Begini Cara Masuk ke Download Mode Pada Samsung Galaxy S10

  • Bagikan
Cara Masuk Download Mode pada Galaxy S10
Cara Masuk Download Mode pada Galaxy S10

Samsung memiliki cara khusus untuk masuk ke Download Mode pada perangkatnya Samsung Galaxy S10. Download Mode atau yang biasa orang sebut sebagai Mode Odin ini adalah kondisi saat ponsel Anda sudah bisa melakukan flash ulang firmware. Untuk melakukan ini, Anda membutuhkan bantuan aplikasi ODIN Flasher ataupun software flashing lainnya melalui PC atau laptop.

"Cara

image source

Fungsi lain dari Download Mode ini adalah dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan update sistem operasi pada ponsel Samsung Anda. Jadi selain melakukan update melalui pengaturan ponsel, Anda juga bisa melakukannya dengan menginstal file OTA pada ponsel Anda.

Nah, pada kesempatan ini penulis akan berbagi petunjuk tentang cara mem-boot Samsung Galaxy S10 dengan mudah dalam Download Mode. Perhatikan bahwa panduan ini setidaknya hanya dapat berfungsi pada Samsung Galaxy S10 dan keluarganya. Selain itu, besar kemungkinan panduan tidak relevan dengan keluarga Samsung lainnya.

Download Mode pada Galaxy S10 memungkinkan pengguna memperbarui ponsel mereka secara manual tanpa perlu menunggu Samsung meluncurkan pembaruan pada wilayah Anda. Saat dalam Mode “Download” biasanya ponsel Anda mengharuskan PC Anda untuk menginstal driver USB Samsung, dan aplikasi Odin untuk menjalankannya.

Biasanya Download Mode hanya Anda gunakan untuk menginstal pembaruan resmi baru oleh pengguna tingkat lanjut. Samsung meluncurkan pembaruan secara bertahap ke ponsel Anda secara langsung melalui pengaturan sistem. Akan tetapi proses ini biasanya akan memakan waktu cukup lama. Namun kendati begitu, Anda masih dapat menginstal lebih cepat dari pada pembaruan yang Anda terima dengan cara manual. Dari sinilah Anda perlu memanfaatkan Download Mode untuk melakukan transfer pembaruan OS ke ponsel Anda.

Begini Cara Masuk dan Boot Download Mode untuk Galaxy S10

1. Matikan perangkat Anda terlebih dahulu. Kemudian tekan dan tahan tombol Volume Down + Bixby + Daya secara bersamaan. Lalu lepaskan tombol ketika layar Galaxy S10 berubah menjadi biru.
2. Selanjutnya Anda harus menekan tombol Volume Naik untuk mengonfirmasi boot ke Download Mode.
3. Nah, sekarang Anda sudah berada dalam mode ‘Download’ pada ponsel Anda. Setelah selesai, Anda dapat mem-boot ulang ponsel ke dalam mode normal dengan menggunakan tombol Daya.

Itulah cara yang harus Anda lakukan untuk bisa masuk pada mode ‘Download’ pada Samsung Galaxy S10 Anda. Selanjutnya Anda bisa melakukan beberapa hal penting dalam mode tersebut. Seperti menginstal pembaruan sistem melalui file OTA, memperbaiki kerusakan ponsel terkait dengan sistem operasinya dan melakukan flashing ulang OS Anda.

Lantas bagaimana jika Anda memiliki ponsel selain dari keluarga Samsung Galaxy S10. Untuk bisa menggunakan Download Mode ini sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaan. Nah, agar tidak membuat Anda penasaran, berikut ini juga penulis sertakan cara masuk ke Download Mode pada selain Samsung Galaxy S10.

Cara Masuk Pada Download Mode untuk Semua Ponsel Samsung

Cara yang paling lazim digunakan untuk masuk ke mode download pada ponsel Samsung adalah dengan menekan tombol Power + Volume Up + Volume Down secara bersamaan selama beberapa detik. Kemudian setelah muncul logo Samsung, lakukan konfirmasi untuk masuk ke mode download, lepas tombol Power dan Volume down, tap sekali lagi tombol Volume Up untuk mengonfirmasi permintaan. Maka, selanjutnya perangkat akan masuk ke mode download.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan sebuah aplikasi yang bisa Anda buka melalui PC/Laptop. Anda dapat memanfaatkan aplikasi Samsung 300K Tool untuk bisa masuk pada Download Mode. Anda cukup membuka aplikasi tersebut, kemudian dapat mengikuti beberapa petunjuk yang muncul pada layar PC Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.