Begini Cara Baik Membaca di Smartphone yang Wajib Kamu Tahu!

Ada cara baik dan benar jika kamu ingin membaca di smartphone. Karena di zaman yang modern ini kamu tahu sendiri jika membaca tidak hanya pada buku, melainkan lebih banyak menggunakan smartphone. Membaca di smartphone tidak sama dengan membaca di buku. Karena pada smartphone kita dihadapkan pada sebuah layar yang memiliki kecerahan bisa berubah-ubah.

Mulai dari novel, cerpen, berita, hingga buku pengetahuan pun sekarang sudah tersedia dalam satu genggaman. Jadi kamu tidak perlu membeli satu persatu buku untuk dapat mengetahui informasi dan mendapatkan ilmu yang sesuatu yang ingin kamu baca. Cukup bermodal smartphone saja, dunia sudah berada dalam satu genggaman.

Cara Baik Membaca di Smartphone
Cara Baik Membaca di Smartphone – image source

Ponsel cerdas atau yang biasa dibilang smartphone merupakan salah satu alat yang multifungsi dan menjadi yang paling dibutuhkan dalam menunjang segala aktifitas kita. Melalui smartphone, sederet aktifitas yang kalian lakukan sehari-hari bisa terbantu dan tentunya jauh menjadi lebih ringan, salah satunya dalam mendapatkan ilmu dan informasi.

Nah, oleh karenanya pada tulisan ini kami akan memberikan tips-tips yang baik jika kamu ingin membaca di smartphone.

Cara Baik Membaca di Smartphone yang Wajib Kamu Tahu!

#1 Posisi Saat Membaca

Sebenarnya membaca pada buku atau koran pun juga perlu kamu atur posisi dengan baik, tetapi lebih-lebih saat kamu membaca menggunakan smartphone. Posisi yang baik adalah dengan tubuh dan kepala yang tegak, sementara mata mengarah ke objek baca pada jarak ideal sekitar 25-30 cm. Sebisa mungkin kamu menghindari kegiatan membaca yang justru dilakukan sembari tiduran atau terlentang.

#2 Atur Pencahayaan yang Tepat

Mengatur pencahayaan merupakan hal penting kamu lakukan, karena hal ini akan memiliki pengaruh besar pada mata. Ketika membaca menggunakan smartphone jangan sampai layar yang digunakan memiliki pencahayaan yang terlalu gelap ataupun terang. Sesuaikanlah dengan kondisi cahaya yang ada disekitar ruangan atau tempat kamu membaca.

#3 Durasi Membaca

Membaca pada smartphone berbeda dengan membaca menggunakan buku. Kamu perlu menentukan durasi yang tepat agar membaca tidak terlalu over dan berlebihan. Pasalnya membaca menggunakan smartphone cenderung membuat mata cepat lelah ketimbang membaca di buku. Sehingga ini perlu kamu batasi agar tidak lupa waktu saat kamu membaca.

#4 Manfaatkan Mode Membaca

Sekarang beberapa smartphone sudah menyediakan mode baca, dimana kamu akan lebih nyaman saat berada pada mode ini. Menggunakan Mode Baca akan menjadikan layar smartphone kalian memiliki cahaya yang lebih smooth dan tidak terasa perih di mata. Ini tentunya akan membuat kalian semakin betah untuk membaca sesuatu di smartphone.

Itulah tips yang bisa kamu coba saat ingin membaca melalui smartphone yang kamu miliki.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.