Beberapa Fitur Android 13 yang Mulai Terungkap!

  • Bagikan
Fitur Android 13
Fitur Android 13

Kabar Android 13 semakin gencar menjadi perbincangan para pegiat teknologi khususnya ponsel Android. Walaupun masih baru saja Android 12 memulai debutnya pada sebagian kecil smartphone pilihan, tetapi bocoran terkait fitur Android 13 mulai ramai.

Fitur Android 13 yang Mulai Terungkap!
Fitur Android 13 yang Mulai Terungkap!

image source

Android 13 sebentar lagi akan mencapai build awal status pratinjau pengembang. Namun, ada banyak bukti dan rumor yang mengisyaratkan fitur Android 13 mendatang dan peningkatan internal bahkan sebelum itu. Nah, berikut ini Penulis mulai rangkum beberapa fitur Android 13 yang nampak ke permukaan dan sesuatu yang dapat diharapkan dari rilis versi Android utama yang akan datang.

Beberapa Fitur Android 13 Perlu Anda Ketahui

Nama dan Tanggal Rilis

Sebelum Android 10, Google menamai versi OS-nya dengan suguhan manis. Meskipun telah beralih ke nomor publik, sering kali masih mengacu pada versi sebagai penganan internal. Menurut komitmen AOSP, Android 13 dikenal dengan nama Tiramisu dalam perusahaan.

Adapun tanggal rilis Android 13, Pratinjau Pengembang pertama kemungkinan akan diluncurkan pada Februari 2022, dengan versi final akan tiba pada pada musim semi. Android 11 Pratinjau 1 meluncur pada Februari 2020, sedangkan versi stabil meluncur pada September 2020. Android 12 mengikuti jadwal yang serupa, meluncurkan Pratinjau pertamanya pada Februari 2021, dengan versi stabil yang meluncur pada perangkat sedikit lebih lambat, yakni pada Oktober 2021.

Namun begitu, Google masih belum mengonfirmasi jadwal rilis Android 13 secara pasti. Hanya saja dilihat dari peta jalan rilis Android 12, kemungkinan akan melihat tiga pratinjau pengembang dengan setidaknya empat beta yang direncanakan menjelang peluncuran rilis stabil yang tersedia untuk umum akhir tahun ini.

Perubahan Desain

Android 12 menghadirkan salah satu perubahan UI sistem operasi yang paling signifikan selama bertahun-tahun dengan Material You. Antarmuka baru memungkinkan opsi penyesuaian yang lebih menarik, mulai dari kontrol palet warna berbasis wallpaper hingga animasi yang lebih intuitif dari Android 12.

Lebih Banyak Opsi Bertema Material You

Menurut rumor berdasarkan kode yang bocor, Android 13 dapat memperluas opsi tema warna yang tersedia dengan menawarkan empat palet baru yang berkaitan dengan nuansa tertentu atau warna pelengkap.

Pengalaman ini termasuk TONAL_SPOT, VIBRANT, EXPRESSIVE, dan SPRITZ. Sementara dua opsi pertama sangat mirip, dua yang terakhir sangat berbeda dari sistem tema Android 12 saat ini. ‘Ekspresif’ tampaknya bersandar pada warna yang tidak bersumber langsung dari wallpaper, sementara ‘Spritz’ memilih warna yang lebih abu-abu dan netral.

Pengaturan Jam Layar Kunci Alternatif

Android 13 memungkinkan pengguna beralih di antara dua gaya jam pada layar kunci. Dari tangkapan layar yang diterbitkan oleh XDA dalam tampilan pertama yang ekstensif, pengguna akan dapat memilih tata letak baris tunggal atau tata letak baris ganda saat ini.

Peningkatan fungsionalitas

Android 12 memperkenalkan beberapa utilitas baru, termasuk dukungan tangkapan layar bergulir dan mode satu tangan. Selain itu, ada pengaturan putar otomatis yang lebih cerdas, dan fitur AppSearch.

Dukungan Pemindai QR yang Lebih Intuitif

Android 13 membawa pemindaian kode QR yang lebih intuitif. Laporan terbaru menunjukkan Android 13 dapat menambahkan item menu Tampilkan Pemindai QR yang memungkinkan pengguna memindai kode dari layar kunci. Ada juga bukti tombol sakelar cepat saat bayangan notifikasi aktif. Saat ini tidak jelas bagaimana cara pintas ini dapat berfungsi, tetapi tampaknya lebih terintegrasi ke dalam OS.

Dukungan Bluetooth LE Audio

Audio nirkabel bisa mendapatkan dorongan sambutan dengan Android 13. Menurut sepasang komitmen AOSP yang ditemukan oleh Mishaal Rahman, versi Android berikutnya bisa menjadi yang pertama dengan dukungan penuh dan terintegrasi untuk Bluetooth LE Audio dan Low Complexity Communications Codec (LC3).

Sekali Tap Untuk Mentransfer Kontrol Media

Tambahan kejutan dapat menghadirkan berbagi media yang lebih cerdas di beberapa perangkat. Menurut rincian yang bocor dari “sumber anonim dan tepercaya,” Androidpolice menemukan sistem tap-to-transfer (TTT) yang memungkinkan pengguna meneruskan kontrol media ke perangkat lain.

Tidak jelas bagaimana fitur ini bekerja, tetapi kemungkinan akan menggunakan teknologi nirkabel jarak pendek, seperti NFC atau UWB.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.