Begini 3 Cara Paling Mudah Transfer Kontak Antar Ponsel

Melakukan transfer kontak merupakan hal paling rumit bagi seseorang setiap kali akan berganti ponsel. Kontak merupakan bagian penting dalam sebuah ponsel karena berisi nomor penting yang harus Anda simpan, apalagi jika nomor tersebut menyangkut soal pekerjaan dan klien.

Transfer Kontak Antar Ponsel
Transfer Kontak Antar Ponsel

Gonta ganti ponsel menjadi hal biasa diberbagai kalangan, namun masalah ini jangan sampai terjadi apalagi jika Anda harus kehilangan semua kontak Anda. Biasanya orang akan tambah rumit jika mereka ingin memindahkan antar ponsel. Misalnya dari Android ke iPhone ataupun sebaliknya dari iPhone ke Android. Ini mungkin tampak seperti tantangan karena belum ada proses transfer data sekali klik di antara keduanya.

Tapi jangan khawatir, sekarang Ada beberapa cara yang dapat membuat migrasi antara Android dan iOS menjadi pengalaman yang mudah untuk Anda. Dalam panduan ini, Penulis akan memberikan 3 langkah mudah yang bisa Anda lakukan jika ingin mentransfer kontak dari Android ke iOS atau iOS ke Android.

Cara Transfer Kontak dari Satu Ponsel ke Ponsel Lainnya

Baik Anda sedang melakukan transisi dari iOS ke Android, atau mengganti ponsel Android yang ada dengan iPhone. Salah satu cara paling mudah untuk Anda lakukan dengan memanfaatkan akun Google yang dapat memudahkan Anda memindahkan kontak dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Menggunakan aplikasi Move to iOS

Jika Anda ingin memindahkan kontak Anda dari perangkat Apple, maka Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini. Move to iOS secara khusus melayani Anda untuk membantu pengguna Android mentransfer data mereka termasuk kontak ke iPhone baru pada saat penyiapan. Berikut langkah-langkah untuk menggunakannya.

1. Download dan instal aplikasi Move to iOS pada ponsel Android Anda melalui Google Play Store.
2. Buka aplikasi Move to iOS dan ketuk Lanjutkan. Setujui syarat dan ketentuan dalam aplikasi dan berikan izin untuk mengakses lokasi dan kontak, kalender, penyimpanan, dan pesan pada perangkat Anda.
3. Anda kemudian akan mencapai layar Temukan Kode Anda. Ketuk Lanjutkan, setelah itu Anda akan diminta memasukkan kode. Sekarang, mulailah mengatur iPhone baru Anda dan setelah Anda mencapai layar Aplikasi & Data, ketuk Pindahkan Data dari Android. Anda akan mendapatkan kode 10 digit atau 6 digit
4. Masukkan kode ini pada perangkat Android Anda
5. Maka kemudian Anda akan melihat layar Transfer Data. Sekarang Anda harus memilih apa yang ingin Anda transfer. Klik Kontak (dan data lain yang ingin Anda pindahkan) dan ketuk Berikutnya
6. Tunggu hingga bilah pemuatan pada iPhone selesai, dan proses Transfer Anda selesai.

Menggunakan Akun Google

Cara ini dapat Anda lakukan untuk berpindah antar keduanya. Baik dari Android ke iOS maupun dari iOS ke Android. Akun Google menjadi ruang umum yang berfungsi baik dengan perangkat Android maupun iOS. Oleh karena itu, ini adalah salah satu opsi termudah untuk mentransfer kontak dari satu ponsel ke ponsel lainnya.

1. Buka aplikasi Pengaturan pada ponsel Android Anda, ketuk Akun lalu, pilih akun Google Anda
2. Ketuk Sinkronisasi Akun dan pastikan sakelar Kontak dalam posisi Aktif.
3. Sekarang, buka Pengaturan pada iPhone Anda dan ketuk Kata Sandi & Akun
4. Pilih Tambahkan Akun, kemudian pilih opsi Google
5. Tambahkan akun Google yang sama dengan perangkat Android Anda ke iPhone atau sebaliknya.
6. Setelah Anda menambahkannya, maka semua kontak Anda otomatis akan masuk ke perangkat Anda.

Menggunakan File VCF

Sama seperti akun Google, cara ini juga dapat Anda lakukan pada kedua perangkat. VCF juga lebih dikenal dengan sebutan vCard. File VCF adalah standar Internet untuk menyimpan informasi kontak. Anda cukup mengklik dan menyimpan dan dengan mudah membaca file .vcf yang dikirimkan kepada Anda.

1. Buka aplikasi Kontak pada ponsel Anda
2. Klik ikon roda gigi atau tiga titik pada sudut kanan atas layar untuk membuka menu dan ketuk Impor/Ekspor
3. Pilih Ekspor ke file .vcf lalu pilih folder tempat Anda ingin menyimpan file .vcf Anda
4. Sekarang, buka folder yang berisi file VCF melalui File Manager dan kirimkan ke akun email yang Anda gunakan ke perangkat lain.
5. Selanjutnya unduh file VCF dan buka. Pilih opsi Tambahkan semua kontak untuk melihat semua kontak Anda dari perangkat lama Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.