Begini Cara Mengetahui Kalori Dalam Tubuh Menggunakan Fitness Tracker

  • Bagikan
Cara Mengetahui Kalori Dalam Tubuh
Cara Mengetahui Kalori Dalam Tubuh

Saat ini untuk mengetahui kalori dalam tubuh sangatlah mudah. Anda bisa memanfaatkan pelacak kebugaran yang sudah banyak beredar dipasaran. Mulai dari Smartband, Smartwatch dan perangkat wearable lainnya. Semua perangkat wearable tersebut, rata-rata sudah memiliki fitur untuk mengetahui jumlah kalori dalam tubuh setiap harinya.

Cara Mengetahui Kalori Dalam Tubuh
Cara Mengetahui Kalori Dalam Tubuh

image source

Kalori merupakan nilai atau satuan yang menunjukkan seberapa banyak jumlah energi yang bisa Anda peroleh dari makanan dan minuman. Oleh karena itu, penting untuk selalu memenuhi kebutuhan kalori setiap harinya agar Anda lebih bersemangat saat beraktivitas.

Kelebihan kalori juga dapat menyebabkan berat badan semakin bertambah. Oleh karenanya ada banyak pendekatan berbeda untuk menurunkan berat badan, termasuk salah satunya mengetahui jumlah kalori yang masuk dalam tubuh agar tidak berlebihan.

Kebutuhan kalori per hari tiap orang memang berbeda-beda, tergantung pada apakah orang tersebut ingin mempertahankan, menurunkan, atau menaikkan berat badan. Selain itu, beberapa faktor lain juga memengaruhi kebutuhan kalori per hari, seperti jenis kelamin, usia, gaya hidup, serta tinggi dan berat badan.

Lain dari pada itu, mempelajari cara melacak kalori adalah pilihan yang paling efektif bagi sebagian orang. Anda bisa memanfaatkan pelacak kebugaran yang paling mudah yang memungkinkan Anda memantau jumlah kalori yang masuk dan keluar untuk memastikan kalori dalam tubuh Anda tercukupi.

Cara Melacak Kalori yang Keluar Dalam Sehari?

Secara teori, menurunkan berat badan merupakan sebuah persamaan sederhana. Jika Anda makan lebih banyak kalori daripada yang Anda keluarkan, maka Anda sudah pasti akan memiliki “kelebihan” kalori. Kalori tersebut kemudian akan tersimpan pada seluruh tubuh sebagai “lemak”. Namun, jika Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi, maka tubuh Anda perlu mencari energi ekstra. Energi itu akan berasal dari simpanan lemak, yang akan Anda bakar untuk kemudian menjadi energi.

Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan, yang perlu Anda lakukan secara teoretis adalah menghitung jumlah kalori yang Anda bakar pada hari-hari biasa dan pastikan untuk makan lebih sedikit dari itu.

Berapa Banyak Kalori yang Perlu Anda Keluarkan Dalam Sehari?

Inilah yang terkadang menjadi sedikit lebih rumit. Tentu saja, tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti berapa banyak kalori yang Anda bakar atau keluarkan dalam setiap harinya. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan perkiraan kasar melalui pelacak kebugaran. Jadi, bagaimana Anda bisa melacak kalori yang terbakar? Salah satu cara untuk menghitungnya adalah dengan menghitung Active Metabolic Rate (AMR) Anda. AMR terdiri dari Basal Metabolic Rate (BMR) yang ditambah aktivitas Anda.

BMR mewakili jumlah kalori yang kemungkinan besar akan Anda bakar saat istirahat. Bahkan jika Anda tidak bergerak, Anda akan tetap membakar kalori karena Anda akan bernapas, mempertahankan sedikit ketegangan pada otot, mencerna makanan, menyembuhkan luka, dll. BMR ini dapat Anda hitung berdasarkan berat badan, tinggi badan, usia, dan jenis kelamin.

Berikut Cara Melacak Kalori Tubuh Anda dengan Pelacak Kebugaran

Anda dapat memanfaatkan pelacak kebugaran untuk mengukur jumlah kalori dalam tubuh. Dari situlah pelacak kebugaran Anda bisa berguna. Beberapa pelacak kebugaran seperti Fitbit, Garmin, dan Samsung dapat secara aktif melacak aktivitas Anda menggunakan berbagai sensor mereka. Setidaknya dengan pelacak kebugaran tersebut, Anda dapat mengira-ngira asupan kalori yang masuk pada tubuh Anda setiap harinya.

Biasanya pelacak kebugaran saat pertama kali menggunakannya akan meminta data Anda. Mulai dari usia, jenis kelamin, berat badan, dan tinggi badan Anda. Pelacak tersebut kemudian akan memantau tingkat aktivitas Anda sepanjang hari untuk menyesuaikan jumlahnya. Mereka dapat memberi tahu Anda kalori yang terbakar saat berjalan, kalori yang terbakar saat duduk, dan kalori yang terbakar selama waktu bermain dengan anak-anak. Semua itu, ditambah kalori yang Anda bakar saat berolahraga.

Selain itu, pelacak kebugaran bisa menjadi bentuk dorongan yang bagus karena mereka menunjukkan kepada Anda berapa banyak kalori yang tersisa untuk dibakar, semua itu bisa Anda lihat pada pergelangan tangan Anda!

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.