Begini Cara Menerima Pesan dan Mengirim Pesan Balasan dari Fitbit Anda

  • Bagikan
Cara Menggunakan Fitur Fitbit Message Pada Jam Tangan Anda
Cara Menggunakan Fitur Fitbit Message Pada Jam Tangan Anda

Jika Anda memiliki jam tangan Fitbit, tentunya Anda akan tahu dengan sebuah fitur yang namanya Fitbit Message. Fitbit Message merupakan sebuah aplikasi perpesanan yang bisa Anda koneksikan dengan ponsel Anda. Jadi Anda dapat melihat ketika terdapat pesan masuk dan juga sekaligus membalasnya secara langsung melalui jam tangan Fitbit Anda.

Cara Menggunakan Fitur Fitbit Message Pada Jam Tangan Anda
Cara Menggunakan Fitur Fitbit Message Pada Jam Tangan Anda

image source

Dahulu jam tangan Fitbit memang tidak memiliki beberapa elemen dari aspek pintarnya, salah satunya adalah fitur Fitbit Message. Ini merupakan sebuah kelalaian yang mencolok sejak awal, akan tetapi pada tahun 2018, perusahaan mengatasi ini dengan meluncurkan kemampuan pengiriman pesan ke Versa dan Ionic asli. Sekarang, dukungan pengiriman pesan melalui balasan cepat dan balasan suara menjadi standar khusus pada beberapa perangkat Fitbit.

Dalam artikel ini, penulis sendiri akan memandu Anda melalui cara mengatur perpesanan pada jam tangan Fitbit Anda. Sekaligus juga cara kerjanya, perangkat mana yang mendukungnya, dan lainnya bisa Anda temukan solusinya dalam artikel ini.

Bagaimana Cara Kerja “Message” Pada Jam Tangan Fitbit Anda?

Fitur perpesanan Fitbit tetap relatif belum sempurna, namun setidaknya masih cukup berguna jika Anda membutuhkannya. Tidak seperti Wear OS miliki Google, pengguna Fitbit tidak dapat mengetik balasan panjang pada perangkat mereka. Perangkat tidak memiliki keyboard khusus. Sebagai gantinya, Fitbit menggunakan balasan cepat, yang memungkinkan pengguna dengan cepat menanggapi pesan melalui tanggapan atau emoji yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Selain itu, Fitbit juga mendukung balasan audio-ke-teks, hanya saja tidak semua perangkat mendukung fitur ini.

Cara Mengaktifkan Balasan Pesan Pada Jam Tangan Fitbit Anda

Sekarang Anda tahu bagaimana Fitbit menangani pengiriman pesan. Namun begitu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang Anda perlukan untuk menggunakannya. Sebagai permulaan, sistem perpesanan Fitbit sepenuhnya bergantung pada notifikasi. Anda tidak dapat memulai pesan secara langsung pada Fitbit Anda, tetapi Anda dapat menanggapi pesan yang masuk melalui pemberitahuan. Jika Anda tidak mengaktifkan notifikasi, maka Anda tidak akan dapat menggunakan fitur perpesanan Fitbit.

Cara Mengaktifkan Notifikasi Pada Fitbit Anda

1. Buka aplikasi Fitbit pada ponsel Anda.
2. Ketuk gambar profil Anda yang terletak pada kiri atas layar.
3. Pilih jam tangan pintar atau pelacak kebugaran Anda.
4. Ketuk notifikasi.
5. Pada halaman ini, Anda dapat memilih aplikasi utama untuk pesan teks, acara kalender, dan email. Selain itu, Anda juga dapat memilih aplikasi individual yang ingin Anda terima notifikasinya sesuai dengan keinginan Anda.

Selanjutnya Fitbit akan menampilkan notifikasi untuk semua aplikasi yang mendukung notifikasinya pada ponsel Android Anda. Akan tetapi hanya beberapa aplikasi yang mendukung balasan cepat. Ini adalah aplikasi yang mendukung balasan dalam notifikasi pada ponsel Anda. Jadi, aplikasi apa pun yang menawarkan kemampuan untuk membalas dari bayangan pemberitahuan ponsel Anda harus bekerja dengan balasan cepat. Termasuk WhatsApp, Google Messages, Facebook Messenger, Slack, dan aplikasi obrolan lainnya. Beberapa aplikasi jejaring sosial, seperti Twitter, juga mendukung fitur tersebut.

Balasan cepat ini secara otomatis akan “aktif” untuk aplikasi yang mendukungnya. Jika Anda menerima pemberitahuan dari aplikasi yang didukung, Anda dapat memilih dari lima respons default, beberapa emoji, atau menggunakan pesan suara untuk membalas langsung dari Fitbit Anda.

Untuk aplikasi yang tidak mendukung balasan cepat tersebut, Anda masih memiliki opsi untuk membuka aplikasi pada ponsel Anda dengan mengetuk buka pada notifikasi Fitbit.

Baca Juga: Fitbit Anda Error atau Bermasalah, Begini Cara Mengatasinya!

Inilah Beberapa Perangkat Fitbit yang Mendukung Fitur “Message”!

Fitbits baru sudah menyertakan dukungan perpesanan, namun tidak semua perangkat Fitbit mendukung fitur tersebut, terutama perangkat Fitbit yang lebih Lama. Misalnya, perangkat Fitbit yang tidak memiliki layar, tentunya tidak mendukung fitur tersebut. Sementara beberapa model lama Fitbit juga tidak mengemasnya. Menurut dokumentasi Fitbit, berikut ini beberapa daftar yang mendukung Fitbit Message:

  • Fitbit Sense
  • Fitbit Versa 3
  • Fitbit Versa 2
  • Fitbit Versa
  • Fitbit Versa Lite
  • Fitbit Ionic
  • Fitbit Luxe
  • Fitbit Charge 4
  • Fitbit Charge 3

Beberapa perangkat lama, seperti Fitbit Charge 2 dan Fitbit Surge, dapat menerima pesan teks tetapi tidak mendukung balasan pesan. Fitbit juga mencatat bahwa fitur ini hanya tersedia untuk perangkat yang sudah dipasangkan ke ponsel Android. Namun, mereka yang menggunakan iPhone masih dapat menanggapi sejumlah pemberitahuan pada aplikasi Fitbit.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.