Begini Cara Menggunakan Fitur Bedtime Pada Ponsel Google Pixel

  • Bagikan
Cara Mengaktifkan Fitur Bedtime
Cara Mengaktifkan Fitur Bedtime

Fitur Bedtime atau Mode Waktu Tidur adalah bagian dari perangkat Digital Wellbeing Google. Fitur ini sejak dulu hanya bisa digunakan bagi Anda yang menggunakan ponsel Google Pixel. Namun sekarang ini nampaknya mulai tersedia pada sebagian besar ponsel Android yang menjalankan Android 10 atau lebih tinggi.

Cara Mengaktifkan Fitur Bedtime
Cara Mengaktifkan Fitur Bedtime

image source

Mode waktu tidur ini memang sengaja hadir untuk membantu Anda tertidur lebih nyenyak dan tidur lebih nyaman baik siang lebih-lebih sepanjang malam. Untuk melakukan ini, Mode Waktu Tidur akan membungkam seluruh notifikasi yang masuk dan mengubah layar Anda menjadi hitam putih. Namun kendati begitu, Alarm dan panggilan penting masih dapat tersambung jika Anda sudah mengaturnya. Namun lainnya, baru bisa masuk setelah Anda menonaktifkan fitur Bedtime tersebut.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya, Anda bisa melakukannya bagi Anda pengguna Google Pixel. Selain itu, bagi Anda pengguna Android 10, Anda bisa mencobanya pada ponsel Anda. Namun untuk saat ini, penulis akan memberikan langkah untuk Anda yang mengaktifkannya pada Google Pixel.

Apa Itu Fitur Bedtime?

Bedtime Mode merupakan fitur yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas tidur. Fitur ini dapat mengatur waktu kapan ponsel Anda harus tidur alias diam tanpa gangguan notifikasi dan lainnya hingga bangun. Fitur ini dapat kalian temukan dengan mudah bagi Anda yang sudah menggunakan OS Android 10 ke atasnya.

Cara Menggunakan Fitur Bedtime?

Ada 2 cara yang bisa kalian gunakan yang pertama bisa langsung atur pada pengaturan ponsel Anda dengan masuk ke opsi Digital Wellbeing. Dan yang kedua kalian bisa download aplikasi “Clock” dari Google. Pada cara yang kedua kalian bisa menambahkan semacam suara pengantar tidur jika fitur ini Anda aktifkan.

Begini Cara Mengaktifkan Fitur Bedtime Pada Ponsel Google Pixel

1. Masuk pada Pengaturan => Kesehatan Digital => Bedtime mode (Mode waktu tidur).
2. Pertama kali Anda mengetuk mode Bedtime, biasanya Anda akan melalui wizard pengaturan untuk pertama kalinya. Pertama pilih opsi yang ingin Anda aktifkan saat mode waktu tidur aktif. Ketuk Berikutnya.
3. Tetapkan waktu yang terbaik untuk Anda. Anda dapat memilih waktu mulai yang sulit, atau memilih opsi untuk memulainya saat mengisi daya setelah waktu tertentu. Kendati begitu Anda dapat mengubah waktu mulai atau waktu berakhir dengan mengetuknya dan mengetuk jam untuk mengatur waktu yang Anda inginkan. Nah, setelah Anda menyiapkan semuanya, ketuk Selesai.
4. Jika Anda ingin menyesuaikan opsi lainnya, ketuk panah bawah pada bagian samping untuk menyesuaikan.
5. Ketuk sakelar untuk opsi apa pun yang Anda inginkan pada area penyesuaian.

Setelah Anda mengaturnya, mode Waktu Tidur akan aktif secara otomatis pada waktu yang sudah Anda tentukan. Jika Anda ingin menjeda mode waktu tidur, geser ke bawah pada bayangan notifikasi dan ketuk Jeda selama 30 menit. Jika Anda ingin mengaktifkannya kembali, geser ke bawah lagi, lalu ketuk Lanjutkan.

Perlu Anda ketahui, saat Anda menggunakannya dengan benar, mode Waktu Tidur bisa menjadi aset baik bagi Anda. Kita semua mungkin bisa menggunakan sedikit lebih banyak kesejahteraan digital dalam menggunakan ponsel kita sehari-hari.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.