Begini Cara Menggunakan Dua Akun WhatsApp Pada Satu Perangkat

  • Bagikan
Cara Menggunakan Dua Akun WhatsApp
Cara Menggunakan Dua Akun WhatsApp

Memiliki dua akun WhatsApp dalam satu perangkat adalah hal yang wajar. Apalagi saat ini, sistem Android menawarkan fitur untuk melakukan penggandaan aplikasi. Jadi Anda tidak perlu mencari aplikasi “penggandaan” pada Google Play Store seperti sebelumnya.

Cara Menggunakan Dua Akun WhatsApp
Cara Menggunakan Dua Akun WhatsApp

image source

Perlu Anda ketahui, melakukan penggandaan aplikasi melalui aplikasi pihak ketiga tidak semuanya bersifat gratis. Anda banyak aplikasi yang mewajibkan Anda berlangganan tersebih dahulu sebelum melakukan penggandaan dengan aplikasi tersebut. Atau bahkan yang lebih parah lagi, muncul saat Anda akan menyimpan video bahwa Aplikasi tersebut berbayar.

Namun sejak rilisnya Android 10 dan yang lebih baru, fitur ini menjadi fitur bawaan pada semua ponsel Android. Anda dapat menemukan fitur ini melalui Pengaturan => Penggandaan Aplikasi.

WhatsApp saat ini menempati posisi paling populer untuk aplikasi pesan instan di dunia. Ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan atau menelepon pengguna WhatsApp lain kapanpun Anda mau, selama mereka memiliki koneksi internet. Aplikasi milik Facebook ini dapat Anda unduh secara gratis untuk pengguna Android dan Apple dan untuk kemudian dapat Anda gunakan pada ponsel atau desktop.

Kendati begitu ada beberapa batasan pada aplikasi, seperti hanya boleh menggunakan satu akun WhatsApp dalam satu perangkat. Namun, sekarang ini sebagian besar produsen mengizinkan pengguna untuk menyetel dua versi aplikasi yang sama pada ponsel pintar Android mereka, terutama untuk aplikasi media sosial.

Beberapa produsen tersebut termasuk Xiaomi, Samsung, Vivo, Oppo, Huawei, Honor, OnePlus, dan Realme. Mereka memungkinkan penggunanya untuk mengatur aplikasi ganda atau aplikasi paralel atau aplikasi kembar secara langsung dari ponsel mereka, tanpa perlu menginstalnya.

Sistem Android menggunakan terminologi yang berbeda terhadap aplikasi yang pada dasarnya adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk memiliki dua versi terpisah dari aplikasi yang sama. Sehingga memungkinkan pengguna untuk memiliki dua aplikasi sama namun dengan data yang berbeda. Nah, berikut ini penulis berikan langkahnya untuk dapat mengaktifkan fitur ini pada ponsel Anda.

Cara Mengaktifkan Penggandaan Aplikasi Pada Ponsel Anda

Beberapa pabrikan memiliki nama yang berbeda terhadap fitur penggandaan aplikasi tersebut. Berikut ini cara mengaktifkannya yang penulis rangkum dari berbagai produsen.

  • Bagi pengguna ponsel Xiaomi yang menjalankan MIUI dapat menuju ke Pengaturan => Aplikasi => Aplikasi ganda.
  • Pengguna ponsel Samsung dapat menuju ke Pengaturan => Fitur lanjutan => Dual Messenger.
  • Vivo dapat pergi ke Pengaturan => Aplikasi dan pemberitahuan => Klon Aplikasi.
  • Oppo dapat mengetuk Pengaturan => App Cloner.
  • Huawei dan Honor dapat pergi ke Pengaturan => Aplikasi => Twin App.
  • OnePlus memungkinkan penggunanya mengkloning aplikasi dengan menuju ke Pengaturan => Utilities => Aplikasi Paralel.
  • Terakhir, pengguna Realme dapat pergi ke Pengaturan => Manajemen aplikasi => Kloning aplikasi.

Cara Menggunakan Dua Akun WhatsApp Pada Satu Perangkat

Setelah Anda aktiifkan, mari kita mencoba melakukan penggandaan terhadap aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda.

1. Untuk mengaktifkan akun kedua WhatsApp, buka Pengaturan. Cari aplikasi Ganda, Klon Aplikasi, Aplikasi kembar, atau Aplikasi Paralel. Nama fitur akan tergantung pada smartphone yang Anda gunakan.
2. Anda akan melihat sakelar terhadap aplikasi WhatsApp, kemudian nyalakan.
3. Tunggu hingga proses selesai dan setelah itu kembali ke layar beranda Anda.
4. Anda akan melihat ikon WhatsApp kedua dengan semacam tanda pada sisi atasnya. Hal ini mengidentifikasi jika aplikasi tersebut adalah versi kedua dari aplikasi yang sama.
5. Untuk membuat akun baru, silahkan buka dan Anda akan melihat layar pengaturan WhatsApp seperti biasanya ketika akan mendaftar.
6. Jika ingin melanjutkan ketuk Setuju dan Lanjutkan. Pada layar berikutnya, masukkan nomor telepon yang berbeda dari yang sudah Anda gunakan untuk mengatur WhatsApp dan ketuk Berikutnya.
7. Anda kemudian akan menerima OTP untuk verifikasi. Setelah memasukkan OTP, WhatsApp akan meminta Anda untuk menyelesaikan proses penyiapan.
8. Sekarang, Anda memiliki dua akun WhatsApp pada ponsel Anda.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.