Begini Cara Mengaktifkan Timestamps Foto Pada Ponsel OnePlus

Mengaktifkan timestamps foto merupakan salah satu dari fitur dari kebanyakan smartphone saat, terlebih pada ponsel OnePlus. Timestamps foto yang dimaksud dalam hal ini adalah memberikan sebuah tanda tanggal dan waktu terhadap foto yang Anda ambil melalui sebuah ponsel.

Cara Mengaktifkan Timestamps Foto
Cara Mengaktifkan Timestamps Foto

image source

Biasanya banyak orang menggunakan timestamps ini pada sebuah foto yang berkaitan dengan kejadian atau laporan tertentu. Jadi dengan memberikan timestamps, foto akan terkesan lebih akurat sesuai dengan kejadian yang sebenarnya. Secara tidak langsung menandakan jika pengambilan foto ini tepat dengan tanggal dan waktu yang sudah tercatat pada bagian bawah foto.

Sebenarnya ada banyak teknik editing yang bisa Anda lakukan pada sebuah foto di Android. Selain hanya sekedar memberikan label tanggal dan waktu, Anda bahkan bisa mempercantik foto tersebut dengan mudah. Beberapa edit mainstream yang banyak orang lakukan adalah memberikan efek tertentu, mengubah saturasi warna, memperbesar resolusi, dan lain-lain.

Jika Anda tertarik dengan proses editing seperti ini, maka ada satu efek lagi yang mungkin bisa Anda coba dengan hasil akan sama persis dengan timestamps. Yakni memberikan efek teks lokasi (di mana foto tersebut diambil), serta waktu (bisa dalam bentuk jam, tanggal, bulan, tahun, atau seluruhnya) tanpa mengubah pada pengaturan kamera ponsel tersebut.

Alasannya, karena dengan memberi efek waktu dan lokasi tersebut, foto akan jadi terlihat lebih profesional, serta meningkatkan kesan ‘keren’ pada foto. Nah, penulis dalam kesempatan ini akan memberikan cara memberikan timestamps secara langsung tanpa melakukan proses editing terlebih dahulu. Jadi ketika foto sudah Anda ambil melalui kamera ponsel OnePlus, maka secara otomatis timestamps akan nampak jelas pada bagian bawah foto.

Mengungkap Fitur-Fitur Kamera Ponsel OnePlus

Sejak dulu OnePlus memang lebih terkenal sebagai smartphone berkelas, karena jarang bagi OnePlus untuk meluncurkan smartphone kelas mid-range. Namun tahun lalu OnePlus mulai memperkenalkan smartphone kelas mid-range nya untuk bisa bersing dengan beberapa produsen lainnya. Salah satunya adalah OnePlus Nord yang membawa kamera Sony IMX586 1/2.0? sensor, f/1.75-aperture lens with 26 mm-equivalent focal length, OIS dengan resolusi 48MP.
Biasanya OnePlus selalu menyematkan beberapa fiturnya yang akan membuat pengguna lebih mudah dalam mengabadikan momen-momen tertentu. Beberapa fitur yang terdapat pada ponsel OnePlus di antaranya adalah UltraShot HDR, Nightscape, Super Macro, Portrait, Pro Mode, RAW, Cine Mode (video sinematik), dan quick share.

Cara Mengaktifkan Watermark Foto Pada Kamera OnePlus

Untuk mengaktifkan watermark foto pada ponsel OnePlus, caranya adalah:

1. Pertama masuk pada Pengaturan Kamera
2. Kemudian pilih Shot on OnePlus watermark
3. Selanjutnya aktifkan slider pada opsi Watermark.

Maka foto yang Anda ambil menggunakan kamera tersebut, akan memiliki label atau tulisan pada bagian bawah kiri foto sesuai dengan nama perangkat yang Anda gunakan.

Cara Mengaktifkan Timestamps Foto Pada Kamera OnePlus

Fitur timestamps saat ini masih dalam tahap pengujian oleh OnePlus. Nampaknya tidak semua ponsel OnePlus akan mendukung fitur timestamps tersebut. Dalam sebuah bocoran, beberapa ponsel OnePlus yang akan mendukung fitur timestamp tersebut adalah OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro dan yang terbaru. Lalu bagaimana untuk mengaktifkan timestamps foto pada ponsel OnePlus ini. Caranya hampir sama dengan mengaktifkan watermark foto, yaitu:

1. Pertama masuk pada Pengaturan Kamera
2. Kemudian pilih Shot on OnePlus watermark
3. Selanjutnya aktifkan slider pada opsi Time.
4. Maka label waktu akan langsung tertulis pada bagian bawah tengah foto.

Bagaimana Jika Ponsel Kamu Belum Mendukung Fitur Timestamps?

Jangan khawatir, saat ini banyak aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur tersebut untuk membantu beberapa ponsel yang tidak memiliki fitur watermark dan timestamps. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Timestamp Camera Free. Timestamp Camera Free adalah sebuah aplikasi untuk menampilkan watermark seperti lokasi dan waktu pada sebuah ponsel. Meskipun bagi sebagian orang hal ini bersifat opsional, tapi sebagian orang lainnya menganggap hal ini sangat penting. Terutama bagi yang suka mendokumentasikan kegiatan sehari-harinya.

Timestamp Camera Free adalah sebuah alat gratis yang bisa menampilkan lokasi dan waktu pada foto dan video kamu. Aplikasi ini bisa kamu download di Google Playstore dengan ukuran file sebesar 4,3 MB. Aplikasi ini dikembangkan dan ditawarkan oleh Yubin Chen. Dirilis pada tanggal 26 Maret 2015 dan telah diupdate pada tanggal 4 Februari 2020 ke versi terbaru, yaitu versi 1.163.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.