Begini Cara Cepat dan Mudah Mencadangkan Ponsel Android

  • Bagikan
Cara Mudah Mencadangkan Ponsel Android
Cara Mudah Mencadangkan Ponsel Android

Mencadangkan ponsel Android sebelum melakukan Factory merupakan sebuah keharusan jika Anda tidak ingin kehilangan data penting pada ponse Anda. Parahnya, jika Anda salah langkah dalam melakukan pencadangan atau backup data ponsel, maka Anda akan sulit untuk mengembalikan data-data penting Anda sendiri.

Cara Mudah Mencadangkan Ponsel Android
Cara Mudah Mencadangkan Ponsel Android

image source

Oleh karenanya, banyak sudah penulis jelaskan sebelumnya bagaimana cara backup ponsel Android, hal-hal penting yang harus Anda backup pada ponsel. Namun kali ini penulis akan membuat pencadangan dengan metode cepat dan terarah sesuai dengan pilihan Anda. Anda tidak perlu harus melakukan pencadangan pada semua data Anda, karena itu hanya membutuhkan waktu lama dan membuat ponsel tetap penuh isinya. Padahal data tersebut tidak semua Anda butuhkan untuk ditransfer ke ponsel baru.

Sistem Android sudah semakin baik dalam mencadangkan data secara otomatis. Namun sayangnya, selalu ada kemungkinan Anda akan kehilangan ponsel atau menjatuhkannya ke air dan kehilangan segalanya. Untungnya, ada banyak cara untuk mencadangkan data itu, memastikan bahwa meskipun sesuatu terjadi pada ponsel Anda, Anda tidak akan kehilangan semua foto maupun data Anda.

Baik itu melalui Google, aplikasi pihak ketiga, atau komputer Anda. Berikut cara mencadangkan ponsel dengan benar untuk memastikan Anda tidak pernah berada dalam situasi Anda yang berakhir dengan kehilangan data.

Cara Cepat Mencadangkan Ponsel Android

Backup atau Buat Cadangan Pada Data Pokok

Mencadangkan sebagian besar data pokok Anda sebenarnya cukup mudah. Ini menjadi jauh lebih mudah selama beberapa tahun terakhir. Sayangnya, belum ada metode pencadangan satu atap untuk ponsel Android melalui Google, akan tetapi ada cara untuk mencadangkan berbagai jenis data. Namun, perlu Anda ingat bahwa opsi ini tidak mencakup hal-hal seperti SMS, Jadi Anda perlu mencadangkan satu persatu pada ponsel Anda.

Backup Foto dan Video

Jika Anda belum menggunakan Google Foto, Anda harus melakukannya secara manual melalui kabel USB Anda. Namun jika Anda sudah menggunakannya, maka layanan ini secara otomatis mencadangkan setiap foto dan video yang Anda ambil ke cloud, sehingga Anda tidak perlu lagi mencadangkan media secara manual. Jika aplikasi Google Foto belum ada pada ponsel Anda, Anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah Anda instal, Anda harus memastikan Foto diatur untuk mencadangkan file Anda secara otomatis. Berikut cara melakukannya:

1. Buka aplikasi Google Foto.
2. Pada menu, buka Pengaturan.
3. Ketuk Cadangkan & sinkronkan.
4. Pastikan sakelar dalam kondisi aktif.

Ingatlah bahwa mengunggah ke Google Foto tidak lagi sepenuhnya gratis. Mulai 1 Juni 2021, setiap foto dan video baru yang Anda upload akan mengurangi penyimpanan gratis sebesar 15 GB yang disertakan dengan setiap Akun Google. Tentu saja, Anda dapat membayar lebih banyak penyimpanan. Jika Anda ingin melakukannya secara manual, Anda dapat melakukannya seperti langkah-langkah ini.

Cara Backup Foto dan Video Secara Manual

1. Tentukan lokasi pencadangan Anda, bisa menggunakan komputer, flash drive ataupun kartu MicroSD
2. Jika Anda menggunakan komputer, Anda perlu kabel USB untuk menghubungkannya. Jika Anda menggunakan flash drive bisa melalui OTG dan jika menggunakan kartu MicroSD, bisa langsung Anda masukkan pada ponsel Anda.
3. Selanjutnya Anda tinggal copy dan paste semua folder yang berisi foto dan video pada lokasi pencadangan Anda.
4. Selesai.

Kontak Telepon

Anda juga perlu membackup kontak telepon yang ada pada ponsel Anda. Namun sebenarnya jika Anda sudah menyimpannya melalui akun Google, Anda tinggal memulihkannya dengan cara memasukkan akun tersebut. Namun jika Anda ingin cara manual yang lebih nyaman, maka Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini.

1. Buka kontak telepon pada ponsel Android Anda, lalu masuk ke menu Pengaturan.
2. Pilih opsi Impor/Ekspor kontak, lalu Anda silahkan pilih Ekspor ke kartu SD/Penyimpanan lainnya.
3. Anda dapat memilih beberapa opsi, mulai dari Semua Kontak, Kontak SIM ataupun kontak dari akun lainnya. Lalu pilih Ekspor.
4. Maka Anda akan mendapatkan file kontak.vcf pada penyimpanan pilihan Anda pada opsi 2.

Sebenarnya itulah data pokok yang penting untuk Anda backup sebelum melakukan Factory Reset pada ponsel Anda. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.