Begini Cara Mematikan Kecerahan Otomatis Pada Ponsel Android

  • Bagikan
Mematikan Kecerahan Otomatis pada Ponsel
Mematikan Kecerahan Otomatis pada Ponsel

Mematikan kecerahan otomatis pada ponsel Android sebenarnya memiliki manfaat yang cukup signifikan. Salah satu poin pentingnya adalah dapat menghemat baterai ponsel Anda. Hanya saja, Anda harus selalu mengatur kecerahan layar ponsel sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Cara Mematikan Kecerahan Otomatis pada Ponsel
Cara Mematikan Kecerahan Otomatis pada Ponsel

image source

Misalnya saat berada pada panas terik matahari siang hari, tentunya Anda membutuhkan kecerahan maksimal untuk dapat melihat ponsel dengan baik. Namun jika Anda tiba-tiba masuk ke dalam ruangan tanpa cahaya, maka Anda juga perlu menurunkan kecerahan layar ponsel tersebut. Jika tidak, maka biasanya layar ponsel akan menyala sangat terang yang membuat kurang nyaman pada mata.

Perlu untuk kita ketahui bersama, smartphone telah menjadi pusat telekomunikasi maupun sumber informasi aktual hingga saat ini. Mereka dapat merasakan lingkungan mereka dan menyesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu fitur penyesuaian ini adalah tentang kecerahan otomatis pada ponsel cerdas Anda. Saat Anda mengaktifkan, maka kecerahan layar ponsel Anda akan menyesuaikan dengan cahaya sekitar Anda.

Sensor cahaya sekitar pada perangkat Android Anda mengukur cahaya sekitar dan mengubah kecerahan layar ponsel sesuai dengan itu. Hanya saja kecerahan otomatis ini lebih banyak mengkonsumsi daya ketimbang Anda mengaturnya secara manual.

Meskipun fitur ini berguna, mungkin ada saatnya Anda tidak ingin menggunakannya. Alasan paling umum adalah ketidakakuratannya yaitu kecerahan terus berubah atau berkedip terus-menerus. Mari kita lihat cara mematikan kecerahan otomatis pada perangkat Android Anda.

Cara Mematikan Kecerahan Otomatis pada Ponsel Android

Hampir semua perangkat Android memiliki ikon kecerahan otomatis pada panel notifikasi drop-down halaman beranda Anda. Hal ini dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan kecerahan otomatis dengan cepat. Akan tetapi untuk yang lain, Anda harus pergi ke pengaturan untuk menonaktifkannya.

Sekadar informasi, beberapa perangkat mungkin menggunakan istilah Kecerahan adaptif alih-alih Kecerahan otomatis. Akan tetapi cara melakukannya tetap sama untuk keduanya.

1. Buka Pengaturan pada ponsel Anda.
2. Ketuk pada Tampilan.
3. Buka Kecerahan otomatis dan ketuk tombol untuk menonaktifkannya.

Beberapa perangkat mungkin memiliki UI yang sedikit berbeda. Dalam hal ini, Anda harus pergi ke Display => Brightness-level => Auto-brightness. Sesampai di sana, cukup ketuk untuk menonaktifkan seperti biasa.

Hindari Kecerahan Layar Berkedip pada Ponsel Anda

Kecerahan ponsel Anda adalah salah satu hal pertama yang Anda perhatikan saat Anda menyalakannya. Ini berkontribusi pada keseluruhan pengalaman. Jika terlalu terang, itu menyakitkan mata Anda, dan jika terlalu redup, Anda kesulitan membaca apa pun yang ada pada layar ponsel Anda.

Fitur seperti kecerahan otomatis dapat membantu Anda mengotomatiskannya. Hanya saja kadang-kadang bisa melenceng sehingga Anda mungkin ingin mematikannya untuk menghindari kecerahan menjentikkan misalnya di tengah permainan, panggilan video, atau pekerjaan.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur Screen Timeout secara otomatis pada ponsel Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.