Begini Cara Mengaktifkan WhatsApp Multi-Perangkat Pada Android

  • Bagikan
Cara Mengaktifkan WhatsApp Multi Perangkat
Cara Mengaktifkan WhatsApp Multi Perangkat

WhatsApp multi-perangkat secara resmi meluncur untuk pengguna Beta. Nah, bagi Anda ingin mencobanya bisa segera mendaftar WhatsApp versi beta tersebut melalui Google Play Store. Fitur dukungan multi-perangkat ini telah lama menjadi penantian para pengguna WhatsApp itu sendiri.

Cara Mengaktifkan WhatsApp Multi Perangkat
Cara Mengaktifkan WhatsApp Multi Perangkat

image source

Nah, kabar baiknya sekarang fitur tersebut mulai mendarat sebagai fitur eksperimental bagi sebagian pengguna. Tim teknik Facebook membuat pengumuman minggu ini sambil merinci cara kerja fitur yang kompleks bagi fitur tersebut. Dukungan multi-perangkat ini telah mendorong “pemikiran kembali” arsitektur aplikasi obrolan yang semakin komplek dan nyaman.

Cara Kerja Dukungan Fitur Multi-Perangkat

Sebelumnya, WhatsApp melihat smartphone sebagai bagian dari kehidupan seseorang setiap harinya. Kehadiran perangkat ini juga sebagian gunakan sebagai landasan enkripsi data pengguna tersebut. Sehingga ini memaksa perangkat ini untuk tersedia setiap saat, bahkan ketika perangkat pendamping, seperti PC yang terhubung ke WhatsApp Web, sedang Anda gunakan.

Sekarang, Facebook telah mendesain ulang sistem ini. Arsitektur baru WhatsApp memastikan bahwa perangkat pendamping dapat bertindak secara independen sambil juga menjaga sinkronisasi dengan smartphone utama jika memungkinkan.

“Fitur multi-perangkat WhatsApp menggunakan pendekatan client-fanout. Jadi klien WhatsApp yang mengirim pesan mengenkripsi dan mentransmisikannya pada sejumlah perangkat yang berbeda yang ada dalam daftar perangkat pengirim dan penerima,” jelas tim teknik Facebook.

Desain ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan atau melakukan panggilan dari perangkat pendamping meskipun smartphone utama dalam kondisi mati atau terputus.

Melalui pengaturan ini, WhatsApp juga dapat menyinkronkan data aplikasi dan riwayat pesan pada seluruh perangkat tanpa bergantung pada server pusat. Namun, perusahaan menyimpan “salinan setiap status aplikasi yang dapat diakses oleh semua perangkat” dari server untuk redundansi. Perusahaan mencatat bahwa data ini “dienkripsi end-to-end dengan kunci yang terus berubah yang hanya dapat diketahui oleh perangkat orang itu.”

Fitur Multi Perangkat Hanya Mendukung 4 Perangkat

Yang kurang nyaman adalah pengguna hanya diizinkan hingga empat perangkat pendamping pada akun mereka. Akan tetapi tidak ada yang bisa menjadi perangkat utama selain ponsel Anda sendiri. Ini menjadikan fitur tersebut sebagai bebek lumpuh bagi mereka yang ingin menggunakan satu akun WhatsApp pada dua smartphone.

Cara Mengaktifkan WhatsApp Multi-Perangkat Beta

Jika Anda sudah berada pada saluran beta WhatsApp, pastikan untuk memperbarui aplikasi Anda. Setelah ini, Anda dapat memeriksa apakah opsi pendaftaran fitur tersedia pada perangkat Anda. Untuk melakukan ini:

1. Masuk pada aplikasi WhatsApp.
2. Ketuk menu dengan memilih tiga titik pada sudut kanan atas. Lalu ketuk Perangkat Tertaut.
3. Pilih Beta multi-perangkat. Ketuk Gabung beta.
4. Opsi beta Multi-perangkat hanya akan terlihat jika fitur tersebut tersedia untuk Anda. Perlu Anda ketahui, sebagian pengguna Beta belum bisa mendapatkan fitur tersebut.

Jika Anda ingin keluar dari versi beta, Anda juga dapat melakukannya. Ikuti langkah yang sama di atas, tetapi ketuk Tinggalkan beta pada langkah terakhir.

WhatsApp belum mengumumkan kapan dukungan multi-perangkat akan mencapai build stabil. Kami membayangkan perusahaan masih memiliki beberapa bug yang perlu diselesaikan. Namun demikian, setelah berbulan-bulan rumor dan penggoda, peluncuran beta adalah perasaan pertama bahwa dukungan multi-perangkat hampir siap untuk primetime.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.