Begini Cara Anda Membuat Agenda Menggunakan Google Calender

Membuat agenda menggunakan Google Calender merupakan cara mudah yang bisa Anda lakukan agar tidak lupa terhadap suatu kegiatan. Jika melihat fungsinya, Agenda merupakan catatan bertanggal yang mencatat keluar masuknya surat yang Anda kirim maupun yang Anda terima oleh suatu kantor, instansi dan/atau perusahaan.

Membuat Agenda Menggunakan Google Calender
Membuat Agenda Menggunakan Google Calender

image source

Sedangkan pengertian lainnya Agenda juga dijelaskan sebagai buku yang digunakan untuk mencatat semua kegiatan seseorang agar lebih mudah terorganisir dengan baik. Namun pada zaman yang semakin moden ini, agenda tidak lagi tercatat dalam sebuah buku. Agenda bisa dengan mudah Anda bawa hanya dalam satu perangkat genggam. Dengan memanfaatkan kehadiran Google Calender, Anda bisa mencatat dan membuat reminder terhadap semua kegiatan yang akan Anda lakukan setiap harinya.

Kenapa Menggunakan Google Calendar?

Ada banyak kalender online yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Akan tetapi tidak semudah menggunakan Google Calender. Untuk menggunakannya, Anda tidak perlu lagi mendaftar agar bisa mendapat akes pada layanan ini. Apalagi sebagai pengguna Android, Anda akan secara otomatis bisa menggunakannya karena langsung terintegrasi dengan akun Gmail yang ada pada Android.

Yang kedua, fitur google calendar ini banyak sekali. Saya bisa download kalender tambahan seperti kalender libur nasional, kalender hari raya dan lain sebagainya.

Begini Cara Anda Membuat Agenda Menggunakan Google Calender

1. Untuk membuat agenda, Anda terlebih dahulu masuk pada aplikasi Google Calender.

2. Selanjutnya pilih “Create” dengan menekan tombol + pada pojok kiri bawah. Kemudian pilih Agenda.

3. Isi data Agenda mulai dari Judul, Waktu, Lokasi, dan Deskripsi Agenda.

4. Anda bisa menentukan lokasi dari Agenda tersebut menggunakan fasilitas Google Maps sehingga orang yang Anda undang dapat melihat peta lokasi acara pada ponsel mereka masing-masing.

5. Jika Anda membutuhkan orang lain untuk diundang, silahkan invite orang lain pada agenda tersebut, dengan menambahkan email pada menu “Add Guest”. Dengan demikian orang yang Anda undang akan mendapatkan agenda tersebut secara otomatis pada Google Calendar mereka.

6. Setelah semuanya selesai, jangan lupa klik Simpan.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Google Calender

Perlu Anda ketahui, Google Calender merupakan aplikasi bawaan Google yang tersemat pada semua perangkat Android. Oleh karena itu, banyak kelebihan yang bisa Anda peroleh jika menggunakan Google Calender. Salah satunya adalah Anda dapat menambahkan reminder / pengingat sebelum agenda tersebut. Misalnya 15 menit sebelum jadwal agenda, semua orang yang anda undang akan mendapatkan pengingat agar mereka bisa bersiap-siap terlebih dahulu.

Selain itu, pada Agenda yang Anda buat menggunakan calender, Anda bisa menambahkan file lampiran yang secara otomatis juga akan terkirim kepada peserta yang Anda undang. Misalnya karena Agenda yang akan dilaksanakan merupakan Agenda resmi, Anda perlu melampirkan undangan resmi kepada mereka melalui lampiran tersebut. Secara spesifik, berikut beberapa kelebihan yang bisa kita peroleh dengan menggunakan Google Calendar, diantaranya :

  • Agenda bisa dihubungkan dengan ponsel atau perangkat lain
  • Bisa melakukan sharing agenda dengan rekan kerja yang lainnya
  • Terdapat notifikasi yang bisa digunakan sebagai pengingat sebelum agenda dimulai
  • Pendistribusian undangan suatu agenda melalui email, tidak perlu dilakukan secara tercetak.

Kekurangannya adalah Anda hanya perlu mengumpulkan banyak alamat Gmail peserta yang akan Anda undang. Tanpa email, maka Anda tidak akan bisa mengundang banyak orang untuk ikut dalam Agenda tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.