah hardware pada smartphone tersebut, seperti RAM, storage, dan kapasitas lainnya. Jika kapasitas hardware tidak mendukung, maka lebih baik cari aplikasi sejenis yang sesuai dengan kapasitas hardware.

Pilih aplikasi yang banyak review nya
Meskipun hal ini tidak mutlak, namun paling tidak bisa mengindikasikan bahwa aplikasi tersebut sudah banyak digunakan oleh user.

Mungkin hanya itu mengenai tips bagaimana memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Tentunya Anda boleh memilih aplikasi apa saja, namun yang paling penting adalah bagaimana menyesuaikan jenis aplikasi, kapasitas hardware, dan yang paling penting adalah tingkat kebutuhan aplikasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.