Bahaya Pokemon Go Palsu Mengandung Malware di Play Store

Pada Saat ini di seluruh dunia lagi heboh-hebohnya dengan Game yang bernama Pokemn Go, Game itu belum tersedia di berbagai negara sehingga para Hacker memanfaatkanya.

Pokemon Go
Pokemon Go

Beberapa Aplikasi dari Pokemon Go Palsu Muncul di Playstore beberapa waktu lalu dan pada Aplikasi itu di masuki malware yang berbahaya.

Antivirus Eset mencatat bahwa setidaknya ada 3 macam aplikasi Pokemon Go palsu yang berbahaya di Google Play Store. Salah satu di antaranya yang bernama Pokemon Go Ultimate merupakan yang paling berbahaya, karena mampu langsung mengunci layar ponsel begitu selesai diinstall. Sekedar restart ponsel masih akan gagal untuk membuka kunci, dan cara paling manjur untuk membukanya adalah dengan mencopot baterai atau menggunakan layanan Android Device Manager.

Ancaman tak berhenti sampai di situ saja, karena begitu layar sukses dibuka dan ponsel direstart, aplikasi memang menghilang dari menu tapi tetap beroperasi di background sambil mengklik tautan iklan untuk menghasilkan uang bagi hacker penciptanya. Eset mengatakan kalau metode ini cuma selangkah untuk menjadi ransomware, juga berpotensi menjadi ransomware lockscreen pertama di Google Play.

2 aplikasi lainnya bernama ‘Guide & Cheats for Pokemon Go’ dan ‘Install Pokemongo,’ dimana di dalamnya terdapat scareware yang menakut-nakuti pengguna dengan pesan yang isinya mengatakan kalau ponsel sudah tersusupi malware berbahaya, dan satu-satunya cara untuk menghapusnya adalah dengan membayar uang agar aplikasi tersebut bisa dihapus. Pop-up dari scareware ini terus menerus muncul jika pengguna memencet tombol back, dan baru bisa hilang ketika pengguna melakukan double-click di tombol back.

Aplikasi itu sekarang sudah di Hapus oleh Google Play Store dan untuk menantisipasi kejadian ini agar tidak terulang lagi ada baiknya anda memantau siapa studio di balik aplikasi tersebut serta jumlah download, keterangan lain juga di perlukan dalam memutuskan untuk instal Aplikasi dari Google Play Store.

Fake Pokemon Go


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.