Begini Cara Mengatasi Force Close Saat Bermain Game PUBG

  • Bagikan
Mengatasi Force Close Saat Bermain Game PUBG
Mengatasi Force Close Saat Bermain Game PUBG

Pernahkah Anda mengalami Force Close saat bermain game PUBG? Force Close merupakan suatu kejadian yang terjadi ketika sedang bermain game yang tiba-tiba menutup atau keluar sendiri tanpa kita sadari. Force close ini menjadi masalah yang cukup menjengkelkan bagi pengguna android khususnya yang sedang asyik bermain game dan sedang seru-serunya dalam memburu musuh.

Mengatasi Force Close Saat Bermain Game PUBG
Mengatasi Force Close Saat Bermain Game PUBG

image source

Sedangkan game PUBG sendiri merupakan game battle royale yang dirancang oleh Brendan Greene. Secara resmi game ini rilis secara global pada bulan Maret 2018 lalu. Pada dasarnya, PUBG memiliki tiga versi yang berbeda berdasarkan platform bermainnya. Dahulu, game ini hanya tersedia untuk platform PC Windows melalui Steam. Sampai akhirnya tersedia untuk Xbox One hingga mobile seperti sekarang ini. Versi mobile-nya ini benar-benar mampu menembus pasar global secara merata, khususnya pada kawasan Asia.

Nah, sebelum membahas lebih lanjut tentang masalah Force Close yang sering terjadi saat bermain game PUBG, mari kenali terlebih dahulu beberapa penyebab ponsel tiba-tiba sering force close.

Penyebab Terjadinya Force Close

Secara umum, masalah ini sudah jarang Anda temukan pada saat sekarang ini. Karena beberapa pabrikan smartphone sudah mulai memperbarui perangkat agar bisa support terhadap game-game favorit yang banyak dimainkan oleh para kalangan mudah saat ini, termasuk salah satunya PUBG. Namun, jikapun seperti itu, setidaknya Anda juga perlu mengetahui hal-hal yang bisa menjadi pemicu ponsel sering force close saat bermain game ataupun membuka aplikasi.

Penyimpanan Internal Penuh

Satu hal yang menjadi penyebab aplikasi sering crash atau bahkan force close saat dijalankan adalah adanya memory internal ponsel yang kurang memadai. Karena setiap menjalankan aplikasi tertentu pada ponsel, apalagi bermain game tentunya akan membutuhkan ruang yang cukup. Karena bisa saja ketika bermain game ada pembaruan data yang masuk pada aplikasi tersebut sehingga membuat aplikasi membutuhkan ruang kembali. Jika tidak cukup, maka bisa saja aplikasi atau game tersebut akan force close (keluar dengan sendirinya).

Spesifikasi dari Ponsel yang Rendah

Force Close ini biasanya sering terjadi pada ponsel yang spesifikasinya rendah, namun Anda memainkan game berat atau menjalankan aplikasi yang tidak support. Terlebih jika Anda mengetahui spesifikasi smartphone yang dimiliki rendah namun tetap dipaksa untuk menjalankan aplikasi yang diperuntukkan bagi smartphone kelas menegah atas.

Cara Mengatasi Force Close Saat Bermain Game PUBG

Nah, berikut ini penulis akan memberikan solusi yang bisa Anda ambil ketika sedang mendapati force close saat bermain game PUBG. Yang perlu Anda ingat, pastikan 2 hal di atas sudah kamu penuhi, yakni penyimpanan internal harus memadai dan juga spesifikasi ponsel sesuai dengan aplikasi atau game yang akan Anda jalankan.

Cek Koneksi Internet

Sebelum memulai bermain PUBG, pastikan koneksi internet Anda stabil. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menggunakan test speed internet menggunakan aplikasi Speedtest yang bisa Anda download melalui Google Playstore. Jika koneksi internet kembali stabil, baru Anda menjalankan Game PUBG lagi dan memainkannya seperti biasa.

Download Game PUBG Secara Resmi

Hindari mendownload game PUBG dalam bentuk .apk, karena khawatirkan terdapat sistem crash yang tidak cocok dengan ponsel Anda. Jadi pastikan untuk mendownload game PUBG tersebut langsung melalui aplikasi Google Playstore. Karena semua aplikasi yang sudah masuk dalam Google Playstore, telah lulus uji sebelum digunakan oleh para pengguna.

Selalu Update Aplikasi

Salah satu kelebihan mendownload aplikasi resmi pada Google Playstore adalah selalu mendapatkan update secara berkala. Karena jika terdapat masalah yang ditimbulkan oleh sistem ataupun aplikasi, maka pengembang akan langsung mengirimkan update sebagai solusi dari masalah yang terjadi. Sehingga pengguna akan tetap nyaman dalam menggunakan atau bermain game tersebut.

Restart Smartphone

Langkah terakhir, Anda bisa melakukan restart pada smartphone untuk membuat sistem operasi kembali fresh. Karena kemungkinan ada bug aplikasi yang tersimpan pada memory virtual ponsel, sehingga menyebabkan ponsel jadi sering force close.

Semoga tulisan ini dapat membantu mengatasi masalah Anda terutama saat bermain game PUBG. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.